×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Kondisi ini nggak disadari mengintai para pengguna Wi-Fi gratis

View Image

0

BRILIO » Gadget

6 Kondisi ini nggak disadari mengintai para pengguna Wi-Fi gratis

foto: indiatoday.intoday.in

Tak hanya laptop yang memanfaatkan Wi-Fi, kini banyak pula pengguna smartphone yang menggunakannya.

(brl/tin)

26 / 10 / 2017 15:15

Brilio.net - Kebutuhan akan akses internet begitu besar terjadi di tengah masyarakat baik dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Semua orang membutuhkan akses internet untuk membantu memenuhi kebutuhan dan aktivitasnya.

Makanya di banyak tempat publik, pusat bisnis, hingga kedai-kedai kopi sekarang ini dilengkapi akses Wireless Fidelity atau Wi-Fi. Baik yang bisa diakses bebas maupun pakai sandi. Tak hanya laptop yang memanfaatkan Wi-Fi, kini banyak pula pengguna smartphone yang menggunakannya.

Banyak pengguna internet yang mencari akses Wi-Fi gratis. Mereka tergiur fasilitas tanpa biaya tersebut untuk memenuhi kebutuhan akan internet. Padahal, kebiasaan tersebut ternyata menyimpan bahaya.

Nah, ini dia enam kondisi yang nggak disadari mengintai para pengguna Wi-Fi gratis sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (26/10).

1. Data rentan dicuri hacker.

6 Kondisi ini nggak disadari mengintai para pengguna Wifi berbagai sumber

foto:techknowlege.com

Salah satu kondisi yang nggak disadari saat mengakses internet dengan Wi-Fi adalah data pengguna rentan dicuri oleh peretas. Proses pencurian terjadi saat menghubungkan smartphone atau laptop dengan Wi-Fi. Hacker mampu mencari celah lewat koneksi yang terhubung dengan Wi-Fi.

2. Device mudah terinfeksi virus.

6 Kondisi ini nggak disadari mengintai para pengguna Wifi berbagai sumber

foto: negosentro.com

Selain rentan dicuri, bahaya lain yang mengintai adalah device mudah terinfeksi virus seperti Malware. Virus tersebut begitu berbahaya karena berpotensi memberikan akses bagi orang lain untuk mencuri file pentingmu. Nggak cuma itu, suara dan gerak-gerikmu juga bisa terpantau begitu saja lewat virus Malware.

3. Adanya snooper atau mata-mata.

6 Kondisi ini nggak disadari mengintai para pengguna Wifi berbagai sumber

foto: techhive.com

Koneksi Wi-Fi yang tersambung dengan gawai ini juga mempermudah orang untuk memantau gerak-gerikmu. Seperti penjelasan sebelumnya, lewat virus yang menyerang secara perlahan, mereka bisa mengetahui apa saja kegiatanmu. Kamu pun menjadi sasaran mata-mata dari orang yang tak diketahui.

4. Iklan pop-up yang mengganggu.

6 Kondisi ini nggak disadari mengintai para pengguna Wifi berbagai sumber

foto: profitgeeks.org

Saat menikmati layanan Wi-Fi gratis, kamu akan mendapati layarmu penuh dengan iklan. Nggak cuma sekali, kamu akan dibanjiri iklan-iklan pop-up yang muncul saat mengakses internet. Secara nggak langsung hal tersebut mengganggu kenyamanan dalam mengakses.

Di samping itu, iklan pop-up tersebut juga rentan menyimpan jebakan. Banyak iklan yang menyimpan virus atau malicious software berbahaya yang bisa mengganggu keamanan data, software, dan devicemu.

5. Pembajakan akun media sosial atau email.

6 Kondisi ini nggak disadari mengintai para pengguna Wifi berbagai sumber

foto: mybroadband.co.za

Nggak cuma temen yang suka jahil membajak akun media sosial, orang tak dikenal pun bisa dengan mudah membajak akunmu. Nggak cuma bajak status, oknum tersebut bisa memanfaatkan datamu untuk hal-hal tak bertanggung jawab seperti menipu orang, mengambil uang dari akun online digitalmu, dan tindakan lainnya.

6. Pengalihan ke situs palsu.

6 Kondisi ini nggak disadari mengintai para pengguna Wifi berbagai sumber

foto: northglennews.co.za

Saat menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis biasanya pengguna akan sering diarahkan secara langsung ke situs lain. Laman situs tersebut merupakan jebakan di mana justru mengantarkanmu pada virus. Tanpa disadari, situs tersebut mampu mencuri data dan informasimu hingga merusak device.

Nah, serem kan? Makanya, kamu pengguna smartphone kudu lebih cermat lagi. Selain itu, kamu juga lebih baik gunakan smartphone yang punya fitur keamanan canggih. Kamu bisa temukan fitur-fitur keamanan canggih itu di Advan A8.

Smartphone ini punya fitur ruang privasi guna mengamankan data, foto, video, file, kontak, bahkan log panggilan di smartphone. Fitur ini memungkinkan handphone bisa menyimpan seluruh data yang ada di HP hingga log panggilanmu pada bilik rahasia. Hanya pemilik handphone yang bisa membuka data. Terdapat dua cara membuka ruang privasi, yakni dengan pola dan dial phone. Untuk cara pola, aplikasinya akan terlihat di menu aplikasi smartphone. Sedangkan cara dial phone, pengguna tinggal memasukkan nomor telepon yang sudah disetting.

Satu lagi layanan untuk menjaga keamanan datamu yaitu dengan shadow privacy system (ruang privasi palsu). Sistem tersebut tersedia untuk mengelabui dan mengecoh siapa pun yang telah mengetahui cara membuka ruang privasi. Shadow privacy system ini memperlihatkan isi yang berbeda dengan privacy system. Penampilan shadow privacy ini dapat disetting sesuai keinginan pemiliknya. Jadi terlihat seperti membuka ruang privasi padahal palsu.

Siapa pun yang penasaran dengan datamu di smartphone dan mengetahui layanan ruang privasi tetap tak bisa membukanya. Jadi file kamu tetap aman dari orang-orang yang kepo.

6 Kondisi ini nggak disadari mengintai para pengguna Wifi berbagai sumber

foto: advandigital.com

Lebih lanjut, kalau kamu transaksi online atau mobile banking, kamu juga bisa lebih tenang karena data-datamu akan dienkripsi Advan Secure dari Advan A8. Selain itu, Advan A8 ini hadir dengan berbagai fitur canggih lainnya yang mampu menjaga keamanan smartphonemu di berbagai kondisi berbahaya. Info lebih lanjut, bisa kamu lihat di sini.

 

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    39%

  • Ngakak!

    13%

  • Wow!

    19%

  • Sedih

    3%

  • Marah

    26%

  • Love

    0%

MORE
Wave more