Brilio.net - WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan paling populer di seluruh dunia. Dilansir dari indianexpress.com, statistik resmi terakhir dari perusahaan WhatsApp mengungkapkan saat ini ada lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Sedangkan berdasar dari We Are Social dan Hootsuite, tercatat 83 persen pemakai internet Indonesia adalah pengguna aktif WhatsApp. Hal itu pun juga diungkap oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti. Saat ini pengguna internet Indonesia bisa mencapai 171 juta jiwa.

"Delapan puluh tiga persen pengguna internet di Indonesia adalah pengguna WhatsApp karena aplikasi WhatsApp bisa menghubungkan antarmasyarakat," tutur Niken di peluncuran program Literasi Privasi dan Keamanan Digital di Kantor Kemkominfo, Jakarta, dilansir dari Liputan6.com.

Bagaimana tidak, demi mempertahankan posisi teratasnya, perusahaan WhatsApp terus menyediakan beragam fitur baru untuk penggunanya. Dengan adanya banyak fitur tersebut, bisa menambah pengalaman pengguna dan secara keseluruhan ber-chatting ria tambah seru. Perusahaan juga terus menguji sejumlah fitur pada aplikasi beta untuk Android dan iOS, yang juga segera masuk ke aplikasi utama.

Namun tahukah kamu dari sekian banyak fitur, ada beberapa fitur paling populer yang sering digunakan para pengguna. Nah, apa saja itu? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (24/1).

Loading...

1. Pesan teks.

Fitur WhatsApp populer dunia freepik.com

foto: pixabay.com

Fitur pertama yang paling favorit tentu saja adalah pesan teks. Terlihat standar, tapi fitur yang satu ini merupakan fitur utama pada WhatsApp. Tanpa adanya pesan teks, fungsi utama WhatsApp tidak akan ada gunanya. Di dalam pesan teks sendiri tersedia macam-macam fitur tambahan yang bikin kamu tambah asyik ber-chatting ria.

2. Gesek untuk membalas pesan.

Fitur WhatsApp populer dunia freepik.com

foto: pixabay.com

Kemudahan untuk membalas pesan menjadi salah satu keunggulan dari WhatsApp. Terutama buat kamu yang ingin membalas pesan melalui grup. Kamu hanya cukup menggesek pesan yang dikirim ke arah kanan, secara otomatis balasan yang kamu ketikkan akan langsung tertuju padanya. Teknik ini sangat menarik selain dengan cara menekan pesan lalu menahannya.

3. Panggilan WhatsApp.

Fitur WhatsApp populer dunia freepik.com

foto: pixabay.com

Salah satu poin penting penggunaan WhatsApp adalah murah meriah. Selain menyuguhkan pelayanan gratis, kamu bisa bercengkrama dengan rekan melalui pesan teks atau telepon. Nggak perlu pusing dan takut mahal, karena telepon melalui WhatsApp hanya dikenakan biaya kuota standar seperti pemakaian WhatsApp pada umumnya.

4. Status.

Fitur WhatsApp populer dunia freepik.com

foto: pixabay.com

Kecanggihan WhatsApp kian merambah seperti media sosial. Nggak lagi hanya bisa digunakan untuk perpesanan, tapi juga bisa digunakan untuk berbagi cerita dengan rekan di dalam kontak handphone. Status ini tersedia selama 24 jam. Setelah itu, status akan dengan sendirinya terhapus secara otomatis.

5. Mematikan notifikasi.

Fitur WhatsApp populer dunia freepik.com

foto: pixabay.com

Kamu yang sudah lama menjadi pengguna WhatsApp mungkin sudah sering dimasukkan banyak grup. Ada perasaan tidak enak kalau kamu ingin keluar dari grup. Tapi jika tidak keluar, notifikasi atau pemberitahuan obrolan di grup sering mengganggu. Nah, selain mengatur siapa saja yang bisa mengundangmu di grup, kamu juga bisa mematikan notifikasi WhatsApp.

Buat notifikasi jadi bisu, maka semua berisik akan hilang secara ajaib. Notifikasi bisu ini tersedia dalam jangka waktu berbeda-beda. Kamu bisa memilih selama 8 jam, 1 minggu, atau bahkan hingga 1 tahun. Dilansir dari financialexpress, kesempatan untuk bersantai setelah membisukan notifikasi sangat besar dan tak tertandingi. Itulah sebabnya ini menjadi salah satu fitur utama dan populer dari WhatsApp.

6. Pengamanan dengan sidik jari.

Fitur WhatsApp populer dunia freepik.com

foto: freepik.com

Belum lama ini WhatsApp membawa fitur otentikasi sidik jari ke aplikasi Android. Fitur ini sebelumnya juga sudah tersedia di iOS. Di mana pengguna dapat membuka kunci obrolan menggunakan 'ID sentuh' (jari) atau 'ID wajah'.

Dengan fitur ini, bisa menambah kenyamanan dan privasi bagi pengguna. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu cukup menuju ke opsi Pengaturan WhatsApp, lalu pilih menu Akun, kemudian Privasi, dan terakhir klik atau pilih Kunci sidik jari.

7. Memutar pesan suara secara berurutan.

Fitur WhatsApp populer dunia freepik.com

foto: freepik.com

Sebelumnya saat kamu menerima catatan suara, harus memutar setiap catatan suara secara terpisah. Cara ini bisa membuat pesan suara diputar tidak berurutan dan hampir tidak ada kesinambungan. Namun, aplikasi pesan instan WhatsApp telah memperkenalkan fitur baru yang akan memainkan semua catatan suara berturut-turut satu demi satu. Dengan adanya fitur ini, bisa menjaga rasa kontinuitas atau berlangsung secara bertahap bagi pengguna.

Cara menghemat kuota saat memakai WhatsApp.

Fitur WhatsApp populer dunia freepik.com

foto: pixabay.com

WhatsApp tidak membuat kuota internet cepat habis. Namun ada beberapa orang yang masih ingin mengirit kuota saat memakai WhatsApp. Ada beberapa cara supaya penggunaan kuota internet lebih hemat lagi saat chattingan pakai WhatsApp. Di antaranya seperti mematikan auto-download, menggunakan fitur Low Data Usage, Mengatur kapa saja WhatsApp melakukan backup chat, dan mematikan background data.