Brilio.net - WhatsApp menjadi fitur komunikasi favorit warganet. Dilansir dari businessinsider.com, Senin (21/5), pengguna WhatsApp mencapai 315 juta pengguna aktif per hari. Pasalnya WhatsApp memiliki fitur-fitur yang menarik.

Pada tahun 2017, WhatsApp mengeluarkan fitur hapus pesan. Dengan fitur tersebut, pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang ia kirimkan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk penerima pesan. Manfaatnya, dapat meminimalisir salah kirim pesan. Namun bagi pengguna yang mendapat notifikasi bahwa pesan telah dihapus, sering muncul rasa penasaran mengenai isi pesan yang baru dihapus tersebut.

Nah ternyata ada lho cara membaca pesan yang telah dihapus. Pesan yang telah dihapus sebenarnya tidak sepenuhnya hilang dari smartphone. Dilansir brilio.net dari gadgets.ndtv.com, Selasa (20/5), blog android dari Spanyol, androidjefe.com mengklaim bahwa pesan yang telah dihapus akan masuk log notifikasi.

Ada bermacam jenis aplikasi Notification History. Beberapa aplikasi hanya bisa membaca kembali pesan yang telah dihapus, sebatas 100 karakter pertama. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa di download di smartphone berbasis Android.

Lalu bagaimana sih cara untuk membaca pesan yang dihapus?

Loading...

1. Instal aplikasi bernama Notification History di Google Play.

cara baca pesan wa yang dihapus © 2018 brilio.net

foto: brilio.net

2. Nyalakan akses untuk membaca log notifikasi di pengaturan smartphone.

cara baca pesan wa yang dihapus © 2018 brilio.net

foto: brilio.net

Setelah aplikasi berhasil didownload, bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan melihat daftar pesan masuk. Pesan yang telah dihapus di WhatsApp bisa dibaca di aplikasi Notification History.

Berikut hasil penggunaan aplikasi pihak ketiga Notification History.

cara baca pesan wa yang dihapus © 2018 brilio.net