Brilio.net - Perusahaan Prancis, Spinalli Design baru-baru ini meluncurkan koleksi terbarunya yakni jeans bergetar yang terkoneksi dengan smartphone dan dapat menunjukkan jalan. Koleksi pakaian ini bahkan telah dipamerkan di Consumer Electronics Show (CES), Las Vegas namun dianggap sebagai penemuan paling konyol.

Padahal pada dasarnya penemuan ini mencoba untuk menghilangkan kebutuhan seseorang untuk terus-menerus memeriksa telepon ketika menggunakan navigasi satelit di lingkungan yang tidak diketahui.

"Teknologi ini menyediakan kemudahan dan membantu kamu menemukan suatu tempat," seperti dalam penjelasan website Spinalli Design dikutip brilio.net dari odditycentral, Jumat (13/1).

jeans penunjuk jalan © 2017 Spinalli Design

Sistem kerja jeans ini adalah pemakai akan merasakan getaran di bagian kiri atau kanan sesuai dengan petunjuk GPS yang ada di smartphone. Yang perlu kamu lakukan adalah memasangkan jeans dengan smartphone, mengaktifkan fitur GPS, dan biarkan celana jeans memandu ke tujuan yang kamu inginkan. Dilengkapi sensor yang terletak di setiap sisi, jeans akan bergetar setiap kali kamu harus berbelok ke arah kiri atau kanan. Jika kamu salah jalan, kedua sensor bergetar pada waktu yang sama.

Jeans ini memiliki sistem baterai yang tak dapat dilepas di dalamnya. Namun Spinalli Design mengklaim jika jeans ini dapat dipakai selama 4 tahun jika sistem GPS hanya digunakan seminggu sekali. Namun jeans ini akan bertahan lebih lama jika digunakan kurang dari waktu itu.

Lebih lanjut, menerapkan fitur getar ke celana jeans ini sebenarnya bertujuan untuk menyediakan arah yang hampir tidak masuk akal, itulah sebabnya mengapa perusahaan Prancis ini menyediakan dalam bentuk aplikasi juga. Misalnya, kamu dapat mengatur jeans untuk sesuatu yang penting yang bisa bergetar bila kamu menerima pesan penting atau email, sehingga menghilangkan kebiasaan untuk selalu memeriksa teleponmu.

Meski terbilang canggih, jeans ini masih menimbulkan pro-kontra. Pasalnya, jeans ini juga akan bergetar jika seorang pengguna jeans mengirim sinyal "ping" kepada pengguna lainnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai jeans ini, kamu bisa melihat video berikut:

(brl/del)