Brilio.net - Kalau ada yang bertanya tentang kemajuan teknologi, Jepang bisa jadi negara yang kamu sebutkan. Mengapa? Sebab di Negeri Sakura itu, kemajuan teknologi telah berlangsung sejak lama dan dampak positifnya langsung dirasakan oleh warga Jepang.  

Saking majunya, tak sedikit negara besar di dunia bekerjasama dengan Jepang terkait kemajuan teknologi.

Nah, tahukan kamu kalau Jepang sedang bersiap menyajikan perhelatan Olimpiade 2020 yang kelak sebagai ajang termutakhir sepanjang masa? Satu kata, 'terdepan' dalam teknologi sepertinya menjadi cita-cita Jepang sebagai tuan rumah.

Tokyo akan kembali menjadi pusat perhatian pecinta olahraga dari seluruh dunia setelah penyelenggaraan Olimpiade 1964. Tokyo berhasil terpilih setelah berhasil unggul atas Istanbul dan Madrid 2013 lalu.

Tak sedikit orang yang beranggapan, Tokyo bakal menjadi cerita indah penyelenggaraan olimpiade dalam hal kemajuan teknologi. Tentu hal tersebut beralasan, Tokyo merupakan kota yang paling futuristis, kompleks dan merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termahal di planet bumi.

Loading...

Mungkinkah Tokyo bakal menjadi tuan rumah Olimpiade termutakhir?

Berikut beberapa teknologi yang rencananya akan digunakan Jepang saat Olimpiade 2020 mendatang, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (13/11).

1. Penerjemah otomatis.

Olimpiade Jepang © 2017 brilio.net

foto: youtube.com

Aplikasi 'Voicetra' adalah penerjemah bahasa secara otomatis dan dalam satu aplikasi bisa memuat 28 bahasa dari berbagai negara. Pemerintah Jepang sadar akan kelemahan warganya dalam berbahasa Inggris. Terobosan ini pun dilakukan agar memberi kemudahan kepada siapa saja saat mengikuti langsung Olimpiade 2020 di Tokyo.

2. Robot village.

Olimpiade Jepang © 2017 brilio.net

foto: gizmodo.com

Kampung robot, di mana robot akan menjadi hal yang lumrah dijumpai di Odaiba, salah satu venue Olimpiade. Nantinya akan berfungsi sebagai asisten penyelenggara, hingga pengunjung dalam kebutuhan informasi hingga hal kecil seperti membawa tas.

3. Taksi tanpa sopir.

Olimpiade Jepang © 2017 brilio.net

foto: gizmodo.com

Robot Taxi, keberadaannya diharapkan telah bisa beroperasi pada Olimpiade 2020 setelah berhasil di launching pada Agustus lalu. Taksi tanpa sopir ini telah diuji coba sejauh 45 kilometer Februari lalu.

4. Siaran langsung televisi 8K.

Olimpiade Jepang © 2017 brilio.net

foto: theverge.com

Tayangan televisi dengan resolusi 8K. NHK, televisi swasta di Jepang berencana menayangkan Olimpiade 2020 dengan kualitas 8K.

5. Tiket dan pemindai wajah.

Olimpiade Jepang © 2017 brilio.net

foto: thefiscaltimes.com

Pemindaian wajah, demi mereduksi waktu penonton saat masuk ke lokasi pertandingan.