Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi jika smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni kerap menjadi incaran pengguna muda. Wajar sih, anak muda kerap merekam berbagai momen dan aktivitas yang mereka jalani baik lewat foto maupun video.

Apalagi merekam foto atau video menggunakan smartphone jauh lebih mudah. Terlebih, saat ini smartphone merupakan perangkat “wajib” yang harus selalu dibawa agar tetap terhubung dengan teman dan berselancar di internet.

Makanya jangan heran jika ada anggapan saat ini semua orang bisa menjadi fotografer atau videographer, cukup menggunakan smartphone. Nah berikut beberapa alasan mengapa anak muda memilih merekam segala momen dan aktivitas dengan smartphone.

1. Selalu dibawa

9 Alasan anak muda lebih memilih kamera smartphone © 2021 brilio.net

Saat ini smartphone merupakan perangkat yang selalu dibawa anak muda. Setidaknya sebagian besar aktivitas mereka selalu bersama smartphone. Mereka dapat menggunakannya kapan pun, terlebih saat menemukan momen yang harus diabadikan. 

Nah karena selalu dibawa dan sering memotret atau merekam video, hal ini membuat pengguna menjadi lebih mahir dalam pengambilan foto atau video. Ibaratnya, perangkat (smartphone) yang digunakan sudah familiar.

2. Mudah digunakan untuk fotografi dan videografi

9 Alasan anak muda lebih memilih kamera smartphone © 2021 brilio.net

Memotret atau merekam video menggunakan smartphone jauh lebih cepat dan mudah. Terlebih, saat ini perangkat lunak pada smartphone bisa melakukan semua yang diinginkan pengguna. Mereka nggak perlu lagi repot mengatur fitur (setting) perangkat. Istilahnya, pengguna hampir tidak perlu memikirkan apa pun. Tinggal ambil smartphone, aktifkan layar, rekam deh momen yang diinginkan.

Apalagi secara ukuran, smartphone jauh lebih kecil dibanding DSLR atau mirrorless. Nah biasanya untuk beberapa momen atau tempat, ada larangan menggunakan kamera digital. Sementara ketika kamu menggunakan smartphone, tidak terlalu menyolok saat mengambil gambar atau merekam video.

3. Berbagi foto atau video lewat ponsel lebih mudah

9 Alasan anak muda lebih memilih kamera smartphone © 2021 brilio.net

Berbagi foto atau video melalui media sosial sudah menjadi kebiasaan umum. Hal ini dengan mudah dilakukan menggunakan smartphone. Memang sih saat ini ada beberapa kamera digital yang memungkinkan pengguna berbagi foto atau video secara online. Tapi tetap saja tidak senyaman ketika menggunakan smartphone.  

4. Menyimpan data, cukup cloud backup 

9 Alasan anak muda lebih memilih kamera smartphone © 2021 brilio.net

Menyadangkan semua foto atau video ke cloud sangat mudah dengan smartphone. Saat terhubung dengan internet, kamu bisa langsung mengirim foto atau video yang diambil ke cloud tanpa harus memikirkannya. Bahkan kamu juga dapat mengaksesnya dari perangkat lain seperti komputer, laptop, atau smartphone.

5. Perangkat serba guna

9 Alasan anak muda lebih memilih kamera smartphone © 2021 brilio.net

Saat ini smartphone bisa dibilang sebagai perangkat jack of all trades. Kamu bisa melakukan banyak hal dengan smartphone, tidak hanya mengambil foto dan video atau terkoneksi. Kamu bisa menggunakan smartphone untuk membantu meningkatkan keterampilan fotografi. Ada berbagai macam aplikasi fotografi yang berguna untuk diunduh.

6. Monitor lebih besar

9 Alasan anak muda lebih memilih kamera smartphone © 2021 brilio.net

Lebih mudah untuk melihat apa yang kamu potret atau rekam dengan menggunakan smartphone. Dibanding kamera digital, layar smartphone jauh lebih besar. Hal ini membuat kamu bisa melihat apakah jepretan kamu fokus. Karena itu membuat foto atau merekam video menggunakan monitor smartphone jauh lebih mudah bagi banyak orang.

7. Edit foto atau video jadi lebih cepat

9 Alasan anak muda lebih memilih kamera smartphone © 2021 brilio.net

Saat ini ada beberapa aplikasi pengeditan foto atau video untuk smartphone. Melalui aplikasi ini kamu dapat memfilter dan menyesuaikan gambar dengan cepat sebelum mengirimkannya ke teman atau media sosial. Kamu juga bisa menyiptakan gaya sendiri misalnya menggunakan filter tertentu ke dalam foto atau video.

8. Lebih gampang untuk swafoto

9 Alasan anak muda lebih memilih kamera smartphone © 2021 brilio.net

Berswafoto menggunakan smartphone jauh lebih mudah dibanding kamera digital. Meskipun beberapa kamera digital memiliki monitor yang dapat disesuaikan, smartphone seringkali lebih mudah digunakan untuk swafoto.

Saat swafoto menggunakan smartphone, memungkinkan kamu melihat seperti apa penampilan sebelum mengambil gambar. Lensa lebar pada smartphone juga memberi kamu kemampuan untuk mengambil foto dari jarak dekat sambil digenggam.

9. Fitur bokeh flare potrait video

9 Alasan anak muda lebih memilih kamera smartphone © 2021 brilio.net

Satu lagi fitur yang kini banyak digemari anak muda, kemampuan efek bokeh pada hasil jepretan smartphone. Efek bokeh disukai karena bisa membuat gambar atau video lebih artistik.

Nah ngomongin fitur yang satu ini, Oppo Reno6 yang bakal segera meluncur di Indonesia, bocorannya sih akan menyematkan fitur bokeh flare portrait yang dapat membuat pengambilan video dengan latar belakang bokeh yang dinamis dalam kondisi sarat lampu namun tetap menjaga subjek tampil terang dan jelas. Jadi nggak ada lagi tuh istilah backlight.  

Fitur ini sebelumnya sudah diperkenalkan pada Reno4 dengan nama night flare portrait. Ini adalah fitur yang didukung algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh yang menghasilkan efek lampu artistik pada bagian latar belakang subjek foto. Efek ini akan lebih jelas terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan saat kondisi mulai gelap dan pada lokasi yang sarat dengan lampu.

Yang membedakan pada perangkat Reno6, fitur ini ditingkatkan dari yang dahulu diperkenalkan hanya khusus untuk mengambil foto, dengan algortima terbaru fitur ini kini dapat digunakan untuk mengambil perekaman video.

9 Alasan anak muda lebih memilih kamera smartphone © 2021 brilio.net

Prinsipnya fitur bokeh flare portrait pada Reno6 hampir sama dengan fitur night flare portrait. Jadi ketika Reno6 mengambil video pada kondisi latar belakang yang syarat dengan lampu, secara otomatis melalui algoritma kecerdasan buatan perangkat akan menampilkan bokeh yang dinamis yang kaya warna namun tetap membuat subjek pada video dalam kondisi yang terang dan juga jelas.

Oh iya, Oppo Reno6 dari sisi tampilan muka mengusung layar berjenis single punch-hole dengan jarak tepian frame yang terlihat tipis. Desain Reno6 masih membawa 3D Curved pada bagian samping. Disamping itu perangkat yang tampil dalam warna hitam terlihat dengan finishing matte dan warna. Ini merupakan perpaduan antara gradasi biru muda kehijauan dan warna peach terang.