Brilio.net - Sekarang ini bisnis online memang sangat menjanjikan, siapa saja bisa melakukannya. Ditambah lagi ada berbagai strategi marketing yang manjur memberikan keuntungan besar. Salah satu strategi marketing yang kini tengah viral adalah livestreaming.

Yups, bagi banyak orang cara ini dinilai lebih efisien, unik, informatif, interaktif, dan sekaligus menghibur calon pembeli. Bahkan, kini nggak sedikit platform e-commerce menggunakan fitur livestreaming untuk mengenalkan produk pada konsumen. Di lain sisi, konsumen juga terbantu karena bisa bertanya-tanya tentang produk tanpa perlu mengunjungi toko offline.

Livestreaming dapat dilakukan oleh siapa saja semudah menyalakan kamera. Hanya dengan bantuan segenggam smartphone, semua bisa berjalan lancar. Nah, ternyata melalui livestreaming ada beberapa hal penting yang bisa meningkatkan penjualan bisnismu. Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (26/10).

1. Mempercepat konversi.

oppo_kv22 oppo_kv22

foto: shutterstock.com

Fitur livestreaming di media sosial jadi hal mendasar dalam strategi pemasaran digital. Ini merupakan strategi paling awal yang bisa kamu lakukan demi mempercepat konversi penjualan.

Caranya yakni dengan berikan kabar menarik seperti promosi, diskon, info produk baru, sistem lelang secara langsung selama durasi livestreaming. Pasti jika awalnya konsumen hanya penasaran. Lama-kelamaan dengan penyajian konten yang fresh dan baru dapat menarik konsumen untuk membeli.

2. Channel penjualan yang cepat tumbuh.

oppo_kv22 oppo_kv22

foto: shutterstock.com

Fitur livestreaming jadi wadah yang efektif untuk menjangkau semua kalangan terlebih para konsumen baru. Hal ini tentu akan membuat channel penjualanmu tumbuh lebih cepat. Orang-orang di manapun berada dapat melihat produk secara real time bahkan mengajukan pertanyaan dan menanggapinya dengan cepat. Tentu livestreaming ini juga dapat memberikan pengaruh yang cukup besar untuk membangun engagement secara langsung.

3. Format livestreaming.

oppo_kv22 oppo_kv22

foto: shutterstock.com

Buat kamu yang ingin mencoba peruntungan bisnis lewat konten livestreaming ini sebaiknya perlu memperhatikan formatnya. Misalnya mau demo produk, video tutorial, kolaborasi, maupun review produk. Kemudian buat tema dan topik yang relevan dengan tren yang ada.

Kamu bisa bahas keunggulan dan fakta unik produk. Lalu tawarkan promo spesial, dan luangkan waktu untuk berinteraksi dengan pelanggan. Jangan lupa promosikan livestreaming kamu di berbagai channel media sosial dan terakhir buat jadwal yang konsisten saat menyelenggarakan livestreaming.

Penampilan saat livestreaming juga harus diperhatikan, ya! Kurang lengkap livestreamingmu tanpa OPPO Band 2. Gelang pintar ini dirancang cukup minimalis dengan bodi cukup mungil dan ringan, yakni memiliki dimensi 45,3 x 29.1 x 10,6 mm dan bobot 33 gram.

Selain terlihat trendi, gelang pintar ini memiliki fungsi yang beragam, seperti fitur pengingat bergerak, ketika kamu duduk terlalu lama. Maka OPPO Band 2 akan mengingatkan untuk berdiri dan minum. Perangkat ini juga diklaim mendukung lebih dari 100 mode latihan dan beberapa fitur olahraga lari yang ditingkatkan. Fitur kesehatan seperti sensor detak jantung, pemantauan oksigen dalam darah, dan pemantauan kualitas tidur juga diciptakan untuk membantu penggunanya hidup lebih sehat.

oppo_kv22 oppo_kv22

foto: Instagram/@oppoindonesia

OPPO Band 2 dilengkapi dengan pengisian cepat magnetik yang mampu melakukan 5 menit pengisian daya untuk penggunaan seharian penuh, dan juga ketahanan daya baterai hingga 14 hari agar tidak perlu khawatir dengan rutinitas pengisian daya ulang.

Dibekali layar AMOLED berbentang 1,57 inci, perangkat ini menawarkan resolusi layar 156 x 402 piksel, kerapatan piksel 302 PPI, dan tingkat kecerahan maksimal 500 nits.  Adapun untuk melindungi perangkat, OPPO Band 2 sudah mengantongi rating 5 ATM. Sehingga membuat perangkat dapat tahan air di kedalaman 50 meter dalam waktu 10 menit.

Nah, untuk varian warna yang tersedia adalah hitam dan biru. Informasi lebih lengkap mengenai OPPO Band 2 bisa klik di sini.

4. Pemilihan e-commerce.

oppo_kv22 oppo_kv22

foto: shutterstock.com

Pemilihan e-commerce yang tepat adalah hal yang sangat penting dalam membantu meningkatkan jual beli online kamu terlaksana dengan baik. Salah satu indikatornya yakni pilih layanan e-commerce yang memiliki traffic yang tinggi. Alhasil, peluang mendapatkan pembeli juga kan semakin banyak.

Selanjutnya, pilih yang memberikan kemudahan untuk membuat lapak dan upload barang. Kemudian pilih yang memberikan bonus kepada penjual dan pembeli. Menyediakan fitur kurir terlengkap, serta memberikan kemudahan berbincang dengan pelanggan.

5. Penggunaan smartphone.

oppo_kv22 oppo_kv22

foto: shutterstock.com

Sebelum memulai livestreaming, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan yang mendukung kualitas video kamu. Cukup siapkan kamera smartphone yang mumpuni. Pastikan baterai handphone-mu penuh dan internet lancar agar tak ada kendala di tengah-tengah livestreaming.

Selain smartphone, urusan audio juga sangat penting dalam livestreaming. Dengan audio mumpuni, kamu bisa berinteraksi dengan konsumen dengan lebih jelas dan tentunya semakin lancar. Nah, salah satu perangkat audio wireless yang bisa jadi pilihanmu adalah OPPO Enco Air2 Pro.

OPPO Enco Air2 Pro didesain untuk memberikan pengalaman audio terbaik. Ia dilengkapi dengan Driver Super Besar 12,4 mm, ruang suara belakang besar yang dibuat khusus, dan pengaturan bass Enco Live.  OPPO Enco Air2 Pro juga dilengkapi Active Noise Cancelling (ANC) yang mampu menangkap dan meredam noise sekitar pada berbagai frekuensi suara. Earbud yang bertenaga ini meluncur dengan desain Refractive Bubble Case nan cantik.

Desainnya juga nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Terlebih, sertifikasi IP54 menjamin OPPO Enco Air2 Pro tahan air dan debu. Untuk urusan baterai tidak perlu diragukan lagi. Perangkat ini bisa bertahan hingga tujuh jam. Casenya juga menyediakan daya hingga 28 jam. Mengisi daya juga semakin cepat dengan OPPO Flash Charging yang mampu mengisi daya hanya 10 menit yang bisa untuk mendengarkan musik selama 2 jam.

oppo_kv22 oppo_kv22

foto: OPPO

Untuk konektivitas, OPPO Enco Air2 Pro menggunakan Transmisi Latensi Rendah Binaural Bluetooth 5.2 untuk pengalaman audio terbaik. Fitur ini memiliki latensi end-to-end hingga 94 ms yang secara efektif meminimalisir audiovisual yang tidak sinkron dan kehilangan konektivitas. OPPO Enco Air2 Pro juga dilengkapi dengan kontrol sentuh cerdas seperti mengetuk dua kali untuk mengambil gambar, yang membawa kemampuan earbud nirkabel ke tingkat yang baru.

(brl/lak)

(brl/lak)