Brilio.net - Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern, terutama para generasi millenial dan Gen-Z. Melalui aplikasi berbasis internet tersebut, generasi muda bisa berbagi konten, berkomunikasi secara cepat, serta mengembangkan kreativitas mereka baik melalui berbagai kolaborasi ataupun secara individu.

Sayangnya, beberapa penelitian menunjukkan kalau penggunaan media sosial ini justru menimbulkan beberapa dampak negatif, di antaranya menurunnya minat baca. Padahal kegiatan membaca ini bisa memengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami informasi dan berpikir kritis.

Oleh sebab itu, Kwikku hadir untuk menjadi sebuah platform media sosial yang menunjang kebutuhan bacaan para millenial dan Gen Z. Kwikku merupakan sebuah platform media sosial yang diinisiasi pada 26 September 2013 oleh para mahasiswa di Malang.

Berikut fakta menarik tentang Kwikku yang perlu kamu tahu.

1. Karya anak negeri.

Loading...

Aplikasi ini dirancang oleh para mahasiswa di Malang yakni Hamdi Musaad dan tim, untuk bisa menciptakan sebuah aplikasi digital yang bisa bersaing dan dibanggakan anak negeri.

2. Terfokus untuk generasi millenial.

Sejak 2019, aplikasi ini kemudian dikembangkan untuk memfasilitasi kebutuhan literasi para generasi millenial dan Gen-Z mengembangkan kreativitas.

3. Ada empat fitur yang bisa diakses oleh para pengguna.

Platform digital ini memiliki empat fitur yang bisa diakses oleh para pengguna, mulai dari media sosial, novel, webtoon, dan KNOW (Kwikku Now).

4. Bekerjasama dengan banyak penerbit.

Paltforn ini bekerjasama dengan para penerbit seperti Mizan Publishing, Noura Publishing, Bentang Pustaka, Melvana Group, dan Falcon Publishing. Jadi, bagi kamu yang memang sekadar ingin membaca novel dari berbagai genre bisa dengan platform ini.

5. Belajar menulis untuk penulis pemula.

Kwikku juga membuka peluang yang sangat besar kepada para penulis untuk menuangkan bakatnya dan mendapatkan penghasilan dari tulisan mereka. Untuk penulis baru tidak perlu takut mengunggah naskahnya ke platform Kwikku, karena akan ada editor khusus yang membantu dalam proses penulisan novel barunya.

Selain itu, bagi yang suka menulis komik juga disediakan fasilitas bagi para kreator muda yang ingin menunjukkan karyanya dan menghasilkan uang.

6. Cara mengakses.

Bacaan dalam fitur Novel dan Webtoon di Kwikku dapat diakses secara GRATIS, kecuali untuk judul-judul dalam section pay for no delay dan premium. Pembelian judul-judul dalam section tersebut pun bisa dilakukan dengan sangat mudah. Cukup membayar dengan menggunakan dompet digital via Gopay, Ovo, Dana, dan Link Aja!

7. Menggelar kompetisi.

Di tengah pandemi corona sekarang ini, Kwikku juga menggelar kompetisi untuk generasi muda berkarya melalui kompetisi novel dan webtoon dengan mengusung tema #BERKARYADIRUMAHAJA.

Kompetisi menulis ini dibuka pada 24 April hingga 23 Juli 2020. Nantinya pemenang akan diumumkan bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2020.

"Ini menarik karena orang yang suka menulis sudah bahagia kalau dia bisa menulis. Sudah disediakan event, tempatnya, otomatis jadi tambah bahagia lagi kan. Dengan event ini semangatnya terpacu lagi dengan hadiahnya. Terlepas hadiahnya, bisa ikut serta dalam lomba mereka pasti senang," kata Faradita penulis best seller selaku juri saat konferensi pers virtual, baru-baru ini.

Sebagai juri, Faradita akan melihat tulisan yang dapat membuat pembacanya masuk ke dalam imajinasi tulisan itu sendiri.

"Aku enggak perlu cerita yang harus anti mainstream cukup dari pembawaannya dan konflik yang dibawakan bisa nyampain ke dalam hati kita. Maksudnya saat kita baca ceritanya kita lupa sama hal lain, kita hanyut dalam ceritanya," ungkapnya.

Selain Faradita, kompetisi ini juga menghadirkan juri lainnya yang berbakat di bidangnya masing-masing seperti para penulis bestseller—A.Fuadi, Dee Lestari, Bayu Permana, Luluk Hf yang siap untuk memberikan penilaian dalam kompetisi novel. Sementara di kategori Webtoon kreator muda berbakat seperti Faza Meonk, Sweta Kartika, HelloDitta hingga para komikus legendaris seperti Gerdi WK dan Lan Kelana siap memberikan penilaian mereka.

8. Total hadiah ratusan juta.

Tak hanya kompetisi yang karyanya akan diterbitkan di penerbit besar dan juga platform Kwikku, tapi para pemenang juga akan mendapatkan uang tunai yang total hadiahnya senilai Rp 500 juta dibagi dalam beberapa kategori.