Brilio.net - Sebagai pengguna WiFi di rumah, tentu kamu pernah merasakan yang namanya internet lemot. Tentunya, WiFi yang lemot akan membuat pengguna merasa jengkel. Terlebih, apabila di tengah-tengah sedang mengerjakan tugas, rapat kantor secara daring, hingga bermain game online.

Namun sebenarnya apakah ada solusi untuk memperkuat sinyal WiFi yang lemah? Jangan khawatir dulu, karena jawabannya adalah ada. Dengan memperkuat sinyal Wireless Fidelity, kamu bakalan terhindar dari internet yang lag.

Tanpa berlama-lama lagi dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (14/12), berikut 7 cara untuk memperkuat sinyal WiFi rumah yang lemah agar internetan semakin lancar:

1. Tempatkan router WiFi pada posisi yang tepat

7 Cara perkuat sinyal WiFi © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Siapa yang menyangka penempatan posisi router merupakan hal yang nggak kalah esensial? Karena di rumah ada berbagai penghalang WiFi seperti tembok hingga perabotan rumah tangga, WiFi akan memungkinkan mengalami penurunan kecepatan. Untuk itu, tempatkanlah router pada daerah di sekitar rumah yang bebas penghalang demi kelancaran kecepatan internet.

2. Jauhkan router dengan peralatan elektronik lain

7 Cara perkuat sinyal WiFi © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Metode mudah lain untuk memperkuat sinyal WiFi di rumah adalah dengan menjauhkan router dengan bahan elektronik lain. Adanya gelombang elektromagnetik akan berpengaruh kepada seberapa kecepatan internet yang diberikan oleh router WiFi. Untuk itu, pastikan kamu menjauhkan peralatan elektronik seperti smartphone, laptop, hingga microwave dari router kamu ya.

3. Jangan lupa untuk restart modem

7 Cara perkuat sinyal WiFi © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Bila kecepatan WiFi kamu mengalami penurunan secara tiba-tiba, kamu bisa mencoba untuk melakukan restart modem. Kemungkinan, penurunan tersebut disebabkan oleh pemakaian yang sudah cukup lama. Untuk itu, cara me-refresh router tersebut adalah dengan menekan tombol on dan menghidupkannya kembali.

4. Gunakan aplikasi penguat sinyal WiFi

7 Cara perkuat sinyal WiFi © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Sekarang telah terdapat banyak aplikasi untuk menguatkan sinyal WiFi yang dapat diunduh secara gratis melalui smartphone. Tujuan utama aplikasi ini adalah untuk mengoptimalkan kecepatan internet dengan penggunaan daya yang tidak bersinergi. Aplikasi yang bisa dipakai adalah Net Optimizer, WiFi Signal Booster, hingga Network Speed Booster.

5. Pantau sistem keamanan WiFi

Apabila kamu memiliki paket internet dengan kecepatan tinggi namun waktu dipakai masih lambat, kamu perlu mengecek sistem keamanan router WiFi kamu. Pasalnya, ada saja kemungkinan WiFi kamu dibobol atau di-hack orang lain. Untuk itu, lakukanlah perubahan password secara berkala dengan penulisan kata sandi yang rumit agar WiFi susah diretas pihak tidak bertanggung jawab.

6. Gunakan channel yang kosong

Siapa sangka memiliki WiFi sendiri di rumah memberikan dampak negatif? Hal ini dikarenakan akan memicu overlap pada jaringan internet karena banyaknya pelanggan lain yang memasang WiFi di sekitar kamu. Oleh karena itu, kendala ini bisa ditangani dengan memilih channel WiFi yang kosong.

7. Gunakan WiFi Repeater untuk menambah jangkauan WiFi

7 Cara perkuat sinyal WiFi © 2021 brilio.net

foto: Engadget

Meski harus mengeluarkan dana lebih, WiFi repeater cukup ampuh bagi kamu yang berjauhan dengan router WiFi ketika mengakses internet. Daripada berlama-lama memanggil teknisi untuk memindahkan posisi router, kamu bisa memanipulasi kendala ini dengan membeli WiFi repeater di toko elektronik terdekat.