Brilio.net - Instagram adalah aplikasi yang memiliki banyak fungsi menarik. Orang banyak menggunakannya untuk mengunggah foto, berinteraksi dengan pengikut dan teman, mencari informasi baru, sarana berjualan, berkirim pesan, bahkan hingga video call.

Pada 23 Juni 2021 lalu, Instagram secara resmi menghadirkan fitur Reels di Indonesia. Reels memberikan hal baru bagi pengguna dalam mengedit video berdurasi pendek yang dilengkapi dengan audio dan musik. Fitur ini mulai tersedia kepada seluruh pengguna di Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Fitur terbaru Instagram ini sekilas mirip tampilan di TikTok memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek dengan memanfaatkan kreativitasnya.

"Senang sekali dapat membawa Reels ke Indonesia. Instagram selalu berupaya untuk mendengarkan aspirasi para kreator. Kami banyak mendengar bahwa pengguna ingin membuat dan menonton video berdurasi pendek yang menghibur,” jelas Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia, pada konferensi virtual Instagram Reels, dilansir dari dream.co.id

Nah, penasaran fitur apa saja yang ada di Reels dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut cara membuat konten menggunakan Instagram Reels, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (30/6)

- Fitur-fitur Instagram Reels.

Cara menggunakan Instagram Reels © 2021 brilio.net

foto: Instagram

1. Remix.

Fitur ini memudahkan pengguna untuk membuat video Reel versi mereka sendiri dan menyatukannya dengan Reel yang sudah ada. Pengguna dapat membuat kreasi video kolaborasi, membagikan reaksi wajah, menambahkan perspektif, maupun konten menyenangkan lainnya di Reels.

2. Audio.

Fitur ini memberikan kesempatan lebih bagi para pengguna dalam mengelola suara atau menambahkan audio ke dalam Reels mereka, Instagram meluncurkan fitur Voiceover yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan suara mereka ke dalam Reels, dan Mixed Audio yang memungkinkan pengguna menambahkan suara disertai lagu latar belakang.

3. Efek AR.

Fitur yang membantu mempercantik konten Reels pengguna. Pengguna dapat memilih untuk menggunakan filter menyenangkan dari Instagram atau mencari filter favorit mereka di " Cari Efek" , kemudian menggunakannya untuk membuat konten Reels yang lebih menarik bagi audiens mereka.

4. Share Audio Page.

Fitur ini menambahkan kemampuan menyimpan suara di fitur editing agar pengguna dapat membagikan seluruh Reels yang menggunakan bagian spesifik dari sebuah lagu melalui DM, dan Audio Browser untuk menemukan musik dari tab For You dan Trending.

5. Tab Reels.

Fitur ini memberikan panggung yang lebih besar bagi para kreator dalam membagikan video menarik mereka dan memudahkan audiens global untuk menemukan konten mereka.

- Cara membuat konten dengan Instagram Reels.

Cara menggunakan Instagram Reels © 2021 brilio.net

foto: Instagram

Menggunakan Instagram kamu bisa mengedit video seperti konten-konten yang ada di TikTok menggunakan fitur Instagram Reels. Untuk cara membuat video Instagram Reels pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan video mana yang akan kamu unggah sebagai konten Instagram Reels. Berikut cara membuat konten dengan Instagram Reels.

1. Update versi aplikasi Instagram yang terbaru di iOS dan Android.

2. Buka aplikasi, kemudian geser ke kanan atau kiri untuk membuka kamera di Instagram.

3. Di bagian bawah layar, ketuk fitur 'Reels' da pilihan Reels di samping Story dan Live. Cara lainnya juga bisa dengan menekan ikon “+” untuk menambahkan konten di sebelan ikon Notifikasi.

4. Pengguna bisa merekam video pendek dengan durasi antara 15-30 detik. Ini bisa menggunakan tombol dengan ikon Reels tepat di sisi tengah seperti tombol membuat Story. Ketuk tombol rekam untuk membuat video Reel (durasi harus berlangsung antara 3 sampai 15 detik).

5. Di sebelah kiri layar, kamu dapat menjelajahi rangkaian alat pengeditan Reels, termasuk menambahkan audio, teks, atau efek lainnya. Efek augmented reality (AR) juga menjadi pilihan.

6. Selanjutnya, kamu bisa mengatur kecepatan pemutaran video tersebut, mulai dari 0.3x, 0.5x, 1x, 2x, hingga 3x lipat kecepatan pemutaran.

7. Setelah mengatur berbagai fitur yang disediakan, kamu bisa melanjutkan dengan mengklik preview yang ada di sisi kanan tombol utama. Pada bagian ini akan diperlihatkan hasil sementara dari video yang telah dibuat sebelum di-posting.

8. Kamu juga bisa mengatur besar-kecil audio antara suara hasil rekaman dan suara dari musik latar. Kamu dapat menambahkan dubbing pada video dengan menggunakan fitur Voice Over.

9. Setelah video selesai dibuat, kamu bisa mengetuk Next di sisi kanan bawah tampilan untuk menuliskan caption sebelum memuatnya ke Feeds Instagram. Selanjutnya, kamu bisa menemukan berbagai konten dari pengguna lain pada tab Reels yang disediakan. Itu akan membuka tampilan seperti FYP (For Your Page) di TikTok.

- Fitur Instagram Musik.

Cara menggunakan Instagram Reels © 2021 brilio.net

foto: Instagram

Selain Instagram Reels, ada juga fitur musik di Instagram. Fitur ini menyediakan katalog lagu internasional dan lokal untuk mendukung para pengguna Indonesia dalam mengekspresikan diri mereka secara lebih menyenangkan dan kreatif.

Fitur Instagram musik akan muncul ketika pengguna mengakses fitur Story dan membuka menu Sticker. Fitur Music terletak pada menu Sticker, dan akan muncul setelah pengguna mengambil foto atau video dan atau mengunggah gambar/video yang ada di galeri.

Untuk menambahkan musik ke Story, bidik kamera ke obyek yang diinginkan atau pilih foto atau video yang sudah ada di galeri. Kemudian usap sisi bawah layar ke atas, lalu pilih "Musik". Lalu, akan muncul beberapa judul lagu yang disediakan dengan durasi singkat.

Pilih judul lagu yang Anda inginkan sebagai soundtrack. Jika sudah, muncul tampilan lirik beserta durasi potongan lagu yang akan dimunculkan dalam Instagram Story.

Kamu dapat menyesuaikan lirik yang muncul dengan font yang diinginkan, atau bahkan menyembunyikan lirik agar tidak muncul di Instagram Story.

Untuk menyembunyikan lirik, usap ke kanan pada opsi lirik hingga menemukan dua ikon kotak. Ikon kotak pertama akan menampilkan sticker musik, sedangkan ikon kotak kedua akan menampilkan album art dari lagu yang dipilih.

Jika sudah selesai, klik "Cerita Anda" atau "Your Story". Kini pengikutmu di Instagram dapat melihat Instagram Storiesmu yang telah dilengkapi dengan musik.