Brilio.net - Akhir-akhir ini, hampir setiap bulan selalu ada event festival maupun konser musik. Performa apik berdatangan dari musisi dalam negeri atau mancanegara. Ini tentu jadi angin segar bagi pecinta musik di Tanah Air.

Nggak hanya menikmati musiknya, eksistensi diri juga diperlukan. Terlebih bagi mereka yang yang aktif di media sosial. Mengabadikan momen saat konser merupakan keharusan. Baik untuk keperluan pribadi ataupun profesional.

Tapi tak jarang pengambilan foto konser kurang bisa dilakukan maksimal. Yup, mengabadikan penyanyi maupun band di atas panggung memang gampang-gampang susah. Apalagi terkadang ada aturan yang melarang penonton menggunakan kamera profesional seperti DSLR.

Walhasil, smartphone jadi solusinya. Nah, rupanya agar gambar yang dihasilkan dari bidikan smartphone terlihat bagus, ada beberapa rahasianya, loh. Apa saja? Berikut ulasannya dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (13/9).

1. Usahakan lokasi membidik foto dekat dengan panggung.

foto konser © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Rahasia yang pertama yaitu dengan memilih lokasi berdiri yang ideal. Misalnya saja di barikade keamanan di depan panggung. Karena kalau tidak, sulit bagi kamu untuk bergerak mencari tempat yang lebih baik lagi. Posisi depan panggung ini akan membuat kamu dekat dengan objek, sehingga hasil foto juga tak akan terhalang objek mengganggu seperti kepala, maupun benda-benda yang dibawa penonton lain.

2.  Matikan flash smartphonemu.

foto konser © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Rupanya flash tidak berpengaruh pada fotografi konser, loh. Selain dapat mengganggu kenyamanan penyanyi atau band yang tampil, flash juga akan bertabrakan dengan lighting panggung. Hal ini ternyata hanya akan membuat hasil fotomu gelap dan kurang menarik.

Solusinya yakni kamu bisa memanfaatkan lampu konser agar hasil fotomu lebih ciamik. Dengan lampu konser yang berganti warna tentu hasilnya akan lebih dramatis. Pastikan timing memotretmu pas saat lampu sorot fokus ke musisi favoritmu.

3. Tunggu lampu panggung berwarna terang.

foto konser © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Berkesinambungan dengan poin sebelumnya, seringkali lampu panggung berganti-ganti warna, seperti merah, kuning, ungu, dan lainnya. Sensor kamera pada smartphone lebih kecil dibandingkan kamera DSLR, yang membuat kualitas gambar rendah.

Nah, kamu bisa memilih momen warna terang seperti kuning atau putih menghasilkan objek yang jelas serta minim blur. Menariknya kamu bisa memanfaatkan smartphone OPPO Reno8 5G yang memiliki beberapa fitur menarik terutama untuk portret yakni Bokeh Flare Portrait dan AI Color Portrait.

Hasil foto malam yang dihasilkan oleh kamera utama Reno8 5G terlihat tajam dan minim noise. Terlebih aplikasi kamera juga secara otomatis bisa mengaktifkan mode malam untuk menghasilkan foto yang lebih jernih lagi. Pada mode Bokeh Flare Portrait di mana lampu-lampu pada latar foto akan diproses sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik.

foto konser © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@oppoindonesia

Sedangkan pada fitur AI Color Portrait dimana fotonya memiliki latar hitam putih sedangkan subjek foto akan tetap memperlihatkan warnanya. Keunggulan kamera belakang OPPO Reno8 5G turut didukung dengan dua sensor flagship rancangan Sony, yakni sensor Sony IMX766 pada kamera belakang dan Sony IMX709 RGBW pada kamera depan.

OPPO Reno8 5G mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 1300 5G (6nm) untuk menghadirkan kinerja ponsel yang lebih baik. Prosesor octa-core itu terdiri dari single-core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 3GHz, triple-core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 2,66 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2 GHz. Prosesor dengan kecepatan hingga 2GHz itu dipadukan dengan random access memory (RAM) 8 GB serta penyimpanan media 256 GB. Bahkan, pengguna bisa menambahkan kapasitas RAM hingga 5 GB.

Tak hanya itu, smartphone ini didukung daya baterai 4.500 mAh di samping teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 80 watt. Dengan prosesor yang mumpuni serta fitur kamera yang dimaksimalkan, kinerja OPPO Reno8 5G jadi semakin mantap berkat daya baterai besar berteknologi SuperVOOC. Teknologi ini membuat pengguna hanya perlu 12 menit untuk mengisi daya ponsel dari nol hingga 50 persen.

Makin penasaran dengan fitur menarik lainnya dari OPPO Reno8 5G? Untuk informasi lebih lebih lanjut kamu bisa klik di sini

4. Gunakan mode burst.

foto konser © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Momen mengabadikan foto saat konser memang memiliki tantangan tersendiri. Lampu panggung biasanya cepat bergerak mengikuti gerak penyanyi. Supaya lebih maksimal gunakan mode burst. Mode ini bisa diandalkan untuk mengambil foto benda yang bergerak dan mendapatkan setiap momen yang maksimal. 

Apalagi juga memungkinkan kamu dapat mengambil banyak gambar dalam sekali jepret. Menariknya mode ini bisa menangkap momen tak terduga dalam sekali shoot.

5. Simpan foto dengan format RAW.

foto konser © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Jika kamu menginginkan hasil foto yang lebih maksimal, sebaiknya foto yang kamu ambil disimpan dalam format RAW. Sebab jika menggunakan format lain, akan cenderung menambah kontras, saturasi, dan ketajaman secara otomatis. Meski format lain seperti JPEG hasilnya bagus ketika dilihat di smartphone, namun jika kamu akan melakukan editing di laptop, hasil foto tersebut akan pecah. Hal ini karena format RAW lebih menyimpan banyak informasi dibandingkan format JPEG atau JPG.

(brl/lak)

(brl/lak)