Brilio.net - Cloud storage adalah alternatif penyimpanan file berupa foto, musik, video, dan berbagai jenis file lainnya yang dapat disimpan secara online. Data yang disimpan dalam cloud storage dapat dengan aman diakses kapanpun dan di manapun oleh pengguna selama berada di koneksi daring.

Sayangnya, setiap aplikasi cloud storage membatasi kapasitas memori untuk menyimpan file. Untuk memperbesar kapasitas memori, pengguna harus berlangganan lebih untuk menyimpan file berukuran besar.

Namun siapa sangka teryata ada deretan aplikasi cloud storage yang juga menyediakan kapasitas memori yang cukup besar. Tak hanya itu, pengguna bisa menikmati akses menyimpan file secara gratis lho.

Langsung saja dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Rabu (17/11), inilah 9 aplikasi cloud storage untuk menyimpan file via online:

1. Google Drive

9 Aplikasi Cloud Storage © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Perusahaan raksasa Google memberikan layanan aplikasi untuk menyimpan data secara virtual bernama Google Drive. Aplikasi yang berdiri sejak tahun 2012 ini merupakan ekspansi dari Google Docs.

Dapat mengakses dan menyimpan file secara online, Google Drive bisa digunakan kapan saja selama pengguna berada di dalam jaringan. Kapasitas ukuran storage yang diberikan secara gratis dari GDrive adalah sebesar 15 GB. Untuk mendapatkan lebih, pengguna harus berlangganan.

2. Mega

9 Aplikasi Cloud Storage © 2021 brilio.net

foto: Mega

Sebelumnya bernama megaupload.com, kini Mega telah menjadi aplikasi untuk menyimpan file via online. Tak main-main, file yang disimpan pada aplikasi ini bisa mencapai 50 GB lho! Bagi kamu yang ingin simpan file berukuran besar tentu bisa banget pakai aplikasi ini.

3. MediaFire

9 Aplikasi Cloud Storage © 2021 brilio.net

foto: MediaFire

Selain di atas, ada aplikasi bernama MediaFire. Aplikasi ini melayani bandwith dan download yang tak terbatas sehingga untuk mengunggah file secara bersamaan dapat diakses dengan mudah. Selebihnya, MediaFire menyediakan kapasitas simpan virtual sebanyak 10GB secara gratis.

4. pCloud

9 Aplikasi Cloud Storage © 2021 brilio.net

foto: pCloud

Dengan tagline "Secure and simple to use cloud storage," tentu kamu bisa secara aman menyimpan dokumen penting di aplikasi pCloud. pCloud bisa diakses melalui smartphone, laptop, dan perangkat lainnya. Selain itu, pCloud memberikan kapasitas memori gratis sebanyak 10 GB.

5. Icedrive

9 Aplikasi Cloud Storage © 2021 brilio.net

foto: Icedrive

Aplikasi alternatif lain yang bisa dijadikan pilihan adalah icedrive. Aplikasi yang bisa dibilang masih baru ini bisa dipakai melalui beberapa perangkat seperti Webapp, desktop, hingga ponsel kamu. Sama seperti pCloud, icedrive menyajikan total memori untuk menyimpan hingga 10 gyga bytes.

6. OneDrive

9 Aplikasi Cloud Storage © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Para pengguna Windows tentu sudah tak asing dengan OneDrive. Aplikasi ini otomatis tertanam pada Windows agar pengguna bisa mengakses file-filenya melalui ponsel pintar.

Sayangnya, kapasitas simpan file online yang gratis hanya tersedia sebesar 5GB saja. Namun, Sobat Brilio bisa upgrade aplikasi ini dengan harga USD 1,99 tiap bulan untuk mendapat kapasitas penyimpanan hingga 100 GB.

7. Box

9 Aplikasi Cloud Storage © 2021 brilio.net

foto: Box

Selain itu, aplikasi Box senantiasa menjadi salah satu cloud storage yang handal. Layanan cloud storage ini menyediakan ruang penyimpanan gratis mencapai 10GB. Sayangnya, file untuk mengunggah di aplikasi ini terbatasi, pengguna harus upload file minimal 250 MB.

8. IDrive

9 Aplikasi Cloud Storage © 2021 brilio.net

foto: IDrive

IDrive juga bisa menjadi aplikasi alternatif cloud storage. Aplikasi ini menyediakan ruang penyimpanan yang tak kalah besar lho, sebanyak 5 GB.

Untuk mendapatkan akses simpan file sebanyak 5 TB, pengguna harus mengeluarkan uang lebih. Untungnya, IDrive mengadakan diskon tiap harinya. File yang tersimpan akan dienkripsi terlebih dahulu sehingga hanya pemilik yang bisa melihat dan mengakses file tersebut.

9. Dropbox

9 Aplikasi Cloud Storage © 2021 brilio.net

foto: Dropbox

Terakhir, ada aplikasi bernama Dropbox sebagai cloud storage. Pengguna dapat mengorganisasi file pekerjaan mereka secara aman menggunakan aplikasi ini.

Sayangnya, kapasitas memori yang disediakan hanya sebanyak 2 GB saja. Namun, Dropbox menambahkan ruang memori sebanyak 18 GB jika pengguna berhasil mengajak teman-teman sebanyak 32 orang menggunakan aplikasi ini. Dropbox bisa diakses dimanapun seperti laptop, Android, dan iOS.

*

INFOGRAFIS APLIKASI CLOUD STORAGE UNTUK SIMPAN FILE ONLINE © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS APLIKASI CLOUD STORAGE UNTUK SIMPAN FILE ONLINE-© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan

(brl/pep)

(brl/pep)