Brilio.net - Dunia dikejutkan dengan pengumuman Instagram pada Rabu (11/5) lalu yang mengganti logo Instagram dengan yang baru. Perubahan itu tentu mengejutkan karena logo lama Instagram sudah digunakan selama lima tahun.

Tak hanya logo, tapi tampilan Instagram juga cukup berubah. Dominasi warna biru pada tampilan lama sama sekali hilang, yang ada pada tampilan baru hanyalah dominasi warna putih.

Dilansir dari Tech Insider, Jumat (13/5), desain baru Instagram beserta logonya membutuhkan waktu pembuatan selama sembilan bulan. Mereka benar-benar mengubah total logo tersebut dan membutuhkan beratus kali kemungkinan desain. Tentu itu adalah proses panjang mendapatkan logo dan tampilan yang menarik.

Tapi yang lebih mengesankan sebenarnya adalah proses pembuatan logo lamanya. Ternyata logo lama Instagram yang sudah sangat familier itu hanya dirancang oleh satu orang selama 45 menit.

Pria itu adalah Cole Rise, seorang fotografer sekaligus desainer profesional. Pada musim gugur 2010, Rise sama sekali tak menyangka mendapatkan telepon dari teman akrabnya, CEO Instagram Kevin Systrom, yang memintanya untuk mendesain aplikasi yang paling populer saat ini. Saat itu Instagram sudah tersedia untuk iOS selama dua minggu.

Loading...

Perubahan Instagram © 2016 brilio.net

Tapi saat itu, satu-satunya masalah adalah ikon alis logo Instagram yang dirancang langsung oleh Systrom masih tampak seperti kamera polaroid. Seperti ini bentuknya:

Perubahan Instagram © 2016 brilio.net

Systrom lantas meminta Rise untuk mengubahnya sehingga menjadi sesuatu yang unik. Secara tak sengaja Systrom menemukan logo yang dirancang oleh Dribble untuk Bell & Howell yang digunakan pada tahun 1940-an. Seperti ini bentuknya:

Perubahan Instagram © 2016 brilio.net

Systrom menyukainya dan meminta Rise untuk memodifikasi sebelum dikirimkan ke App Store. Tapi App Store saat itu hanya memberikan waktu 1 jam agar aplikasi itu bisa mendapatkan eksposur awal atau Instagram sama sekali tak ditampilkan. Dalam waktu kurang dari satu jam, Rise menghasilkan logo berikut:

Perubahan Instagram © 2016 brilio.net

-Logo Bell & Howell menampilkan dua lensa kamera, Rise lantas menjadikan salah satunya sebagai jendela bidik. Dia juga menambahkan garis-garis pelangi di sisi kiri dan memberikan tulisan "INST" di bawahnya.-"Aku memanggilnya 45 menit kemudian dan Systrom mengucapkan terima kasih," kata Rise.

Perubahan Instagram © 2016 brilio.net

Desain Rise itu lantas digunakan sebagai logo Instagram. Enam bulan kemudian logo itu diperbaiki Rise sehingga menjadi logo yang digunakan Instagram selama bertahun-tahun itu. Sekitar lima tahun digunakan, Instagram lantas mengumumkan penggantian logonya beberapa waktu lalu.

Cerita di balik logo lama Instagram, cuma dibuat dalam waktu 45 menit