Brilio.net - Meskipun pandemi mereda secara berkala, masyarakat dunia masih diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan. Sebagai dampaknya, masih ada saja aktivitas perkantoran hingga perkuliahan yang menerapkan work from home (WFH).

Untuk berdiskusi secara virtual, tak sedikit dari mereka yang menggunakan aplikasi video call. Salah satu yang paling terkenal adalah Zoom. Namun tahukah Sobat Brilio, untuk membuat link Zoom meeting itu tidak susah atau ribet-ribet amat, lho. Karena kamu yang membuat, kamu akan menjadi host meeting online tersebut.

Langsung saja dihimpun brilio.net dari beragam sumber pada Sabtu (27/11), inilah panduan simpel membuat link Zoom meeting di HP maupun PC untuk menjadi Host.

1. Panduan membuat link Zoom Meeting di laptop.

Zoom adalah salah satu aplikasi rapat online yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. Teruntuk Sobat Brilio yang ingin menciptakan link Zoom meeting tidak susah-susah amat, lho. Dengan menciptakan link ini, kamu juga bisa sekalian menjadi host pada pertemuan virtual tersebut.

Untuk penggunaan di laptop, kamu hanya memerlukan koneksi internet dan camera pada laptop. Namun buat yang memakai PC, pastikan kamu memiliki webcam, ya. Langsung saja, inilah tutorialnya membuat link Zoom Meeting di laptop.

1. Buka aplikasi Zoom Cloud Meetings versi PC. Bila belum punya, kamu bisa mengunduhnya di link ini https://zoom.us/download.
2. Jika sudah memasuki laman aplikasi, klik Sign In
3. Pilih opsi untuk masuk akun Zoom meeting, bisa melalui Facebook, Gmail, maupun SSO
4. Pada tampilan awal sudah memasuki akun, carilah opsi New Meeting untuk membuat room Zoom meeting terbaru
5. Untuk membagikan link Zoom meeting, pilih Invite untuk memperoleh link tersebut
6. Pada laman yang sama, kamu juga bisa membagikan ID meeting dan Password dengan klik ikon "i" di pojok kiri atas
7. Proses kelar, kamu bisa membagikan link ID dan password ke peserta Zoom Meeting.

2. Panduan membuat link Zoom Meeting di HP.

Membuat link Zoom Meeting selain di laptop, juga bisa dibuat melalui perangkat Android maupun iPhone, lho. Tutorialnya pun kurang lebih sama dengan versi laptop. Untuk lebih detail, Sobat Brilio bisa menyimak step-stepnya sebagai berikut:

1. Download aplikasi Zoom Cloud Meetings di Play Store bila menggunakan Android dan App Store bila menggunakan perangkat iOS
2. Pilih opsi untuk masuk akun Zoom meeting, bisa melalui Facebook, Gmail, maupun SSO
3. Pilih opsi New Meeting
4. Pada laman berikutnya, kamu akan diberikan akses untuk mengatur Video On dan Use Personal Meeting ID (PMI). Setelah kelar memilih, tekan tombol Start a Meeting
5. Untuk membagikan link Zoom Meeting, klik tombol Participants
6. Klik Invite > Copy Invite Link
7. Selesai, kamu bisa membagikan link tersebut ke peserta lain agar mereka hadir di rapat online yang kamu buat.