Brilio.net - Jaringan yang tak stabil merupakan sesuatu yang menjengkelkan bagi para gamer online. Pasalnya, mereka harus mendapatkan koneksi internet yang baik saat bermain game online. Bila tidak, game akan mengalami lag yang akan mempengaruhi kenyamanan bermain game.

Oleh karena itu, banyak gamer yang benar-benar menjaga tingkat kecepatan internet agar proses bermain tak terganggu. Apalagi bila pemain sudah berlevel dewa, rasanya nggak mau banget koneksi internet jadi putus-putus.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (12/12), inilah 7 cara ampuh yang yang bisa dilakukan gamer online untuk kecepatan internet tetap stabil:

1. Usahakan pakai kabel LAN (ethernet) daripada Wi-Fi.

7 Cara stabilkan internet saat main game online © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Para pemain di PC pasti sudah mengetahui tips yang satu ini. Pasalnya, mereka sudah sadar bahwasannya main game dengan Wi-Fi banyak terjadi lag saat bermain game ketimbang menyambungkan kabel LAN ke laptop atau PC mereka.

Saat memakai Wi-Fi, ada beberapa kondisi yang memungkinkan kecepatan internet tidak sekencang menggunakan kabel LAN seperti Wi-Fi terhalang oleh tembok di rumah, lemah sinyal, jangkauan Wi-Fi yang mungkin saja terlalu jauh dengan perangkat yang terhubung, dan lain sebagainya. Bila kamu memakai ethernet, kendala-kendala di atas teratasi sehingga bermain game online bisa jadi lebih lancar.

2. Pilih jaringan Wi-Fi 5 hingga 6 GHz.

Bila kamu tidak memiliki kabel LAN, tidak apa bermain game dengan Wi-Fi saja. Namun, usahakan koneksi jaringan terkoneksikan ke frekuensi 5 GHz ke atas.

Saran ini cukup ampuh untuk menjaga kestabilan internet saat bermain game. Pasalnya, kecepatan internet yang ditawarkan 5 GHz mencapai lebih dari 1,5 Gbps. Sementara itu, di bawahnya, 2,4 GHz hanya menawarkan kecepatan internet 300 Mbps.

3. Pilih provider internet yang terpercaya.

7 Cara stabilkan internet saat main game online © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Cara yang ketiga bisa menjadi pertimbangan secara matang-matang kamu untuk bisa bermain game online dengan lancar, yaitu memilih internet provider yang terpercaya. Cara ini merupakan cara yang terpenting karena kamu akan menggunakan internet dari provider terpilih setiap harinya.

Oleh karena itu, pastikan untuk memilih provider internet terpercaya. Kamu bisa seleksi beragam provider internet yang tersedia di rumah kamu berdasarkan review dari pengguna-pengguna yang berlangganan.

4. Bila lemot, jangan lupa restart perangkat modem.

7 Cara stabilkan internet saat main game online © 2021 brilio.net

foto: gadgetsnow.com

Sama seperti smartphone yang lemot, pastikan kamu tidak lupa untuk melakukan restart bila kecepatan internet dirasa makin menurun. Tujuan melakukan restart pada perangkat modem adalah menghilangkan error pada modem hingga memulihkan modem ke dalam kondisi semula atau fresh.

5. Saat bermain game, pilih lokasi server terdekat.

Permainan online zaman now menyediakan server yang disesuaikan dengan lokasi gamer-nya. Lokasi server ini biasanya dibagi menjadi beberapa kawasan seperti server, Eropa, Asia, Jepang, hingga Amerika.

Amannya, buat kamu yang hendak memiliki akses kencang saat bermain game online, pilihlah server dimana kamu berada atau setidaknya dekat dengan wilayahmu. Untuk itu, kamu bisa memilih server seperti Asia dan Jepang. Dengan ini, kamu berpotensi memiliki kecepatan internet yang stabil dan kencang saat bermain game online.

6. Jangan buka aplikasi selain game.

Salah satu cara simpel untuk bisa main game online tanpa kendala lag adalah jangan membuka aplikasi-aplikasi yang tidak perlu selain game yang kamu mainkan.

Biasanya saking tak sabar bermain game online bersama teman, para gamer menjadi lupa menutup aplikasi yang tidak diperlukan saat bermain game seperti browser Mozilla, Chrome, ataupun aplikasi mengunduh seperti Torrent. Dengan menutup aplikasi-aplikasi tersebut, kamu akan membantu fokus komputer kamu hanya tertuju pada satu game yang kamu mainkan.

7. Pantau kecepatan internet berkala.

7 Cara stabilkan internet saat main game online © 2021 brilio.net

foto: fast.com

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memantau kecepatan internet secara berkala. Bila kamu merasakan lemot saat bermain game, kamu bisa melacak kecepatan internet yang kamu gunakan dengan situs fast.com.

Bila kamu berlangganan dengan internet berkecepatan 20 Mbps, maka hasil yang terdeteksi pada situs tersebut tak akan jauh berbeda. Namun bila kecepatan yang didapat malah hanya 1 Mbps/20 Mbps, kamu harus memeriksa ulang siapa saja yang memakai Wi-Fi rumah kamu. Bila ternyata kendala bukan berasal dari situ, kamu bisa menghubungi customer service dari provider internet yang kamu gunakan untuk penanganan lebih lanjut.

(brl/far)