1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Gadget
Fefy Haryanto 07 Agustus 2017 09:01

Data bicara, orang Indonesia internetan 8 jam/hari! Ini yang diakses

Pengguna internet naik 45 juta orang dari tahun sebelumnya.
Pengguna internet/foto: shutterstock

Brilio.net - Di mana pun kamu berada, selama itu tempat publik, kamu pasti akan menjumpai orang-orang yang menggunakan samartphone mereka. Tidak peduli apakah mereka sedang sendirian atau lagi asyik bercengkerama bersama orang lain. Gadget benar-benar tidak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari. Dan, hampir semuanya mengakses internet. Mereka adalah bagian dari 132,7 juta pengguna internet di Indonesia, sedangkan angka populasi sebesar 262 juta.

Penelitian yang dilakukan WeAreSocial pada Januari 2017 dikutip Minggu (6/8), ada penetrasi pengguna internet Indonesia mencapai 51% atau mengalami penambahan sekitar 45 juta dari periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi 132,7 juta. Mayoritas menggunakan perangkat mobile, dibandingkan dengan PC maupun tablet.

Durasi yang dihabiskan orang Indonesia dalam mengakses internet juga tinggi. Beda piranti gadget yang digunakan ikut memengaruhi berapa lama mereka berselancar di dunia maya. Untuk pengguna PC atau tablet, mereka bisa menghabiskan waktu rata-rata 8 jam 44 menit dengan kecepatan koneksi rata-rata 6,398 kbps. Sedangkan pengguna mobile phone lebih singkat yakni 3 jam 55 menit dengan rata-rata kecepatan 10,899 kbps.

Nggak cuma durasinya yang mencengangkan, intensitasnya juga demikian. Sebanyak 77% menunjukkan bahwa mereka setiap hari mengakses internet, 12% mengaku mengakses setidaknya seminggu sekali, dan hanya 7% yang setidaknya mengakses internet sebulan sekali.

Lantas, apa aja sih yang diakses pengguna internet Indonesia?

1. Sosial media.

foto: istimewa

Pengguna sosial media di Indonesia mencapai 106 juta orang atau sekitar 40% dari populasi Indonesia, dengan 92 juta di antaranya menggunakan piranti mobile. Mayoritas mereka mengakses YouTube, Facebook di urutan kedua, kemudian Instagram, Twitter, dan WhatsApp di posisi lima besar.

2. Komunikasi email.

foto: istimewa

Penggunaan akses internet juga cukup besar untuk keperluan komunikasi jarak jauh, lewat email. Tingkat aktivitasnya mencapai 14% dari populasi untuk pengguna smartphone dalam seminggu dan 7% pengguna PC.

3. Searching.

foto: istimewa

BRILIO VIDEO

Bakso Ber Topping ‘Jeroan’, Laku 1000 Porsi Setiap Hari
Bagi pecinta bakso udah pernah coba bakso dengan topping? SImak selengkapnya dalam video Brilio.net berikut.

Pengguna internet di Indonesia juga banyak menghabiskan waktunya untuk browsing atau berselancar menggunakan mesin pencari. Dalam sepekan, angkanya bisa mencapai 32% dari populasi untuk pengguna smartphone dan 12% untuk pengguna PC.

4. Mencari referensi produk.

foto: istimewa

Ini adalah bukti bahwa bisnis toko online di Indonesia berkembang pesat. Dalam sepekan, ada 9% dari populasi yang menggunakan smartphone untuk mencari informasi suatu produk, dan 3% pengguna PC.

5. Mendengarkan musik.

foto: istimewa

Sebanyak 6% dari populasi menggunakan internet lewat smartphone untuk mendengarkan musik, dan 2% melalui PC.

6. Menonton video.

foto: istimewa

Intensitas menonton video menggunakan internet di Indonesia juga tinggi. Mereka menggunakan aplikasi penyedia konten video atau film.


(brl/pep)

YOU MAY ALSO LIKE

Parkour di Kamp Pengungsi Palestina
Awalnya, parkour digunakan untuk lari saat di pengungsian di Gaza. Tonton kisah inspiratif parkour di kamp pengungsi Palestina dalam video Brilio.net berikut.
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Data bicara, orang Indonesia internetan 8 jam/hari! Ini yang diakses.
Pengguna internet naik 45 juta orang dari tahun sebelumnya.
https://www.brilio.net/gadget/data-bicara-orang-indonesia-internetan-8-jamhari-ini-yang-diakses-170806w.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?