Brilio.net - Virus dan malware jahat merupakan sesuatu yang perlu dihindari bagi para pengguna perangkat komputer maupun laptop. Pasalnya, banyak sekali dampak dari itu, seperti terancamnya keamanan data dari pengguna.

Untungnya, sekarang telah banyak diciptakan aplikasi antivirus untuk melindungi pengguna dari virus komputer. Tentunya, dengan aplikasi-aplikasi penangkis virus ini akan membuat komputer kamu semakin aman dan tahan lama.

Sobat Brilio tak perlu khawatir apabila aplikasi ini berbayar atau tidak, karena kali ini brilio.net akan membagikan deretan aplikasi-aplikasi antivirus untuk komputer yang bisa diakses secara cuma-cuma alias gratis. Tanpa berlama-lama lagi, dihimpun brilio.net dari beragam sumber pada Selasa (30/11), berikut rekomendasi aplikasi antivirus untuk perangkat Windows yang bisa dinikmati secara gratis.

1. Avast

9 Aplikasi antivirus PC gratis © 2021 brilio.net

foto: Avast

Perihal membasmi virus hingga memulihkan PC dari malware jahat, Avast bisa menaklukannya. Aplikasi yang sangat dikenal di kalangan antivirus terpercaya ini kaya akan fitur-fitur proteksinya yakni WiFi Inspector, Smart Scan, Game Mode, hingga CyberCapture.

2. Kaspersky Security Cloud

9 Aplikasi antivirus PC gratis © 2021 brilio.net

foto: Kaspersky

Selain Avast, Kapersky Security Cloud juga bisa dijadikan opsi lain aplikasi pembasmi virus pada komputer. Sebab, aplikasi ini sangat sederhana, sehingga mudah dalam mengakses segala fiturnya. Terlebih, banyak fitur-fitur pendukung seperti Core Protection hingga Secure Connection akan menjamin pemakaian komputer menjadi lebih aman dari virus berbahaya.

3. Avira

9 Aplikasi antivirus PC gratis © 2021 brilio.net

foto: Avira

Telah dikenal lama sebagai antivirus yang andal, Avira senantiasa membantu komputer kamu dalam membersihkan virus yang ada. Dengan memakan kapasitas memori ringan, kamu bisa mendapat sederet fitur seperti Protection Cloud untuk mengecek malware pada file hingga Browser Tracking Blocker untuk mewaspadai link yang illegal.

4. AVG

9 Aplikasi antivirus PC gratis © 2021 brilio.net

foto: AVG

Antivirus gratis selanjutnya adalah AVG Free Antivirus. Fitur yang diusung cukup banyak, yakni Real-time Security Updates dan Web Protection. Oleh karena itu, AVG bisa dijadikan untuk memperlancar kinerja komputer kamu.

5. Bitdefender

9 Aplikasi antivirus PC gratis © 2021 brilio.net

foto: Bitdefender

Selanjutnya ada aplikasi antivirus bernama Bitdefender. Aplikasi ini mengusung fitur antara lain Anti Phising, On-demand Virus Scanning untuk membersihkan file jahat, dan Anti-Fraud untuk memonitori situs-situs website yang pengguna akses.

6. Panda Cloud Antivirus

9 Aplikasi antivirus PC gratis © 2021 brilio.net

foto: Panda Cloud Antivirus

Sesuai dengan namanya, Panda Cloud Antivirus merupakan antivirus yang berasal dari Cina. Bisa diunduh secara ringan, fitur dari aplikasi antivirus satu ini bukan embel-embel lho. Fitur yang terkenal seperti USB Protection untuk mengawasi aktivitas perangkat USB yang tersambung ke PC hingga Real-times updates.

7. 360 Total Security

9 Aplikasi antivirus PC gratis © 2021 brilio.net

foto: 360 Total Security

Dengan fitur banyak dan lengkap, 360 Total Security bisa dijadikan pilihan lain dalam pembersihan file-file yang tak diinginkan di PC. Realtime Detection, Intelligent Blocking, hingga Document Protector akan menjamin komputer kamu semakin aman.

8. Adaware Antivirus

9 Aplikasi antivirus PC gratis © 2021 brilio.net

foto: Adaware Antivirus

Selain itu, Sobat Brilio juga bisa menggunakan Adaware Antivirus untuk membasmi file jahat pada PC atau laptop. Merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk pengguna perangkat Windows, Adaware menyediakan banyak fitur di dalamnya seperti Email Protection, Parental Control, hingga Real-time Protection.

9. Sophos Home

9 Aplikasi antivirus PC gratis © 2021 brilio.net

foto: Sophos Home

Sophos Home bisa dijadikan aplikasi alternatif bagi kamu yang sedang mencari-cari aplikasi antivirus. Dengan fitur yang serbaguna, aplikasi ini merupakan salah satu antivirus terbaik. Fitur seperti Parental Website Filtering untuk mengawasi konten untuk anak-anak hingga Predictive AI Threat Detection untuk menganalisis malware baru yang mengancam laptop kamu.

*

INFOGRAFIS APLIKASI ANTIVIRUS PC GRATIS © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS APLIKASI ANTIVIRUS PC GRATIS
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan