6. Minimalisir multitasking.

Cara mengatasi laptop not responding © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Apabila telah mencoba berbagai cara di atas dan program masih tetap not responding, maka minimalisirlah menjalankan beberapa program dalam waktu bersamaan atau multitasking. Pada laptop dengan spesifikasi rendah atau menjalankan program yang terlalu berat, dapat membuat program menjadi not responding, laptop cepat panas, atau bahkan menjadi lemot.

Usahakan pula untuk menggunakan program tertentu dengan spesifikasi laptop atau PC yang sesuai agar program dapat tetap berjalan dengan lancar.

7. Rajin bersihkan cache di laptop.

Cara mengatasi laptop not responding © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Membuka banyak website ataupun folder dalam kurun waktu yang cukup lama di laptop terkadang juga menjadi penyebab laptop menjadi lebih lambat atau bahkan menjadi tidak dapat bekerja sama sekali. Maka dari itu kamu harus rutin membersihkan sampah yang ada di laptop kamu, supaya kinerja laptop kamu bisa lebih maksimal. Untuk itu kamu bisa ikuti tata cara berikut ini untuk menghapus sampah di laptop kamu:

- Pertama, aktifkan Windows Run dengan menekan Windows + R.

- Selanjutnya akan muncul jendela RUN pada layar tersebut.

- Kemudian kamu ketik %temp% di jendela Run tersebut lalu klik OK atau Enter.

- Setelah itu akan muncul banyak folder dan file yang tersembunyi. kamu bisa menghapus semuanya dengan menekan tombol CTRL + A pada keyboard, lalu klik Delete.

- Restart laptop dan Selesai.

8. Tambah kapasitas RAM.

Cara mengatasi laptop not responding © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Jika penyebab laptop kamu not responding adalah penyimpanan, maka kamu harus mengganti atau menambah perangkat penyimpanan. Masalah not responding yang paling sering dialami pengguna komputer/ laptop adalah karena kapasitas RAM yang kecil.

Jika laptop Anda masih tersedia slot kedua untuk RAM, maka lebih baik menambahkan kapasitas RAM. Rekomendasi RAM untuk laptop agar optimal saat ini adalah 8GB. Kombinasi antara SSD dan kapasitas RAM 8GB sudah cukup optimal untuk bekerja dan melakukan berbagai aktivitas di depan komputer seperti menulis, desain, browsing, hingga membuat program (coding).

9. Uninstall Aplikasi.

Cara mengatasi laptop not responding © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Kalau kamu memiliki banyak aplikasi di laptop itu juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop kamu menjadi not responding. Mulailah untuk mengurangi aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Banyaknya aplikasi pada laptop akan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C akan penuh dan membuat sistem akan menjadi lama membaca hardisk.

Mulailah untuk menyeleksi aplikasi mana saja yang jarang dipakai. Setelah itu kamu bisa melakukan uninstall terhadap aplikasi-aplikasi tersebut untuk meningkatkan kecepatan laptop kamu. Kamu cukup menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan, karena aplikasi yang menganggur akan memenuhi laptop dan membuat kinerja laptop menurun.

Magang: Muhammad Reza Ariski