Brilio.net - Pernahkah Sobat Brilio merekam suara dan merasa kurang pede mendengar suara sendiri? Hal ini kerap terjadi pada banyak orang, lho. Aktor Hollywood Jesse Eisenberg pun mengakui bahwa dirinya tak pernah melihat film yang dibintanginya. Aktor yang memerankan sosok Mark Zuckerberg dalam film The Social Network tersebut mengatakan ia tak tahan mendengar suaranya sendiri. Cukup lucu, bukan?

Namun kini seiring majunya teknologi, bagi kamu yang nggak pede dengan suara sendiri, sekarang ada aplikasi pengedit suara, lho. Aplikasi-aplikasi ini membantu suara kamu lebih merdu, meningkatkan kualitas vokal, hingga mengedit lagu.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (27/11), rekomendasi aplikasi pengedit suara yang bisa diunduh secara gratis melalui HP maupun laptop.

1. Timbre.

9 Aplikasi edit suara © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi pertama yang cocok untuk mengedit audio adalah Timbre. Aplikasi ini menjadi pilihan utama untuk kamu karena kualitasnya yang tidak berkurang pasca mengedit video.

Fitur yang diusung juga banyak, seperti mengonversi, memotong, hingga menggabungkan file. Timbre tersedia versi Android, iOS, dan laptop.

2. Media Converter.

9 Aplikasi edit suara © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Selanjutnya, Media Converter juga bisa dijadikan alternatif untuk mengedit suara. Selain itu, kamu bisa memindah file ke berbagai format seperti MP3, MP4, FLV, WAV, dan lain sebagainya.

Dengan fitur yang tak kalah banyak, Media Converter memiliki kemampuan kontrol yang praktis, dapat mengedit maupun memotong lagu. Aplikasi ini bisa diunduh melalui perangkat ponsel pintar kesayanganmu.

3. Lexis Audio Editor.

9 Aplikasi edit suara © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Yang ketiga, ada aplikasi handal untuk mengedit audio bernama Lexis Audio Editor. Dengan pengunduh lebih dari 10 juta di Play Store, Lexis Audio Editor ampuh dalam meningkatkan kualitas audio dengan berbagai jenis equalizer, mengimpor lagu terbaru, hingga mendukung banyak jenis format audio seperti MP3, WMA, M4A, ACC, dan masih banyak lagi.

4. WavePad Audio Editor.

9 Aplikasi edit suara © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi besutan NHC Software ini juga bisa diandalkan untuk mengedit audio. Tersedia di Android dan iOS, WavePad Audio Editor andal dengan fitur mengedit lagu dengan menyertai berbagai efek di dalamnya, seperti Echo, Chorus, Phaser, hingga Reverb.

5. BandLab.

9 Aplikasi edit suara © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Yang kelima, ada aplikasi pengedit suara bernama BandLab. Bisa diunduh melalui smartphone, BandLab menyediakan berbagai fitur seperti AutoPitch untuk menyesuaikan nada suara hingga mencampur atau mix berbagai efek instrumen.

6. Video Sound Editor.

9 Aplikasi edit suara © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Dari nama sudah ketahuan, Video Sound Editor bisa dijadikan opsi lain bagi Sobat Brilio yang hendak mengedit suara. Fiturnya pun banyak, ada kemampuan untuk membuat mute audio, menambahkan track musik ke video, hingga mencampurkan audio. Tersedia di iOS dan Android, kamu bisa mengunduh aplikasi dengan ukuran yang nggak besar-besar amat lho, cukup 11 MB.

7. Music Editor.

9 Aplikasi edit suara © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Selain itu, Music Editor juga bisa dijadikan alternatif untuk mengedit lagu. Dengan kemampuan andal seperti dapat mengedit musik, memotong track, mengonversi lagu, hingga mengontrol kualitas lagu, Music Editor memudahkan kamu mengedit audio pada smartphone.

8. Adobe Audition.

9 Aplikasi edit suara © 2021 brilio.net

foto: Adobe

Selanjutnya, ada Adobe Audition untuk mengedit lagu dari PC. Bisa diunduh secara gratis, Adobe Audition memiliki banyak kemampuan seperti mixing, track editing, hingga auto ducking, dan asisten pintar untuk menyesuaikan suara pengguna dengan volume, track latar belakang, dan fitur aksesibel lainnya.

9. Audacity.

9 Aplikasi edit suara © 2021 brilio.net

foto: Audacity

Aplikasi pengedit suara lain untuk PC adalah Audacity. Dengan kualitas kontrol yang super mudah, aplikasi Audacity cocok bagi kamu yang masih awal-awal mengedit audio. Fiturnya pun nggak kalah banyak, ada fitur memotong suara, menghilangkan vokal, menggabungkan musik, dan lain sebagainya.

*

INFOGRAFIS APLIKASI SMARTPHONE UNTUK EDIT SUARA © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS APLIKASI SMARTPHONE UNTUK EDIT SUARA
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan