Brilio.net - Kalau hari gini kamu nggak tahu soal Pokemon Go, duh berarti kamu ketinggalan zaman banget! Game ini sedang hits-hitsnya dimainkan banyak orang di seluruh dunia, termasuk anak-anak muda Indonesia.

Nggak sulit sih, sebenarnya memainkan game yang satu ini. Meskipun kelihatannya hanya mencari dan mengumpulkan pokemon, namun game Pokemon Go ini lebih kompleks dari kelihatannya. Mencari dan mengumpulkan pokemon pun tak semudah yang dibayangkan, lho.

Nah, daripada kamu penasaran, yuk simak 6 tips jitu berikut ini untuk kamu para gamers pemula yang ikut gandrung dengan game Pokemon Go, yang dilansir brilio.net dari polygon.com, Rabu (13/7).

1. Cara untuk memulai permainan.

Pokemon Go Tips © 2016 brilio.netfoto: imore.com

Loading...

Kamu bisa mulai bermain dengan memilih akun Google untuk menghubungkan permainan dengan maps. Jika kamu sudah punya akun atau alamat gmail, kamu tinggal memasukkan alamat tersebut dan mendaftarkannya. Jika tidak, pilihan lainnya adalah membuat akun Pokemon Trainer Club.

Permainan ini mengharuskan kamu untuk selalu terhubung ke internet untuk bisa tetap bermain. Jadi jika kamu tidak punya WiFi atau paket data, kamu tidak akan bisa untuk login.

2. Cara bermain game.

Pokemon Go Tips © 2016 brilio.netfoto: theverge.com

Titik permainan terbesar dari Pokemon Go adalah mengharuskan kamu untuk benar-benar bangun dari sofa dan berjalan ke luar rumah untuk memainkannya.

Permainan ini akan memandu kamu menemukan pokemon di sekitarmu. Namun, hal ini bergantung pada sinyal GPS telepon kamu untuk menentukan di mana pokemon terdekat yang bisa kamu tangkap. Seru deh!

3. Pokemon: Explainer terpendek di dunia.

Pokemon Go Tips © 2016 brilio.netfoto: polygon.com

Yang perlu kamu ketahui tentang pokemon adalah bahwa mereka makhluk yang terinspirasi oleh tanaman, hewan dan berbagai hal lainnya. Masing-masing memiliki atribut yang berbeda, keterampilan dan kebiasaan, mereka juga dapat berkembang menjadi lebih baru, dan Pokemon ini dapat menjadi kuat dengan beberapa pelatihan.

Dalam permainan pokemon, seperti Pokemon Go, tujuan utamanya adalah untuk menangkap mereka, yang totalnya ada 151 jenis. Jika kamu bisa mengumpulkan semua jenis pokemon, maka kamu akan menjadi Pokemon Master.

4. Bagaimana menemukan satu pokemon?

Pokemon Go Tips © 2016 brilio.netfoto: forbes.com

Terus berjalan ke luar ruangan untuk menemukan pokemon. Tanda monster saku kecil akan muncul di peta setelah kamu terus berjalan ke luar ruangan. Menemukan pokemon dapat menjadi sulit, terutama di daerah yang lebih terpencil. Mereka cenderung muncul di rumput dan tempat-tempat sempit.

Setelah kamu melihat satu di peta, tekan di atasnya. Lalu, kamu akan dibawa ke layar baru, di mana kamu akan melihat pokemon di sekitarmu termasuk jenis dan memiliki karakteristik seperti apa.  

5. Bagaimana untuk terus tetap bermain game ini?

Pokemon Go Tips © 2016 brilio.netfoto: reddit.com

Permainan ini sangat bergantung pada akunmu. Kamu harus membukanya dan masuk kembali ke akunmu, dan jika kamu sign out dari permainan ini, maka kamu tak bisa mendapatkan notifikasi bila ada pokemon di sekitar. Intinya, permainan ini tidak bisa disambi.  

6. Langkah selanjutnya adalah..

Pokemon Go Tips © 2016 brilio.netfoto: engadget.com

Permainan ini sulit dilakukan oleh orang yang memang tidak paham tentang pokemon. Ada baiknya kamu pun ikut mempelajari jenis-jenis pokemon dan mengerti juga tentang karakteristiknya. Jika sudah demikian, dijamin memainkan game ini akan semakin asyik.