Brilio.net - Apple dikenal publik lewat salah satu produk ponselnya yang premium, yakni iPhone. Hampir setiap tahunnya pabrikan yang dicetuskan mendiang Steve Jobs ini terus mengeluarkan iPhone seri terbaru. Tapi tak bisa dipungkiri kalau iPhone lawas seperti iPhone 6 justru tetap diburu konsumen.

Meski sudah dikeluarkan sejak 6 tahun lalu, sekitar September 2014, iPhone masih banyak ditawarkan di berbagai marketplace. Sayangnya jika dibandingkan dengan spesifikasi smartphone masa kini, iPhone 6 bisa dikatakan tidak terlalu mencolok.

iPhone 6 punya kamera 8 MP serta layar sedikit di atas resolusi HD. iPhone 6 didukung oleh bermacam-macam varian storage. Semakin besar memori iPhone 6, maka harganya kian mahal. Namun iPhone 6 memberikan jaminan performa andal sebagai alasan kenapa ponsel ini banyak peminatnya.

Nah seperti apa sih sebenarnya spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan iPhone 6 ini? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (27/11).

Kelebihan iPhone 6. 

Harga iPhone 6 © pixabay.com

Loading...

foto: apple.com

1. Baterai.

iPhone dibekali baterai lithium-ion bawaan yang dapat diisi ulang. Selain itu, iPhone bisa mengisi daya melalui USB ke sistem komputer atau adaptor daya. Waktu untuk dipakai bicara alias telepon hingga 14 jam bahkan memakai internet melalui 3G.

Penggunaan internet hingga 10 jam melalui 3G, hingga 10 jam melalui LTE, hingga 11 jam melalui Wi-Fi. Bisa dipakai untuk memutar video HD hingga 11 jam, memutar audio sampai 50 jam, serta waktu siaga tidak digunakan sama sekali bisa tahan sampai 10 hari (250 jam).

2. Layar dan bodi.

Apple sepertinya sudah tak lagi dikenal dengan layar kecil. iPhone 6 hadir dengan layar yang lebih besar. Smartphone ini sudah bisa disejajarkan dengan perangkat flagship lain. Tak hanya besar, layar inch cerah meski dipakai di bawah terik matahari.

Sedangkan bodi iPhone 6 menawarkan bentuk tipis, mengusung konsep metal, dan terbuat dari bahan alumunium mewah nan kokoh. Berat iPhone 6 129 gram, ringan dan nyaman saat di genggam.

3. Performa.

Dapur pacu atau prosesor iPhone 6 jadi salah satu nilai plus. Memakai piranti CPU Dual Core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based), dibantu chipset Apple 8, bisa memberikan kekuatan pemrosesan 25 persen lebih cepat. Performa juara yang dimiliki iPhone 6 membuat ponsel ini jadi ramah penggunaan baterai.

4. Kamera.

Kamera iPhone 6 sudah memakai fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang membantu menstabilkan gerakan ketika mengambil gambar. Selain itu, kecepatan kamera ponsel ini sudah mencapai 3264 x 2448 pixels.

Kelebihan lain dari kamera iPhone 6 adalah sudah terdapat fitur yang siap membantu menampilkan hasil foto keren, ada phase detection autofocus, dual LED flash, 1/3” sensor size, 1.5µm pixel size, geo-tagging, simultaneous HD video and image recording, touch focus, face/smile detection, dan HDR.

Kekurangan iPhone 6. 

Harga iPhone 6 © pixabay.com

foto: pixabay.com

1. Ukuran RAM.

RAM yang dimiliki iPhone 6 masih sangat kecil, yakni 1 GB. Ukuran RAM itu dirasa masih kurang mendukung, terutama buat kegiatan multitasking. Kendati begitu, seolah memberikan solusi, iPhone 6 menawarkan beberapa alternatif pilihan memori internal. Dari 16 GB, 64 GB, hingga mencapai 128 GB.

2. Tidak ada slot microSD.

Kekurangan selanjutnya dari iPhone 6 ialah tidak tersedianya slot untuk memasang memori eksternal atau microSD. Nah, buat kamu yang suka menyimpan banyak file, disarankan untuk memilih iPhone 6 dengan memori besar.

3. Video.

Sektor perekaman video iPhone 6 belum mendukung resolusi 4K. Berbeda dengan smartphone modern dan papan atas saat ini yang sudah banyak memberikan 'standar' 4K untuk video. Disayangkan pula suara hasil rekaman video iPhone 6 masih mono.

Spesifikasi iPhone 6. 

- Layar: 4.7 inches, 60.9 cm2 (~65.8% screen-to-body ratio)

- Resolusi layar: 750 x 1334 pixels, 16:9 ratio (~326 ppi density)

- Protection: Ion-strengthened glass, oleophobic coating

- Type: IPS LCD

- OS: iOS 8, upgradable to iOS 12.4.6

- Chipset: Apple A8 (20 nm)

- CPU: Dual-core 1.4 GHz Typhoon (ARM v8-based)

- GPU: PowerVR GX6450 (quad-core graphics)

- Memori Internal (ROM): 16GB 1GB RAM, 32GB 1GB RAM, 64GB 1GB RAM, 128GB 1GB RAM

- Memori Eksternal: tidak ada

- Kamera Belakang: 8 MP, f/2.2, 29mm (standard), 1/3", 1.5µm, PDAF

- Fitur kamera belakang: Dual-LED dual-tone flash, HDR

- Kamera depan: 1.2 MP, f/2.2, 31mm (standard)

- Fitur kamera depan: face detection, HDR, FaceTime over Wi-Fi or Cellular

- Video belakang: 1080p@60fps, 720p@240fps

- Video depan: 720p@30fps

- Kapasitas baterai: Li-Po 1810 mAh, non-removable (6.9 Wh). Stand-by Up to 250 h (3G). Talk time Up to 14 h (3G). Music play Up to 50 h

- Fitur lainnya: Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, OIS, Flash.

Dengan berbagai kecanggihan yang sudah disebutkan, semakin besar memori, maka harganya kian mahal. Kamu bisa menikmati kemudahan memakai iPhone 6 dengan merogoh uang mulai kisaran Rp 2.400.000.