Brilio.net - Smartphone sudah menjadi kebutuhan primer di era keterbukaan informasi. Tak heran apabila hampir semua kalangan, baik orang dewasa, remaja, hingga anak-anak sekalipun memiliki handphone pintar atau smartphone. Namun demikian, tak sedikit yang kerap mengalami kondisi internet di gawaimu lambat. Siapa sih yang nggak kesel kalau koneksi internet di smartphone berjalan lambat? Banyak dari kamu yang jengkel ketika mendapati hal tersebut.

Dewasa ini kecepatan internet sudah menjadi prioritas bagi orang. Kamu pun pasti jengkel ketika kecepatan internetmu tak seperti yang diharapkan. Ternyata ada banyak penyebab yang membuat kecepatan internet tidak maksimal di smartphonemu. Kendati demikian, kamu tak usah khawatir lagi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan internet di smartphone.

Brilio.net akan menunjukkan pada kamu tujuh trik meningkatkan kecepatan internet yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (13/5). Yuk, sama-sama coba!

1. Membersihkan cache aplikasi.

internet cepat Istimewa

foto: pixabay.com

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan internet dalam gawai adalah membersihkan cache aplikasi. Ketika memori cache aplikasi di handphonemu penuh, hal tersebut mampu memengaruhi penurunan kecepatan internet. Pastikan cache aplikasimu tidak penuh.

2. Cek jaringan internet.

internet cepat Istimewa

foto: wilsonamplifiers.com

Internetmu lemot? Salah satu hal yang berpengaruh adalah jaringan internet dari provider yang kamu gunakan. Memori cache sudah bersih, kalau signal internet aja nggak ada, gimana mau internetan? Pastikan jaringan internetmu mendukung.

3. Uninstall aplikasi yang tidak terpakai.

internet cepat Istimewa

foto: thedroidguy.com

Menghapus dan uninstall aplikasi yang tak terpakai juga bisa membantu peforma smartphonemu. Terlalu banyak aplikasi dalam HP akan mengurangi kinerja dari smartphone. Ketika smartphone tidak bekerja dengan maksimal, maka akan memengaruhi kemampuan menangkap koneksi. Jadi sebaiknya pilih dan pertahankan aplikasi yang sering digunakan. Kemudian hapus atau uninstall aplikasi yang tak dipakai.

4. Install fitur buat ngeblok iklan (ad blocker).

internet cepat Istimewa

foto: thewire.in

Ketika browsing, kamu pasti sering mendapati iklan muncul. Terlihat sepele namun cukup mengganggu. Ternyata iklan yang muncul saat browsing dapat memengaruhi kecepatan koneksi internet.

Ingin menjelajah dunia maya dengan optimal, sebaiknya kamu menginstal aplikasi atau fitur ad block. Fitur tersebut punya fungsi untuk menghalang dan menghilangkan iklan yang sering muncul ketika browsing. Main internet pun jadi lebih lancar dan cepat.

5. Pilih jenis koneksi jaringan internet terbaik.

internet cepat Istimewa

foto: pexels.com

Koneksi jaringan internet di Indonesia telah berkembang hingga 4G. Untuk memaksimalkan kecepatan internet, kamu bisa menyesuaikan jenis koneksinya. Misal daerahmu sudah tercover jaringan 4G sebaiknya kamu pilih pengaturan jaringan dengan 4G. Hal berbeda terjadi jika daerahmu belum tercover internet 4G. Kamu bisa memanfaatkan koneksi 3G yang juga bagus dan lancar.

6. Pilih web browser yang cocok untuk HP.

internet cepat Istimewa

foto: phoneworld.com.pk

Salah satu hal yang ikut menunjang kecepatan internet adalah memilih browser yang tepat. Ada beragam web browser yang bisa kamu pilih, sesuaikan jenis HPmu, apakah jenis android atau smartphone lainnya. Kalau gawai kamu berjenis android, beberapa web browser seperti Opera Mini, UC Browser, Chrome bisa jadi rekomendasimu.

7. Gunakan aplikasi penambah kecepatan.

internet cepat Istimewa

foto: allusefulinfo.com

Nggak cuma web browser, aplikasi penambah kecepatan juga mampu meningkatkan kecepatan internet. Ada beragam aplikasi yang bisa kamu pilih dan manfaatkan untuk memaksimalkan kecepatan internetmu.

Beberapa trik di atas sebaiknya kamu terapkan untuk menghasilkan koneksi internet yang lebih cepat. Akan tetapi, ketika trik di atas tidak memberikan hasil yang maksimal. Tampaknya kamu harus menanggalkan smartphonemu. Kamu butuh banget gawai baru yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Smartphone android OPPO F3 Plus bisa jadi pilihan yang tepat untuk masalah internet lemot.

HP Android OPPO F3 Plus kini hadir dengan processor Qualcomm Snapdragon 653, yang masuk dalam kategori atas kalau dilihat dari kemampuannya. Prosesor Snapdragon dalam OPPO F3 Plus ini memiliki konektivitas nirkabel yang maksimal dan canggih. Platfrom Snapdragon mampu mendukung konektivitas perangkat HP dengan cepat, pintar, dan hemat energi.

Kecanggihan tersebut memberikan kenyamanan saat browsing internet. Modem X9 yang menyatu dalam Snapdragon 653 ini mampu menjelajah internet hingga kecepatan maksimal 300 Mbps, tentunya nggak bikin jengkel lagi bukan?