Brilio.net - Bagi sebagian orang, bermain game online seakan menjadi candu. Nggak hanya anak-anak, orang dewasa juga betah menghabiskan waktu berlama-lama menatap layar gadget melakukan aktivitas menghibur ini. Bermain game lewat PC, smartphone, maupun konsol kini semakin marak dan meluas.

Terlebih pada era digital, bermain game bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja lewat smartphone. Game bisa digunakan sebagai sarana menyegarkan pikiran usai jenuh dengan rutinitas. Layaknya media sosial, game juga bisa membuat seseorang terhubung satu sama lain. Menariknya, memainkan game pada era serba canggih ini tak harus berinteraksi dengan orang asli, melainkan bisa juga semacam robot.

Nah untuk mendukung aktivitas itu, jaringan jadi salah satu faktor penting dalam bermain gaming smartphone. Pasalnya, pencapaian gamer dalam suatu permainan ditentukan oleh kualitas sinyal yang mendukung. Apalagi kini layanan 5G telah resmi meluncur di Indonesia, tentu para gamer perlu mempersiapkan beberapa hal agar merasakan gaming smartphone bak main di konsol.

Nah, apa saja persiapannya? Berikut ulasannya sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/6).

1. Langganan layanan subskripsi cloud gaming.

Sambut 5G, ini 4 persiapan gaming smartphone bak main di konsol berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Persiapan pertama yakni langganan layanan subskripsi cloud gaming, yakni layanan bermain game berbasis video streaming dan file streaming. Untuk memainkan game yang tersedia di cloud gaming ini, pengguna tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Pengguna bisa langsung memilih game yang diinginkan secara praktis. Tentu teknologi ini akan memudahkan seseorang memainkan game kesayangan.

Tapi perlu diingat, ya, layanan subskripsi cloud gaming ini membebankan biaya bulanan. Namun dengan harga itu, kamu bisa melakukan streaming ke perangkat apa pun termasuk smartphone.

2. Konfigurasikan aplikasinya ke dalam smartphone.

Sambut 5G, ini 4 persiapan gaming smartphone bak main di konsol berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kamu bisa mengatur konfigurasi agar smartphone nyaman untuk gaming, seperti mematikan aplikasi background, memastikan jaringan 5G lancar, menghidupkan game mode, dan menyesuaikan setting aplikasi cloud gaming sesuai kemampuan gadget.

Kamu juga bisa membuang file-file sampah yang tidak berguna. Pasalnya, smartphone bisa bekerja lebih maksimal jika file sampah dan cache ini dibersihkan secara rutin. Selain itu, kamu bisa menghilangkan aplikasi yang tidak penting dengan meng-uninstallnya. Salah satu hal terpenting yang jangan sampai terlewatkan yakni melakukan update aplikasi gamenya.

3. Siapkan koneksi 5G.

Sambut 5G, ini 4 persiapan gaming smartphone bak main di konsol berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Secara teoritis, kecepatan data puncak untuk jaringan 5G yang matang sepenuhnya adalah 10Gbps untuk downlink dan 10Gbps untuk uplink. Angka yang fantastis ini akan sangat bermanfaat dalam penggunaan AR seperti saat menggunakan smartphone 5G, yaitu Oppo A74 5G. Spesifikasi Oppo A74 5G sudah sangat mendukung untuk aktivitas bermain game.

Oppo A74 5G jadi perangkat pertama di Indonesia mengusung chipset Qualcomm® Snapdragon™ 480 5G yang menghadirkan peningkatan 100% dibanding prosesor generasi sebelumnya. Oppo A74 5G menawarkan layar LCD 90Hz Hyper Color Screen 6.49 inci dengan desain single punch hole yang memiliki resolusi FHD dan rasio layar 90,5%. Dengan layar Hyper-color, pengguna dapat melihat tampilan layar lebih cerah dan jernih. Dengan demikian, gambar akan ditampilkan dalam saturasi dan akurasi warna yang lebih tajam dibandingkan dengan lini seri A sebelumnya.

Oppo A74 5G juga memiliki kecepatan refresh rate 90Hz dan 180Hz touch sampling rate guna memberikan respons sentuhan yang lebih baik, terutama saat digunakan scrolling di media sosial dan bermain game bersama saudara.

Kapasitas baterai Oppo seri ini juga besar, yakni 5.000 mAh. Oppo A74 5G juga dilengkapi dengan teknologi Dirac 2.0 yang memungkinkan perangkat memberikan kualitas suara seperti efek suara Dolby. Ini bisa memberikan pengalaman streaming film, multitasking produktivitas, hingga gaming dengan maksimal. Nah, untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa klik di sini

4. Menggunakan attachment controller.

Sambut 5G, ini 4 persiapan gaming smartphone bak main di konsol berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Ingin memiliki pengalaman bermain gaming smartphone yang makin seru? Ternyata ada aksesori pendukungnya, lho. Ya, kamu perlu menggunakan attachment controller atau gamepad. Aksesori ini bisa membuat sensasi game makin terasa seru seolah-olah sedang bermain game konsol.

Tak dipungkiri terkadang ada beberapa game yang sulit dimainkan menggunakan touch screen pada smartphone. Nah, kini controller tak hanya yang berkabel, tapi juga ada tipe wireless menggunakan bluetooth. Dengan controller, bakalan membuat kemampuan main game kamu jadi makin pro bak main konsol.