Brilio.net - Sebagai salah satu aplikasi yang mendunia, Instagram tidak henti-hentinya mengadakan sentuhan-sentuhan baru. Kalau kamu sudah termasuk pengguna Instagram yang sudah lama, kamu pasti sudah tahu kalau Instagram telah melalui beberapa perubahan yang berarti.

Misalnya, ketika adanya perubahan logo yang sempat menuai mix review, mulai diterapkannya mode gelap, adanya fitur Reel, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini 5 fitur terbaru Instagram yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (21/9).

1. Adanya lencana verifikasi Instagram.

5 Update terbaru Instagram berbagai sumber

foto: Unsplash/@Erik Lucatero

Menurut pihak Instagram, lencana verifikasi ini merupakan cara sederhana untuk menunjukkan keaslian sebuah profil. Tapi, bukan berarti bahwa perusahaan Instagram lebih menyukai akun yang sudah terverifikasi daripada yang lain, ini hanya cara sederhana untuk memastikan bahwa orang-orang di balik akun tersebut benar-benar nyata.

Untuk mendapatkan lencana biru ini, mengikuti ketentuan penggunaan dan pedoman komunitas Instagram. Selain itu, akunnya juga harus diatur ke publik, memiliki gambar, deskripsi bio setidaknya satu posting, dan mewakili orang, bisnis, atau entitas nyata. Satu hal penting lagi untuk mendapatkan tanda centang biru adalah akun tersebut harus menjadi orang, merek, atau entitas yang terkenal dan sangat dicari.

2. Instagram menghilangkan tautan "geser ke atas (swipe-up)" untuk stiker.

Swipe-up kini diganti dengan Stickers. Sekarang, semua pengguna yang memiliki kesempatan untuk menggunakan opsi ini dan membawa audiens dari profil mereka ke situs web akan dapat melakukan hal yang sama dengan stiker.

Pembuat konten sekarang dapat menggunakan berbagai gaya stiker, ukuran, dan dapat menempatkan tautan stiker di mana pun mereka inginkan di story mereka. Selain itu, pengguna juga dapat mengirim reaksi ke cerita dengan stiker tautan seperti yang mereka lakukan pada cerita lain, sesuatu yang tidak bisa dilakukan dengan tautan Swipe-up.

3. Instagram mengembangkan opsi baru yaitu 'Montase'.

Opsi Instagram baru yang masih dalam tahap pengembangan. Dengan fitur ini, pengguna dimungkinkan untuk mengubah story mereka menjadi gulungan Instagram. Opsi "montase" masih diuji secara internal. Namun tujuan utamanya adalah membantu pengguna membuat gulungan dengan menggabungkan elemen dari bingkai story Instagram.

4. Lebih banyak perlindungan akun remaja di Instagram.

5 Update terbaru Instagram berbagai sumber

foto: Unsplash/@Alexander Shatov

Agustus lalu kebijakan ini mulai diberlakukan. Dengan ini, pengguna di bawah umur 18 tahun akan memiliki perlindungan yang lebih unggul untuk identitas mereka dan kemungkinan penyalahgunaan akun Instagram mereka.

Platform ini menyediakan fitur keamanan seperti:

- Semua orang di bawah 16 tahun akan mendapatkan akun pribadi ketika mereka bergabung dengan Instagram untuk pertama kalinya, ini sudah secara default.

- Orang dewasa tidak akan dapat menghubungi para remaja yang tidak menginginkan kehadiran mereka.

- Keterbatasan dalam cara pengiklan dapat menjangkau kaum muda di Instagram dan Facebook.

5. Instagram memperkenalkan "Batas/Limits," fitur baru untuk menyembunyikan pesan-pesan kasar.

Fitur ini bertujuan untuk melindungi penggunanya dari komentar dan (Direct Messages) DM yang kasar dan tidak enak. Fitur baru yang disebut Limits ini juga memungkinkan pengguna untuk membatasi atau menyembunyikan komentar dan pesan pengguna yang bukan pengikut atau pengikut di masa lalu.

Instagram sudah mengklarifikasi bahwa pencipta Instagram dan tokoh masyarakat sering menerima komentar dengan konten ofensif dari profil yang bukan daftar pengikut mereka atau dari pengguna yang baru saja mengikuti mereka. Namun, opsi ini tersedia secara global untuk semua pengguna Instagram yang menggunakan aplikasi desktop, smartphone, dan iPhone (semuanya).

(brl/pep)

(brl/pep)