Brilio.net - Instagram digunakan berbagai kalangan usia, dari orang tua, remaja, bahkan anak-anak. Bahkan setiap orang ada yang memiliki akun Instagram lebih dari satu.

Platform yang menyediakan layanan berbagai foto dan video ini kian disukai banyak orang karena kemudahan penggunaan serta memiliki fitur menarik.

Aplikasi Instagram seakan sudah menjadi media sosial yang wajib dimiliki dan mejadi bagian hidup sebagian orang. Aplikasi ini hampir tak pernah absen menghadirkan dan memperbarui fitur-fiturnya. Sebut saja fitur boomerang, live, dan terbaru fitur dark mode.

Tetapi di balik banyaknya fitur yang ada, masih banyak pengguna yang jarang mengetahui beberapa fitur bawaan lainnya. Padahal terkadang fitur ini sangat dibutuhkan dalam keadaan tertentu.

Penasaran apa saja fitur tersebut? Biar kamu nggak kudet karena nggak mengetahuinya, langung simak yuk ulasan berikut seperti brilio.net kutip dari berbagai sumber, Rabu (29/1).

Loading...

1. Menyembunyikan iklan.

Fitur Instagram yang jarang diketahui freepik.com

foto: freepik.com

Pernah menemui iklan yang tiba-tiba muncul dengan jumlah yang banyak atau iklan yang itu-itu terus? Kemunculan iklan ini tentu mengganggu saat kamu tengah asik berselancar menikmati postingan di feet Instagram. Apalagi jika konten tersebut tak kamu inginkan dan tak layak dilihat.

Kamu bisa menghilangkan iklan-iklan tersebut. Bagaimana? Berikut langkah-langkahnya:

- Klik ikon tiga titik di kanan atas.

- Pilih opsi Hide Ad atau sembunyikan iklan.

- Kemudian kamu dapat memilih alasan kenapa ingin menyembunyikan ikan. Di dalamnya terdapat tiga pilihan seperti, iklan tidak relevan, saya terlalu sering melihatnya, dan ini tidak pantas.

- Setelah kamu memilih salah satunya, iklan tidak akan muncul kembali.

2. Menghapus Tag dari foto.

Fitur Instagram yang jarang diketahui freepik.com

foto: freepik.com

Fitur paling menarik di aplikasi Instagram adalah upload foto ataupun video. Umumnya seseorang yang melakukan foto secara bersama-sama akan menggunggah foto tersebut dengan memberi tag nama akun beberapa orang diakun tersebut.

Nah mungkin sebagian dari kamu pernah di-tag dengan foto yang sebenarnya nggak kamu inginkan, misalnya karena terlihat jelek. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat melakukan cara berikut:

- Buka galeri Instagram kamu.

- Arahkan ke foto yang ingin kamu hapus tag-nya.

- Kemudian klik ikon tiga titik di kanan atas.

- Kemudian akan muncul beberapa pilihan, kamu dapat memilih sembunyikan opsi.

- Lalu akan muncul kembali pilihan, mulai dari Remove Me From Post atau menghapus tag dari postingan dan Hide From Profile atau sembunyikan dari profil. Kamu dapat memilih sesuai keinginan kamu.

Setelah mengikuti cara di atas, secara otomatis foto yang di-tag oleh teman kamu tidak akan terlihat di profil kamu.

3. Mendapatkan notifikasi dari akun tertentu.

Fitur Instagram yang jarang diketahui freepik.com

foto: freepik.com

Buat kamu para stalker yang lagi mengincar dan kepo tentang gebetan, bisa banget nih mengaktifkan notifikasi postingan. Jadi kamu nggak perlu ribet harus membuka akun Instagram si doi. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Buka akun Instagram yang ingin kamu aktifkan notifikasi postingnnya.

- Pilih salah satu foto pada akun tersebut, lalu klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

- Pilih Turn Turn on The Notification atau Aktifkan Notifikasi Postingan.

Jadi nantinya setiap akun favoritmu melakukan unggahan foto ataupun video di feed Instagram, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan. So kamu bakal selalu update perkembngan dia secara cepat.

4. Mute Story dari pengguna lain.

Fitur Instagram yang jarang diketahui freepik.com

foto: freepik.com

Kalau fitur satu ini kebalikan dari fitur sebelumnya ya. Pasalnya fitur mute ini justru digunakan untuk menyembunyikan atau menghilangkan Story dari pengguna tertentu. Caranya pun sama dan cukup mudah.

- Pertama buka story feed kemudian tahan ikon pengguna yang ingin di-mute.

- Lalu akan muncul opsi Mute dan pilih Mute Story.

Dengan demikikian teman kamu yang kerap spamming konten di Instagram story tak akan muncul di feed story kamu.

5. Melihat foto yang sudah di-Like.

Fitur Instagram yang jarang diketahui freepik.com

foto: freepik.com

Ketika kamu menggulirkan postingan feed di Instagram, bisanya kamu tak ragu untuk menyimpan bahkan memberikan like ke foto yang terlihat menarik. Ya, untuk menyimpan foto di Instagram, terdapat fitur "save photo" yang secara otomatis tersimpan dalam aplikasi ini.

Namun, ketika kamu ingin melihat postingan yang sudah pernah di-like, caranya sebagai berikut:

- Buka akun Instagram di smartphone kamu. Lalu buka profile Instagram.

- Klik ikon garis tiga di pojok kanan atas.

- Lalu pilih settings atau penggaturan.

- Kemudian pilih opsi Accounts.

- Klik opsi Post You've Like atau postingan yang anda suka.

Nah, di fitur ini kamu dapat melihat deretan ratusan ataupun ribuan foto yang pernah kamu like. Gimana mau coba semua fiturnya?