Brilio.net - Minggu lalu, Instagram secara mengejutkan mengumumkan perubahan logonya. Logo yang lebih didominasi dengan warna cokelat itu digantikan dengan logo yang lebih cerah dan berwarna-warni. Warna biru yang ada pada aplikasi itu juga hilang dan berubah dengan dominasi warna putih.

Meski banyak yang menyambut baik perubahan logo itu, tak sedikit pula yang menyayangkan. Mereka belum bisa move on dengan logo lama dan menganggap tampilan lama lebih menarik. Nah, jika kamu termasuk pengguna yang memang belum bisa move on dengan tampilan lama Instagram, tak perlu berlarut-larut galau. Kini ada cara untuk mengembalikan Instagram di smartphone ke tampilan lama kok.

Keinginan itu bisa terwujud dengan cara alternatif buatan desainer user experience (UX) Juan Ramirez. tapi cara ini hanya berlaku untuk perangkat iOS yang memang memiliki fitur untuk menyematkan web sebagai tombol pintas.

Caranya, kamu sembunyikan dulu ikon Instagram baru itu ke folder hingga benar-benar tak terlihat. Kemudian kunjungilah Github dari Ramirez pada link ini dengan browser Safarimu. Tekan tombol share dan pilih tab bertuliskan "Add To Home Screen".

Setelah itu, pengguna akan menemukan ikon lama Instagram pada bagian homescreen. Ikon itu berfungsi sebagai pemintas. Ketika di klik, ikon itu akan diarahkan ke aplikasi Instagram sebenarnya.

Dengan cara itu, kamu bisa menggunakan Instagram dengan logo lama. Meski begitu, jika ada notifikasi masuk, maka yang akan muncul adalah logo Instagram baru.

Bagaimana, tertarik mencoba?