Brilio.net - Zaman dulu berkirim pesan menggunakan surat-menyurat. Kamu harus menulis manual di atas kertas putih menggunakan tinta hitam. Lalu pergi ke kantor pos untuk mengirimkan surat ke alamat tujuan. Seiring perkembangan teknologi, muncullah handphone. Melalui media ini kamu nggak perlu susah payah menulis dan pergi ke kantor pos. Cukup mengetik pesan apa yang ingin kamu sampaikan, lalu klik kirim.

Namun lagi-lagi karena kemajuan zaman, teknologi pun ikut terus berkembang. Sekarang SMS sudah digantikan dengan aplikasi messenger seperti WhatsApp atau WA. Aplikasi WhatsApp bisa digunakan di handphone.

Salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia, WhatsApp memiliki lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia, yang tentunya tak ingin kehilangan pengguna. Aplikasi milik Facebook itu hadir dengan sejumlah pembaruan untuk meningkatkan efisiensinya. Pembaharuan dilakukan setiap tahunnya.

Kini WhatsApp tak lagi hanya digunakan untuk berkirim pesan kepada rekan, tapi juga bisa jadi media bisnis profesional. WhatsApp juga mampu menunjang segala kebutuhan sehari-hari, urusan pekerjaan misalnya. Bahkan WhatsApp juga sudah merilis aplikasi business, yang dikhususkan buat kamu yang ingin berbisnis. Kecanggihan aplikasi business ini salah satunya adalah bisa menjawab costumer atau pelanggan secara manual.

Berbicara mengenai banyaknya fitur baru, ada beberapa fitur yang paling dinantikan segera hadir pada WhatsApp. Pembaharuan fitur dilakukan pada WhatsApp versi beta terlebih dulu. Setelah uji coba berhasil dan dinilai stabil, maka fitur tersebut akan dirilis pada iOS maupun Android.

Loading...

Nah, apa saja fitur baru yang keren dan paling dinanti para pengguna? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (28/1).

1. QR Code.

WhatsApp keren dinanti pixabay.com

foto: Twitter/@ForbesME

QR Code tidak hanya berguna untuk bisa masuk ke dalam versi dekstop atau WhatsApp Web. Dengan scan barcode QR Code ini akan membantumu untuk bisa menambahkan kontak tanpa menyimpan nomor kontak. Cukup hanya dengan scan barcode saja. Scan satu handphone ke handphone rekan, maka secara otomatis kontaknya akan tersimpan.

2. Video boomerang.

WhatsApp keren dinanti pixabay.com

foto: unsplash.com

WhatsApp kini telah tergabung ke dalam perusahan Facebook (FB). Pengguna berharap berbagai fitur yang ada di Facebook maupun Instagram bisa masuk juga ke dalam WhatsApp. Salah satunya adalah fitur video format Boomerang. Sama halnya dengan dua aplikasi saudaranya, fitur status dengan metode Boomerang adalah fitur keren yang paling dinanti banyak pengguna.

3. Menonton Netflix langsung dalam WhatsApp.

WhatsApp keren dinanti pixabay.com

foto: unsplash.com

Pada akhir 2019 lalu, pihak WhatsApp telah melakukan uji coba fitur baru. WhatsApp mencoba memutar video Netflix secara langsung di dalam aplikasinya tersebut. Pengguna dapat menekan tombol play, kemudian video akan dimainkan secara picture-in-picture atau (PiP). Teknik ini berarti video akan dimainkan dalam jendela terpisah, tapi masih berada di dalam aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Namun perlu dicatat, video Netflix yang bisa diputar hanya sebatas trailer saja. Belum bisa menjanjikan memutar film secara utuh.

4. Fitur anti salah kirim foto.

WhatsApp keren dinanti pixabay.com

foto: unsplash.com

Setelah sebelumnya WhatsApp menggulirkan bantuan, yakni memunculkan caption foto sebelum dikirim. Fitur itu menjadi salah satu cara supaya kamu nggak salah kirim foto ke grup. Sayangnya dengan fitur yang sudah ada tersebut, masih saja ada orang yang salah kirim.

Pada versi beta 2.19.173, pengguna WhatsApp tak hanya diberi ruang untuk menuliskan caption, melainkan juga dapat melihat daftar nama di bagian kiri bawah. Kehadiran fitur keren ini masuk dalam list fitur yang paling dinanti.

5. Penghancur pesan otomatis.

WhatsApp keren dinanti pixabay.com

foto: unsplash.com

Dilansir dari independent.co.uk, WhatsApp sudah menguji coba fitur penghancur pesan pada akhir 2019 lalu. Fitur ini dimaksudkan supaya dapat menjaga privasi percakapan. Dengan begitu pesan yang telah dikirim akan terhapus otomatis dalam beberapa waktu.

Saat fitur ini diaktifkan, pengguna akan dapat menetapkan batas waktunya. Kamu akan mengirim pesan seperti biasa, tetapi kemudian dihapus. Menariknya lagi, fitur keren ini bisa menghentikan orang menyalin atau copy paste tulisan yang pernah kamu kirimkan. Fitur yang paling dinanti ini sudah tersedia dalam versi beta dari aplikasi Android.

6. Layout album lebih simpel.

WhatsApp keren dinanti pixabay.com

foto: unsplash.com

Pada Juli 2019 lalu, WhatsApp di iOS dijanjikan akan punya layout album lebih simpel. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa menaruh foto pada suatu tempat di WhatsApp Chat. Di dalam album tersebut juga akan muncul tanda sudah berapa gambar yang tersimpan.

Tahap album ini sudah masuk pada pengujian WhatsApp versi beta. Sangat diharapkan ke depannya fitur ini akan segera rilis pada iOS maupun Android.

7. Sumber asli gambar.

WhatsApp keren dinanti pixabay.com

foto: unsplash.com

Fitur ini diprediksi akan segera rilis, yakni reverse image search tool. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat mengetahui dari mana sumber asli foto atau gambar tersebut diterima. Fitur ini bermaksud untuk menjaga keaslian gambar, supaya pengguna tidak mudah termakan hoax atau berita palsu.