Brilio.net - Mendengarkan lagu saat ini sudah jadi kebutuhan masyarakat. Misalnya saja saat bekerja, olahraga, atau bahkan saat sedang bersantai di rumah, mendengarkan lagu juga bisa membuat kita relaks.

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mendengarkan lagu. Ada yang suka dengan sound besar sehingga mendengarkan lagu secara keras, ada juga yang cukup mendengarkan lagu dengan earphone.

Bagi mereka yang suka mendengarkan lagu dengan earphone, tentu membutuhkan perangkat dengan kualitas bagus. Earphone sendiri banyak jenisnya, ada yang mengenakan kabel ada juga yang menggunakan bluetooth.

Melihat kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi terhadap earphone, membuat banyak perusahaan gadget meluncurkan produk earphone teranyar mereka. Salah satunya adalah Samsung yang sudah banyak mengeluarkan earphone dengan kualitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Baru-baru ini, brand elektronik asal Korea itu meluncurkan perangkat earphone True Wireless Stereo (TWS). Perangkat yang dimaksud adalah Galaxy Buds2.

Perangkat baru ini merupakan penerus dari Galaxy Buds generasi pertama yang dihadirkan Samsung pada 2019 lalu yang kemudian disempurnakan oleh hadirnya Galaxy Buds Plus dan Galaxy Buds Pro namun di harga yang lebih terjangkau.

Belum lama ini, brilio.net pun berkesempatan untuk mereview perangkat terbaru tersebut. Penasaran dengan ulasan review Galaxy Buds2? Berikut ulasannya, Jumat (24/9).

1. Kelengkapan perangkat

Fakta tentang Galaxy Buds2 © 2021 brilio.net

foto: brilio.net/Syifa Fauziah

Sama seperti perangkat pendahulunya, earphone ini memiliki paket yang lengkap dalam satu box-nya. Terdapat satu perangkat earphone yang dilengkapi dengan kabel charger type-C dan juga buds cadangan yang bisa mengganti atau untuk menyesuaikan lubang telinga pemiliknya. Ada juga booklet berisi panduan manual dan kartu garansi.

2. Desain yang cantik

Fakta tentang Galaxy Buds2 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@samsungindonesia

Dari seri Gakaxy Buds sebelumnya, perangkat tersebut memiliki desain yang simple nan elegan. Model sebelumnya memiliki warna yang beragam dari segi case, namun untuk perangkat ini hanya menggunakan satu warna pada casenya yakni putih. Namun di bagian dalamnya memiliki warna yang beragam, mulai dari ungu, olive, hitam, dan putih. Warna-warna tersebut bisa disesuaikan dengan kepribadian kamu.

3. Konsep buds yang earable

Fakta tentang Galaxy Buds2 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@samsungindonesia

Dari desain budsnya sendiri, perangkat ini memiliki desain yang earable, maksudnya adalah lebih mudah untuk masuk ke telinga. Konsep in-ear ini membuat penggunanya lebih nyaman dan tidak merasa sakit saat menggunakannya.

Brilio.net pun sempat mencoba langsung perangkat tersebut. Saat memasangkan perangkat tersebut ke telinga, terasa lebih nyaman dan masuk ke telinga sehingga tak khawatir akan jatuh saat menggunakannya.

4. Fitur yang beragam

Fakta tentang Galaxy Buds2 © 2021 brilio.net

foto: brilio.net/Syifa Fauziah

Perangkat ini juga memiliki fitur unggulan, yakni Active Noise Cancellation alias ANC. Seperti namanya, fitur sangat bisa membantu pengguna dalam meredam suara bising di sekitar mereka. Brilio.net pun sempat mencoba perangkat tersebut, dan benar saja saat memasangkan perangkat itu ke telinga langsung kedap suara dari luar sehingga lebih nyaman saat mendengarkan musik.

5. Suara yang dihadirkan sangat jernih

Fakta tentang Galaxy Buds2 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@samsungindonesia

Perangkat ini bisa dikoneksi dengan bluetooth yang ada di Android maupun IOS lewat aplikasi wearable. Dengan aplikasi tersebut pengguna bisa mengatur karakteristik suara dengan enam preset (Soft, Dynamic, Bass boost, Clear, Treble boost dan Normal), mengaktifkan dan menonaktifkan fitur penghilang kebisingan aktif atau Active Noise Cancelling (ANC), mengeluarkan pembaruan software dan memilih apa yang dilakukan dengan mengetuk tombol kapasitif perangkat

Ada juga fitur pengaturan ketukan pada setiap buds untuk menjeda atau melanjutkan pemutaran. Ketuk dua kali akan memainkan lagu berikutnya, ketuk tiga kali untuk memutar lagu sebelumnya dan pengaturan lainnya yang bisa dengan mudah dikustomisasi pengguna.

Namun menurut brilio.net, fitur ketukan di perangkat tersebut terlalu sensitif sehingga saat akan memasang atau membenarkan posisi earphone sering tertekan tombol pause.

6. Tahan percikan air

Fakta tentang Galaxy Buds2 © 2021 brilio.net

foto: brilio.net/Syifa Fauziah

Untuk perangkat TWS baru ini, Samsung membekali Galaxy Buds2 dengan sertifikat IPX2 yang berarti earphone TWS kali ini sudah tahan percikan air jika digunakan saat berkeringat kala diajak berolahraga atau tak sengaja kehujanan. Namun bila hujan deras, sebaiknya penggunaan perangkat tersebut segera dilepas yah.

7. Daya tahan baterai

Fakta tentang Galaxy Buds2 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@samsungindonesia

Untuk urusan baterai tak perlu khawatir, perangkat ini dibekali daya baterai hingga 20 jam apabila ANC dalam kondisi menyala. Kemampuannya bahkan bisa bertahan 29 jam jika ANC dalam keadaan tidak menyala.

8. Harga terjangkau

Fakta tentang Galaxy Buds2 © 2021 brilio.net

foto: brilio.net/Syifa Fauziah

Dengan beragam fitur dan desain yang menarik, perangkat ini memiliki harga yang terjangkau dibanding pendahulunya. Samsung menawarkan harga untuk satu perangkat Galaxy Buds2 yakni Rp 1.669.000.