Brilio.net - Pada era yang serba modern ini, manusia menginginkan sesuatu yang cepat dan mudah. Tak terkecuali dalam melakukan komunikasi dengan orang-orang terdekat. Banyaknya media sosial yang ada saat ini adalah alat untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Berkomunikasi semakin menyenangkan dan mudah dengan adanya media sosial. Selain mudah, social media juga tak membutuhkan waktu lama layaknya berkirim surat. Dengan adanya media sosial, orang pun dapat berkomunikasi dengan leluasa tanpa membutuhkan biaya yang mahal.

Namun, tak semua media sosial mendukung seseorang untuk menyimpan dan mengirim dokumen yang besar. Hal ini tentu menjadi suatu masalah bagi pekerja kantoran, dosen, dan mahasiswa dalam berkirim dokumen.

Salah satu layanan surat elektronik (surel) yang memiliki kapasitas besar untuk menyimpan dan mengirim dokumen adalah Google Mail. Google Mail atau Gmail sendiri adalah layanan milik Google untuk berkirim email. Dengan memiliki Gmail, kamu pun bisa mengirim dan menyimpan data penting dengan kapasitas memori yang banyak.

Saat Gmail diperkenalkan untuk pertama kalinya, pengguna memiliki keterbatasan dalam mengundang teman-teman untuk membuat akun Gmail. Hal ini dilakukan Google agar Gmail dapat mempertahankan reputasinya yang elit serta bergengsi. Pada 14 Februari 2007, sistem udangan terbatas ini berakhir secara resmi dan menjadikan Gmail sebagai salah satu layanan email terpopuler seketika.

Loading...

Dengan akun Gmail, kita juga bisa mendaftar ke beberapa media sosial lainnya. Akun Gmail biasanya dijadikan email dasar ketika mendaftar ke beberapa media sosial. Dengan terhubungnya akun media sosial lain dengan Gmail, membuat kita bisa mengetahui pengumuman baru pada media sosial tersebut.

Tetapi, tak sedikit orang yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat akun Gmail. Terkhusus para orang tua yang baru mengenal media sosial. Tak jarang mereka meminta ke orang lain untuk dibuatkan akun.

Nah, berikut ini adalah cara membuat akun Google mudah dan cepat yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/11).

Manfaat menggunakan Gmail.

membuat akun gmail istimewa

foto: pixabay

1. Akses offline

Dengan menggunakan Gmail, kita bisa tetap mengakses Gmail secara offline tanpa terhubung dengan internet. Hal ini menjadi suatu kelebihan tersendiri bagi Gmail. Caranya, cukup pasang ekstensi Gmail offline chrome pada web pencarian atau browser kamu.

2. Penyaringan spam

Gmail memiliki layanan penyaringan spam yang cukup efektif. Meski tak seratus persen efektif, penyaringan spam, iklan phising, dan virus lumayan efektif dibanding layanan email lainnya.

3. Merger dengan Google Hangouts

Gmail memiliki fitur Google Hangouts yang memberikan layanan chat dan video call dengan sesama pemilik akun Gmail. Kontak Hangouts terdapat pada sisi kiri layar desktop Gmail, dengan begini kamu dapat mengetahui siapa saja kontak email kamu yang menggunakan hangouts.

Cara membuat akun Google baru di HP.

membuat akun gmail istimewa

foto: pixabay

Tentunya sebelum membuat akun Google kamu harus terhubung dengan internet. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun baru Google:

1. Cari menu "Setting" atau "Pengaturan" di HP.

2. Cari menu "Account" atau "Akun".

3. Pilih "Add Account" atau "Tambah Akun".

4. Cari ikon Google.

5. Setelah muncul pilihan "Sign In" dan "Create New Account", pilih "Create New Account".

6. Isi nama depan dan nama belakang.

7. Klik "Next" atau "Lanjutkan".

8. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin.

9. Klik "Next".

10. Pilih nama untuk username Gmail kamu.

11. Klik "Next".

12. Jika muncul tulisan "That username is taken. Try another" itu berarti bahwa username yang kamu pilih telah dipakai orang lain.

13. Akali dengan menambahkan angka atau karakter.

14. Pilih password kamu minimal 8 karakter, dan sesuaikan dengan kolom password yang berada di bawah.

15. Klik "Next".

16. Selanjutnya akan muncul beberapa pertanyaan yang tidak wajib diisi. Jika berkenan untuk mengisinya maka klik lanjutkan. Jika tidak kamu bisa melewatinya dengan memencet tombol "Skip".

17. Setelah itu, muncul kotak Privacy and Terms.

18. Klik "I Agree" atau "Saya Setuju".

19. Konfirmasi username dan password, lalu klik "Next".

20. Muncul pemilihan pembayaran. Kamu cukup lewati dengan pilih "NO, Thanks" dan klik "Next". Tunggu sampai proses selesai.

21. Setelah muncul pengumuman bahwa kamu telah memiliki akun Gmail, maka kamu pun bisa mengakses layanan lain seperti YouTube, Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

Cara membuat akun Google baru di PC atau komputer.

membuat akun gmail istimewa

foto: pixabay

1. Masukkan alamat www.gmail.com pada web browser kamu.

2. Pilih "Create an account", lalu sebuah kotak akan terbuka.

3. Isi data diri kamu dengan lengkap.

4. Setelah itu, pilih username akun Gmail kamu.

5. Jika muncul tulisan "That username is taken. Try another" itu berarti bahwa username yang kamu pilih telah dipakai orang lain.

6. Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar dan sesuai dengan diri kamu.

7. Klik "Next Step" akan muncul "Agreement" lalu klik pada tombol "I Agree".

8. Tunggu sampai proses pembuatan akun selesai.

9. kamu telah memiliki akun Gmail.

reporter: mgg/hameda rachma