Brilio.net - Belanja online saat ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Apalagi di masa pandemi di mana kita dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Tentu saja untuk bepergian ke pusat perbelanjaan sangat berisiko terpapar Covid-19. 

Namun, banyak yang beranggapan saat membeli gadget, sebaiknya jangan melalui online. Sebaiknya langsung saja beli di toko offline. Alasannya, kamu bisa tertipu. Alih-alih mengeluarkan uang besar untuk memiliki smartphone baru yang keren misalnya, eh malah bisa zonk. 

Anggapan tersebut nggak sepenuhnya benar. Memang, ada juga yang tertipu saat belanja gadget. Tapi nggak bisa digeneralisir. Nggak semua orang yang belanja smartphone secara online itu kena tipu. Banyak juga yang sesuai ekspektasi.

Nah ketimbang bingung, sebaiknya kamu simak tips berikut sebelum membeli gadget secara online agar tidak tertipu.

1. Lihat reputasi toko

9 Tips belanja online  © 2021 brilio.net sounddepotandperformance.com

Yang pertama harus dilihat tentu adalah reputasi toko atau sellernya. Kamu bisa melihat reputasi mereka dari badge yang mereka miliki, rating yang mereka dapat, review dan juga komentar atau kritik yang disampaikan konsumen. Semuanya jelas terpampang di tokonya. Sebab toko online atau marketplace zaman now memang sudah sangat transparan.

Cara lainnya adalah dengan melihat harga-harga yang ditawarkan. Jangan sampai tergoda dengan harga yang terlalu murah. Bandingkan dengan harga yang dipatok produsen. Toko yang jujur biasanya menawarkan harga yang tidak terlalu jauh dari harga produsen. Sebaliknya, toko yang menawarkan harga terlalu murah itu bisa dicurigai sebagai toko yang bisa menipu. Cek juga lokasi tokonya. Kebanyakan toko online juga punya toko fisik (offline). Jika ada, ini juga akan membuat mudah jika kamu akan klaim garansi.

2. Banyak bertanya

9 Tips belanja online  © 2021 brilio.net fashiontrendss.com

Saat berbelanja, kamu harus bawel. Jangankan saat belanja smartphone yang harus mengeluarkan uang cukup besar, untuk belanja seharga Rp100-200 ribu pun, kamu berhak bawel lho alias banyak bertanya pada si penjual.

Nah saat toko atau sellernya merespons pertanyaan dan sabar menjawab setiap pertanyaan kamu, ini bisa jadi nilai lebih. Pastikan kamu memanfaatkan semua fitur berinteraksi dengan seller ini secara maksimal. Apa pun yang terlintas, atau apa pun yang ingin kamu tahu, tanyakan. Seller yang baik bahkan biasanya membuka diri untuk interaksi secara personal.

3. Membandingkan fitur dan harga smartphone

9 Tips belanja online  © 2021 brilio.net excusemeforliving.net

Saat hendak membeli smartphone, ada baiknya kamu membaca review terlebih dahulu. Baik itu melalui blog atau pun Youtube. Jadi kamu tahu tentang fitur dan kisaran harga. Baru setelah itu, kamu pilih toko online atau ke marketplace.

Nah begitu sudah melihat-lihat tokonya, kamu bisa membandingkan harga yang ditawarkan. Ingat, jangan tergoda haga yang terlalu murah. Jangan lupa juga lihat spesifikasi produk yang akan dimasukkan ke dalam keranjang belanjaan dan check out.

Pastikan baca semua deskripsinya. Ada kalanya, gambar dan nama produknya sudah keburu membuat kita terpesona. Sehingga lupa dengan spesifikasi. Baik itu warna, pilihan memory dan RAM, atau bahkan yang lainnya.

4. Belanja di aplikasi resmi

9 Tips belanja online  © 2021 brilio.net marketingprofs.com

Selain punya website, toko online zaman sekarang juga punya aplikasi. Saat belanja gadget secara online, ada baiknya kamu belanja melalui aplikasi resmi. Sebab jika melalui aplikasi atau website pihak ketiga, sangat berisiko kamu tertipu. Tak hanya barangnya, bahkan identitas kamu juga berisiko disalahgunakan lho.

Yang menarik, belanja di aplikasi resmi juga bisa membuat kamu dapat banyak keuntungan. Misalnya saja harga lebih murah, ongkos kirim yang lebih murah atau bahkan gratis, hingga dapat banyak promo.

5. Selalu mengecek ketersediaan dan kelengkapan barang

9 Tips belanja online  © 2021 brilio.net gizbot.com

Belanja gadget baru tentu membuat kamu senang. Akan tetapi jangan sampai hal ini membuat kamu lengah dalam mengecek ini itu. Misalnya saja kamu lupa mengecek ketersediaan barang dan kelengkapannya. Kamu baru menyadarinya saat sudah membayar. Kamu mungkin harus menunggu sampai restok, atau bahkan menunggu refund. Lumayan menyita waktu.

Nah agar terhindar dari hal tersebut, pastikan kamu teliti. Cek semuanya. Tanyakan semuanya ke toko penjual. Jadi saat barang sudah di tangan, semua sudah seperti yang diharapkan.

6. Gunakan promo

9 Tips belanja online  © 2021 brilio.net smallbusiness.co.uk

Saat berbelanja online, kamu seringkali mendapatkan promo. Dari promo diskon, voucher cashback, atau mungkin voucher gratis ongkos kirim. Nah saat belanja gadget juga demikian. Tak ada salahnya kamu memanfaatkan itu. Jatuhnya kan jadi lebih murah.

Tapi lagi-lagi harus diingat, sebelum belanja, pastikan tahu dulu harga pasarannya. Supaya kamu tidak dikelabui dengan harga yang mungkin sudah di-mark up, lalu diberi tanda diskon yang besar. Padahal jika dihitung-hitung, harganya sama saja. Jangan sampai seperti itu.

7. Gunakan event promo

9 Tips belanja online  © 2021 brilio.net fashionteria.com

Setiap toko online punya program promo tertentu. Misalnya flash sale, harbolnas, atau yang lainnya. Nah saat beli gadget juga bisa memanfaatkan event promo ini. Meski tidak besar, tapi tetap, harganya akan jadi lebih ekonomis. Pantengin saja terus. Atau jika tak ingin ketinggalan, daftarkan saja email kamu. Nanti akan dikirim email rutin jika ada event yang berlangsung. 

Nah jika kamu berencana belanja gadget baru sekarang? Nggak ada salahnya memilih Realme C15 di Blibli. Dijamin kamu tak akan tertipu karena Blibli merupakan toko online terpercaya di Indonesia. Harga Realme C15 sekarang sekitar Rp 2 jutaan, lho! Lumayan menarik jika kamu mencari smartphone baru dengan spesifikasi mumpuni dan harga terjangkau.

8. Gunakan cara pembayaran yang paling nyaman

9 Tips belanja online  © 2021 brilio.net moneycrashers.com

Membeli gadget secara online bisa dibayar dengan beragam cara. Mulai tunai menggunakan kartu debit, menggunakan kartu kredit secara nyicil, menggunakan e-wallet, menggunakan e-money, hingga cash on delivery (COD). 

Setiap cara pembayaran ini punya kelebihan dan kekurangan. Sarannya, gunakan saja cara pembayaran yang membuat kamu nyaman. Jika kamu membayar menggunakan kartu kredit, pastikan kamu mengisi data pribadi, seperti nomor kartu kredit, dan nomor-nomor pribadi lainnya di page yang sudah aman yakni yang menggunakan HTTPS. Jangan menggunakan Wifi umum, sebab rentan terjadi pencurian data.

9. Pilih jasa pengiriman terbaik

9 Tips belanja online  © 2021 brilio.net learnenglish.britishcouncil.org

Nah ini juga tak kalah penting. Saat membeli gadget secara online, pastikan kamu memilih jasa pengiriman yang terbaik. Supaya barang tetap terjaga keamanannya.