Brilio.net - WhatsApp adalah aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan penggunanya bertukar pesan tanpa pulsa alias gratis. Masyarakat Indonesia, baik muda maupun orang tua, tentu tidak ganjil lagi dengan aplikasi ini karena penggunanya pun sudah mencapai lebih dari satu miliar. Terlebih, WhatsApp telah menghadirkan banyak fitur-fitur untuk memanjakan para penggunanya.

Soal kemajuan, WhatsApp tak ada henti untuk terus mengembangkan fitur-fitur dalam aplikasinya guna mengikuti perkembangan zaman maupun kebutuhan-kebutuhan para penggunanya. Aplikasi berwarna hijau itu akan meluncurkan beberapa fitur lagi sebelum berpindah tahun.

Menurut kabar yang beredar, WhatsApp akan meluncurkan setidaknya 5 fitur baru. Berikut 5 fitur top WhatsApp Messanger yang akan dirilis sebelum tahun 2022 dirangkum brilio.net dari berbagai sumber (18/10).

1. Message Reactions.

Fitur terbaru WhatsApp © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Tak mau ketinggalan Facebook, WhatsApp akan segera menghadirkan reaksi pesan atau Message Reaction. Fitur ini akan memberikan kenyamanan pada penggunanya dimana pengguna bisa mereaksi pesan via emoji. Menurut WABetaInfo, fitur ini akan tersedia baik di chat individu maupun grup.

Seperti platform pesan lainnya, pengguna WhatsApp juga bisa menggunakan fitur ini cukup dengan tekan dan tahan (tap and hold) pesan yang hendak diberi reaksi. Karena fitur ini masih dalam proses pengerjaan, fitur ini bakal rilis di Android dan iOS.

2. Chat Bubbles.

Fitur terbaru WhatsApp © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

WhatsApp juga dikabarkan akan mengenalkan fitur desain Chat Bubble ke pengguna Android maupun iOS. Menurut kabar yang beredar, fitur ini akan menunjukkan warna background beda pada Chat Bubbles. Bubbles ini juga dilaporkan semakin bulat, besar, dan ada tambahan bentuk warna hijau.

3. WhatsApp Payment Shortcut Button.

Fitur terbaru WhatsApp © 2021 brilio.net

foto: WABetaInfo.com

Sempat rilis tahun lalu, kini WhatsApp akan menambahkan tombol pintas atau shorcut key untuk WhatsApp Payment agar para pengguna tak lagi bingung. Dilaporkan bahwa ikon WhatsApp Payment akan berada di sebelah ikon kamera di chat bar.

4. Report Messages.

Fitur terbaru WhatsApp © 2021 brilio.net

foto: WABetaInfo.com

Selain ketiga fitur di atas yang akan rilis, fitur Report Messages juga akan hadir di WhatsApp. Fitur ini tentu sangat berguna khususnya untuk mempermudah pengguna yang hendak melaporkan chat atau pesan dengan mudah bila dirasa melanggar syarat dan kebijakan dari WhatsApp. Sama seperti fitur Message Reactions, pengguna cukup tekan dan tahan (tap and hold) untuk mengaktifkan fitur ini.

5. Group Icon Editor.

Fitur terbaru WhatsApp © 2021 brilio.net

foto: WABetaInfo.com

Sebelum berpindah tahun, WhatsApp kemungkinan akan memberi fitur dimana penggunanya bisa memilih emoji atau stiker untuk grup ikon mereka. Hal ini tentu merupakan kabar baik mengingat banyak sekali pengguna yang memanfaatkan stiker maupun emoji selagi mengirimkan pesan di WhatsApp. Selebihnya, para pengguna WhatsApp juga bisa memberikan warna background pada emoji atau stiker pilihan mereka.

Reporter: Alfaldi Chasiragi