Brilio.net - Memiliki iPhone memang bisa membuat kamu terlihat keren. Namun sejatinya, kamu harus mengedepankan fungsinya. Jangan sampai hanya karena ingin segera memiliki iPhone, kamu tidak melihat apakah barang yang dibeli asli atau palsu, rusak atau tidak.

Nah, untuk membantu kamu mendapatkan iPhone asli dengan harga murah, sebaiknya simak enam tips ini. Kalau perlu, simpan sebagai check list saat ingin membeli iPhone.

1. Cari seri yang lebih lama

6 Tips beli iPhone © 2021 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ini strategi nomor satu untuk kamu yang baru ingin menggunakan iPhone. Pada dasarnya fungsi dan kegunaan pada iPhone tetap sama, baik di seri lama maupun baru. Jadi, membeli iPhone keluaran setahun atau dua tahun lalu bukanlah hal yang buruk.

Selain itu, iPhone dengan seri yang lebih lama memiliki harga yang lebih murah. Misalnya ada iPhone keluaran terbaru yang kamu sukai, maka jangan buru-buru membeli. Tunggu sampai model terbaru setelahnya keluar, untuk mendapatkan harga lebih murah.

Seri iPhone yang tidak baru tapi bagus untuk dimiliki di antaranya, iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, dan iPhone 11 Pro. Semua seri iPhone ini diluncurkan tahun 2018 dan 2019, jadi bisa dibilang masih baru dengan harga yang sudah turun.

2. Membeli saat diskon

6 Tips beli iPhone © 2021 brilio.net

Pada waktu-waktu tertentu seperti hari raya atau hari kemerdekaan, banyak outlet atau aplikasi jual beli online yang menawarkan diskon besar. Kamu bisa bersabar menunggu hingga saat tersebut tiba.

Tips untuk membeli saat diskon, apalagi jika waktu diskon terbatas, adalah dengan menambahkan item yang ingin dibeli pada wishlist. Sehingga, saat diskon tiba, kamu bisa langsung cepat-cepat checkout.

Kalau tidak mau menunggu hingga diskon tiba, kamu bisa survei harga secara online untuk menemukan penawaran terbaik. Kamu bisa melakukan hal ini dengan mudah di platform jual beli online.

3. Beli yang bekas

6 Tips beli iPhone © 2021 brilio.net

Membeli HP seken tetap menjadi pilihan yang menguntungkan. Apalagi jika yang ingin dibeli cukup mahal atau sekelas iPhone. Keuntungan membeli HP bekas adalah kamu bisa janjian ketemu langsung dengan penjualnya untuk sekaligus cek barang. Kalau kamu membeli online, pastikan untuk memilih COD. Hal ini untuk memastikan kamu mendapatkan barangnya sebelum membayar.

Selain itu, kamu juga harus tahu perbedaan fisik dari masing-masing seri iPhone. Hal ini mengingat tampilan fisik iPhone yang sekilas sama semua. Jangan sampai penjual mengatakan iPhone X tapi yang kamu terima malah iPhone 9.

Saat membeli iPhone bekas, sebaiknya memilih yang masih dalam masa garansi. Hal ini menunjukan bahwa usia barang masih belum lama. Saat sudah menerima perangkatnya, pastikan untuk mengecek semua komponen masih dalam kondisi baik. Pastikan body masih bagus dan tidak ada lecet atau retak.

Periksa juga tombol Home dan Power untuk mengetahui responnya. Anda bisa cek jaringan seluler dan internet dengan memasukkan kartu SIM. Lalu, jangan lupa untuk cek audio, kamera, dan earphonenya.

4. Cek keaslian menggunakan IMEI

6 Tips beli iPhone © 2021 brilio.nettipsmake.com

Langkah satu ini tidak kalah penting. Saat perangkat iPhone sudah di tangan, hal yang harus dilakukan adalah mengecek keasliannya. Kamu bisa cek International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk mengetahui apakah HP yang diterima asli atau tidak.

Nomor IMEI biasanya tertera di kotak perangkat HP. Kamu juga bisa cek dengan cara klik Setting > General > About. Pastinya kamu tidak mau menggunakan barang dari pasar gelap yang sumbernya entah dari mana.

5. Beli di outlet terpercaya

6 Tips beli iPhone © 2021 brilio.net

Ini pasti bukan hal yang bisa ditawar lagi. Membeli dari outlet terpercaya lebih aman. Kalau membeli langsung, sebaiknya memang datang ke gerai iPhone. Kalau ingin membeli dari outlet lain, pastikan outlet tersebut memang terpercaya dan hanya menjual barang orisinil. 

Sedangkan untuk membeli online, kamu bisa memilih outlet dengan ulasan terbaik atau rating tertinggi. Pastikan juga untuk selalu membaca apa yang akan didapatkan selain perangkat HP.

Kalau kamu mencari iPhone di marketplace, daftar penjual dengan rating tertinggi akan terlihat lebih atas. Hal ini untuk memudahkan kamu dalam berbelanja, dan memilih penjual yang terpercaya.

6. Jangan beli yang bergaransi internasional

6 Tips beli iPhone © 2021 brilio.net

Perlu diketahui bahwa iPhone tidak mengeluarkan garansi internasional. Kalau kamu menemukan penjual yang menawarkan garansi internasional, maka HP yang mereka jual adalah rekondisi. Ini adalah HP bekas atau rusak yang diperbaiki lalu dijual kembali. 

Memang iPhone seperti ini lebih murah, tapi tidak awet. Beberapa masalah yang bisa timbul yaitu sinyal tidak stabil dan kesulitan saat update ke versi iOS yang baru. Karena itu, selalu membeli iPhone dengan garansi resmi atau garansi regional.

Pengguna iPhone hanya bisa menerima manfaat garansi di negara tempat iPhone tersebut dikeluarkan. Kode negara tertera di kotak, dan kode negara untuk Indonesia adalah PA/A. Dengan memperhatikan hal ini, kamu tidak perlu takut garansi tidak bisa diklaim karena perbedaan negara.

(brl/red)