Brilio.net - Dewasa ini, game baru semakin marak bermunculan di setiap tahun. Secara berkala, game-game ini menampilkan gambar grafis yang terlihat seperti nyata. Banyak gamer laptop atau PC yang menanti-nanti game dengan tampilan visual yang real ini.

Namun, semakin realistis grafis yang dipakai suatu game, maka akan semakin memerlukan komponen laptop yang lebih canggih dan mahal pula. Diperlukan laptop dengan spesifikasi mumpuni atau khusus untuk menunjang permainan game berat dan epik zaman now.

Bagi kamu yang hendak membeli laptop untuk keperluan gaming, perlu dicatat ada beberapa spesifikasi khusus yang harus diketahui. Spesifikasi ini terdiri dari komponen-komponen tertentu yang membantu kelancaran bermain game.

Untungnya, sekarang telah banyak laptop gaming agar kamu lebih mudah memilihnya sesuai dengan gadget dan kebutuhan. Dikutip brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (23/12), berikut 7 komponen penting yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli laptop gaming.

1. Prosesor canggih

7 Komponen penting laptop gaming © 2021 brilio.net

foto: AMD.com

Salah satu penunjang untuk bermain game berat dengan lancar di laptop adalah prosesor yang canggih. Bila diistilahkan dengan manusia, prosesor merupakan otak (brain) dari laptop yang mengirimkan instruksi ke setiap perangkat keras pada komputer. Karenanya, pastikan kamu memiliki prosesor dengan kualitas baik agar, main game di laptop lancar.

Saat ini, ada dua prosesor yang terkenal dan dipercaya oleh gamer yaitu Intel dan AMD. Tiap prosesor memiliki generasi yang berbeda-beda. Namun perlu diketahui bahwasannya semakin tinggi level generasinya semakin canggih pula prosesor yang didapat.

2. Kartu grafis mumpuni

7 Komponen penting laptop gaming © 2021 brilio.net

foto: NVIDIA

Selain prosesor, komponen yang nggak kalah penting adalah dengan memilih kartu grafis mumpuni. Kartu grafis diperlukan untuk tampilan game dengan grafis yang bagus bisa diproses dengan lancar oleh laptop yang kamu gunakan.

Ada dua kartu grafis yang paling populer diketahui pecinta laptop gaming yaitu NVIDIA dan AMD. Beberapa kartu grafis besutan NVIDIA adalah GeForce GTX 1080 dan GeForce RTX 2070. Untuk AMD adalah Radeon R7 M45X.

3. Unit penyimpanan data dan file yang besar

Game berat dengan tampilan visual yang real memiliki bobot memori yang tinggi. Untuk itu, pastikan laptop yang hendak kamu beli mengusung ruang penyimpanan data dan file yang besar. Kamu bisa memanfaatkan harddisk HDD (hard disk drive) untuk menyimpan data game yang ingin kamu mainkan.

Namun selain hardisk, terdapat unit penyimpanan yang lebih efisien bernama SSD (solid state drive). Tingkat kerapatan SSD lebih tinggi, sehingga mengonsumsi daya lebih kecil dengan kapasitas penyimpanan yang lebih luas.

4. Daya baterai kuat

Laptop gaming merupakan perangkat yang membutuhkan daya tahan baterai besar. Apalagi di saat pengguna memainkan game berat. Kegiatan ini tentu bakal banyak mengkonsumsi energi baterai dengan jumlah yang sangat besar.

Untuk itu, pastikan kamu memilih baterai yang kuat serta tahan lama sebelum membeli laptop gaming ya. Untuk lebih lengkap, pastikan laptop gaming kamu memiliki kapasitas besar yang mampu menunjang daya lebih awet, seperti 74WH.

5. Audio berkualitas

7 Komponen penting laptop gaming © 2021 brilio.net

foto: Acer

Meskipun nggak semua orang mengutamakan komponen ini, namun audio yang berkualitas juga akan menambah kenyamanan kamu saat bermain game di laptop lho. Untungnya, laptop gaming zaman sekarang sudah banyak mengusung audio yang dikhususkan untuk kenyamanan bermain seperti Acer Predator, Lenovo Legion, hingga ASUS ROG series.

6. Layar dengan kualitas jernih

7 Komponen penting laptop gaming © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Layar atau screen laptop berfungsi untuk menampilkan gambar sembari mengoperasikan laptop. Kualitas layar biasanya menentukan kenyamanan dalam bermain game. Dengan layar lebih luas dan beresolusi FHD 1920 x 1080 atau lebih akan menambah pengalaman bermain kamu di laptop semakin puas.

Selain itu, penentu kejernihan layar juga bisa berasal dari kartu grafis yang kamu pakai. Oleh karena itu, pastikan kamu juga memilih kartu grafis tercanggih untuk kualitas layar yang bagus ya.

7. Ruang penyimpanan RAM besar

7 Komponen penting laptop gaming © 2021 brilio.net

foto: howtogeek.com

Nggak hanya di HP saja, laptop juga perlu RAM yang besar untuk keperluan gaming. Hal ini disebabkan karena RAM merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan ingatan dan instruksi komputer secara sementara. Berbeda dengan harddisk maupun SSD, RAM merupakan alat untuk menerjemahkan instruksi pada laptop secara acak.

Selain digunakan untuk kecepatan dalam multitasking, RAM juga berfungsi untuk mempercepat perhitungan instruksi oleh prosesor, yang mana akan sangat membantu kelancaran performa saat bermain game. Saat ini, terdapat memori RAM rata-rata mulai dari kapasitas 1 hingga 8 GB dengan versi teranyarnya yakni DDR3.

(brl/pep)

(brl/pep)