Brilio.net - Aktivitas menjelajahi dunia internet atau disebut dengan browsing saat ini sangat sering dilakukan. Ada jutaan informasi yang dapat diambil saat berkelana di dunia maya. Bahkan seseorang akan terhubung melalui koneksi jaringan tanpa adanya batas ruang dan waktu.

Saat sedang browsing, tentu kecepatan internet yang kencang sangat diperlukan. Terlebih saat ini terdapat jaringan koneksi 5G yang memberikan kecepatan ekstra daripada teknologi sebelumnya. Bahkan laju dari Upstream maupun Downstream saat ini ada pada titik yang luar biasa. Selain itu, sebuah platform penyedia layanan browsing atau bisa disebut search engine juga berpengaruh besar terhadap kecepatan, dan sistem operasi sebuah perangkat.

Salah satu aplikasi pencarian yang populer adalah Puffin. Aplikasi yang dibentuk oleh Cloudmosa inc ini menjadi salah satu kompetitor dari Chrome, Mozilla Firefox, dan sejenisnya. Ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan Puffin. Oleh karena itu, brilio.net telah merangkum 7 kelebihan dan kelemahan aplikasi Puffin pada Rabu (16/3).

1. Ukuran aplikasi ringan.

Puffin mempunyai ukuran file yang cukup ringan. Dengan begitu aplikasi ini dapat menghemat penggunaan kapasitas penyimpanan perangkat. Bahkan platform ini tidak banyak menyimpan cache, history, dan program lain yang membuat browser semakin terbebani.

2. Didukung oleh teknologi Flash.

Aplikasi browser Puffin sudah mempunyai dukungan dari Flash. Teknologi tersebut dapat diandalkan karena terdapat jutaan situs yang masih mengandalkan Flash. Selain itu Flash juga ikut andil agar website tampak lebih inovatif.

3. Jaminan keamanan tinggi.

7 Kelebihan dan kelemahan aplikasi Puffin, browsing cepat tanpa ngadat © berbagai sumber

foto: play.google.com

Pihak pengembang Puffin memberikan jaminan keamanan kepada pengguna platform. Hal itu dibuktikan dengan aplikasi yang tidak menyimpan begitu banyak cache. Kemudian browser ini juga memberikan proteksi pencegahan agar akun pengguna tidak dibobol oleh para hacker.

4. Kecepatan download kencang.

Puffin memiliki sistem integrasi add-on untuk meningkatkan proses download yang dilakukan. Pengguna tidak perlu menunggu lama saat mengunduh file berukuran besar. Dukungan dari Flash juga sangat membantu menaikkan kecepatan download aplikasi ini.

5. Cepat saat memuat situs halaman website.

7 Kelebihan dan kelemahan aplikasi Puffin, browsing cepat tanpa ngadat © berbagai sumber

foto: play.google.com

Platform ini dinilai mempunyai kemampuan untuk menjelajahi internet dengan kecepatan maksimal jaringan. Selain itu aplikasi Puffin memiliki mesin JavaScript tercepat. Bahkan aplikasi ini mendukung untuk streaming video tanpa adanya kendala lag.

6. Kapasitas unduh cloud yang besar.

Puffin dapat mendownload file ke Cloud hingga 1GB per file. Ukuran tersebut cukup besar. Mengingat file yang tersimpan di Cloud mempunyai ukuran yang beraneka macam.

7. Memiliki fungsi tambahan.

Browser ini mempunyai fungsi tambah untuk membantu para penggunanya. Tambahan yang dimaksud seperti Evernote, Facebook, Translate, Pocket, dan masih banyak lagi. Selain itu pada aplikasi Puffin juga terdapat Trackpad dan Gamepad virtual yang menarik.

Dari berbagai keunggulan aplikasi Puffin untuk browsing, ada juga loh kekurangannya. Yuk, simak kelemahan dari aplikasi Puffin.

1. Puffin telah dilarang atau terblokir di beberapa negara. Negara yang melakukan blokir antara lain China, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

2. Web Browser Puffin berpusat di Amerika Serikat. Oleh karena itu cloud server hanya bisa diakses oleh situs website publik asal negara USA saja.

3. Keterbatasan dengan konten lokal. Bagi pengguna di luar negara Amerika tentu akan mengalami hambatan mengakses website lokal. Hal tersebut karena keterbatasan geografis negara. Namun tenang, bagi pengguna Puffin Indonesia masih bisa mengakses konten lokal karena server lain aplikasi ini berada di Singapura.