Brilio.net - Belakangan ini berfoto sudah menjadi hal yang wajib dilakukan setiap jalan-jalan. Meskipun smartphone memiliki fitur kamera yang mumpuni, namun peran kamera masih dianggap belum tergantikan karena menghasilkan gambar yang lebih berkualitas.

Kalau dulu mungkin kamu malas membawa kamera karena ukurannya yang besar. Tapi dengan adanya kamera mirrorless, rasanya hal itu bukan jadi alasan lagi. Karena selain ringkas, fitur-fitur yang ada pada kamera mirrorless juga nggak kalah dibandingkan dengan kamera DSLR biasa.

Nah, kali ini brilio.net akan mengajakmu untuk menyimak deretan kamera mirrorless murah namun tetap memiliki kualitas prima. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/2).

1. Canon EOS M10.

pilihan kamera mirrorless murah tapi nggak murahan © 2017 berbagai sumber

Nama Canon memang udah nggak diragukan lagi kalau urusan kamera. Namun sayangnya, Canon nampaknya sedikit terlambat untuk urusan mirrorless dibanding para pesaingnya. Untungnya mereka masih punya beberapa pilihan mirrorless terjangkau.

Salah satu contohnya adalah Canon EOS M10, yang merupakan kamera mirrorless termurah kepunyaan Canon. Kamera ini sudah dilengkapi dengan sensor Hybrid CMOS AF yang mumpuni. Ada juga fitur layar sentuh yang sangat berguna bagi pemula. Dengan harga sekitar Rp 6 juta, kamu sudah bisa membawa pulang mirrorless beresolusi 18 Megapixel tersebut.

2. Samsung NX3000.

pilihan kamera mirrorless murah tapi nggak murahan © 2017 berbagai sumber

Di kubu Samsung, kamu bisa memilih Samsung NX3000 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 5 juta. Meski produksi lama, bukan berarti kamera yang satu ini ketinggalan zaman. Pasalnya, NX3000 termasuk cukup mumpuni karena dibekali layar sentuh AMOLED dan hybrid AF. NX3000 juga punya flash hotshoe, WiFi, hasil foto yang berkualitas dengan sensor 20 MP APS-C.

3. Xiao Yi M1.

pilihan kamera mirrorless murah tapi nggak murahan © 2017 berbagai sumber

Xiaomi sejatinya bukanlah produsen kamera. Namun brand asal China ini juga nggak mau kalah dengan menghadirkan pilihan kamera murah meriah dengan nama Xiao Yi M1.

Dengan harga sekitar Rp 5 juta, mereka berani menawarkan spesifikasi yang cukup 'wah' seperti resolusi 20 Megapixel, dukungan ISO hingga 25.600, konektivitas WiFi dan Bluetooth LE, kemampuan merekam video hingga 4k, hingga dukungan sensor micro four-thirds.

4. Panasonic Lumix GF7.

pilihan kamera mirrorless murah tapi nggak murahan © 2017 berbagai sumber

Seri Lumix GF7 merupakan kamera paling basic milik Panasonic dengan sensor micro four-thirds 16 Megapixel yang dijual di harga Rp 6 jutaan. Selain memiliki spesifikasi standar kamera mirrorless, Lumix GF7 juga sudah dibekali layar sentuh yang sangat membantu bagi para pemula.

5. Nikon 1 J5.

pilihan kamera mirrorless murah tapi nggak murahan © 2017 berbagai sumber

Nikon 1 J5 diklaim memiliki kemampuan hampir setara dengan kamera DSLR profesional. Soal spesifikasi, kamera mirrorless yang satu ini dilengkapi sensor 20,8 Megapiksel, kemampuan merekam video 4K, hingga fleksibilitas layar yang dapat diputar hingga 90 derajat untuk membantu memotret dari berbagai angle. Nikon 1 J5 sendiri dibanderol dengan harga berkisar Rp 5 juta hingga 6 juta.