Brilio.net - Siapa sih yang nggak tahu Instagram? Hampir semua orang pernah menggunakan aplikasi Instagram atau IG ini, entah itu kawula muda, tua, maupun anak kecil.

Aplikasi ini sejatinya digunakan untuk berbagi foto sekaligus caption menarik kepada warganet. Hal itu membuat Instagram jadi aplikasi 'ajang pamer' satu dengan yang lain. Orang jadi seakan berlomba mengunggah atau membagikan momen yang menurutnya terbaik untuk dibagikan.

Seolah ingin memanjakan pengguna, Instagram semakin hari semakin berkembang. Ada banyak fitur baru yang muncul setelah kamu memperbarui aplikasi ini. Dilansir dari The Verge, pihak Instagram mencanangkan fitur baru yang diberi nama Layout Story.

Fitur ini tentu saja akan memperkaya dan membuat IG Story jadi lebih berwarna. Menggunakan Layout Story ini, kamu bisa dengan mudah mengunggah kolase foto hingga enam deret dalam sekali posting.

"Dengan Layout, kamu bisa mengambil dan berbagi banyak foto dalam satu Story, cara baru dan kreatif untuk mengekspresikan dirimu," tulis aplikasi milik Facebook ini di laman resmi Instagram.

Loading...

Fitur ini sebenarnya menjadi salah satu hal yang paling ditunggu oleh para pengguna. Karena pengguna tidak akan repot-repot mengunggah atau mengedit foto untuk dijadikan kolase. Kamu juga nggak perlu lagi ribet menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hadirnya fitur ini kamu hanya perlu mengambil foto secara langsung dan memasukkannya dari galeri handphone.

Pada dasarnya fitur ini sudah hadir beberapa waktu lalu, namun masih rilis secara terpisah. Kini terintegrasi langsung di dalam aplikasi, akan jadi sarana kreasi warganet untuk membuat konten lebih beragam lagi.

Berikut cara membuat kolase Instagram (IG) Story seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/12).

- Pastikan Instagram-mu berada pada versi yang paling baru.

- Buka aplikasi Instagram yang ada di Android.

- Buka pada bagian Story seperti biasa.

- Gulir fitur Instagram Story yang berada di bawah tombol shutter.

- Pilih menu 'Layout', fitur ini berada di tengah-tengah antara boomerang dan superzoom.

- Akan muncul beberapa pilihan layout, kamu bebas memilih desain mana yang diinginkan.

- Tambahkan dua hingga enam foto sekaligus pada layout tersebut.

- Kamu bisa mengambil foto secara langsung, atau dari galeri ponsel. Dengan cara klik atau pilih galeri di bagian pojok kiri bawah

- Kamu hanya bisa menambahkan foto satu persatu. Jadi harus bergantian setidaknya selama enam kali.

- Jika ingin menghapus foto, klik atau pilih ikon backspace. Atau bisa juga dengan memilih menu hapus pada tombol shutter.

- Setelah yakin dengan foto pilihan, kamu bisa mengunggahnya. Klik tombol 'shutter' dengan tanda centang.

- Kamu bisa memilih siapa saja yang bisa melihat Instagram Story-mu itu. Mau semua orang (publik) atau hanya untuk teman dekat saja.

Trik khusus untuk mempercantik Instagram Story.

Pihak Facebook pernah memaparkan kalau jumlah konten yang diunggah orang Indonesia melalui IG Story dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan wilayah lain. Hal itu membuktikan kalau Instagram jadi aplikasi yang begitu populer di Tanah Air. Tak ingin membuat pengguna kecewa, ada trik khusus yang dikeluarkan Instagram untuk membuat IG Story semenarik mungkin. Dilansir dari Make Use Of, berikut beberapa triknya.

1. Ubah tampilan jadi berbagai warna.

Cara membuat kolase foto di Instagram (IG) Story freepik.com

foto: freepik.com

Instagram menyediakan 27 warna, kamu bisa merubah tulisan di IG Story jadi berwarna-warni. Caranya, foto objek yang ingin diunggah, lalu sentuh ikon Aa atau pena untuk membuka teks atau brush tool. Untuk menampilkan spektrum warna keseluruhan, tekan agak lama di slider warna yang ada dan spektrum warna pun bakal muncul.

2. Memasukkan musik pada video Instagram Story.

Cara membuat kolase foto di Instagram (IG) Story freepik.com

foto: freepik.com

Instagram belum menghadirkan latar musik di IG Story. Namun nggak perlu cemas, kamu hanya perlu memasukkan musik melalui aplikasi pemutar musik yang ada di Android-mu. Play atau mainkan musik sesuai keinginan. Biarkan musik tetap menyala, sembari kamu membuka Instagram Story dan mulai merekam video.

3. Membuat background jadi transparan.

Cara membuat kolase foto di Instagram (IG) Story © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Instagram Story sering digunakan untuk mengunggah tulisan-tulisan. Alih-alih menutup layar dengan tangan, kamu bisa menggunakan trik khusus yang nggak ribet. Sebelumnya kamu bisa mengambil foto apa pun, lalu tap ikon pulpen yang ada di atas, lalu pilih warna yang akan dipakai sebagai latar belakang. Tap layar sekitar 3 detik, supaya warna latar belakang akan berubah sesuai warna yang diinginkan.

Cara melihat Instagram (IG) Story tanpa ketahuan.

Nah, khusus buat kamu yang ingin melihat Instagram Story dari orang lain yang sudah diprivat, kamu bisa tetap melihatnya tanpa ketahuan pemilik akun yang bersangkutan. Cara ini bisa kamu pakai untuk stalking gebetan misalnya. Ada pun cara mudahnya di antaranya sebagai berikut.

1. Menggeser setengah tampilan Instagram Story.

Cara membuat kolase foto di Instagram (IG) Story freepik.com

foto: pixabay.com

Menggeser setengah tampilan Instagram Story, jika urutan pertama tampilan IG Story orang lain adalah X, maka kamu hanya perlu menggeser Instagram Story Y yang bersebelahan secara cepat. Jangan sampai layar utuh X muncul secara utuh.

2. Menambahkan extension di Google Chrome.

Cara membuat kolase foto di Instagram (IG) Story freepik.com

foto: pixabay.com

Kamu bisa menambahkan extension 'Chrome IG Story' melalui Web Store Chrome. Setelah menu tersebut terinstal, kamu bisa melihat Instagram Story milik orang lain tanpa ketahuan. Menariknya lagi, kamu juga bisa membagikan status tersebut dengan mudah.

3. Menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara membuat kolase foto di Instagram (IG) Story freepik.com

foto: pixabay.com

Selain cara manual seperti di atas, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa melihat Instagram Story tanpa ketahuan melalui aplikasi InstaStoryViewer.com, Storiesig.com, atau Story Notifier.