Brilio.net - Tak peduli secanggih apapun smartphone zaman now, pasti ada saja flaw atau kecacatan yang dialami. Hal ini disebabkan smartphone sendiri adalah ciptaan dari manusia. Salah satu kecacatan yang timbul pada smartphone adalah tidak terbacanya kartu SIM pada ponsel.

Tentu saja kendala ini membuat pengguna kesal karena selain tidak bisa digunakan sebagai internetan, SIM card sangat berguna untuk menelpon maupun mengirim pesan pada saat keadaan genting. Penyebab dari SIM card yang tiba-tiba tak terbaca ada beragam, seperti kartu SIM sudah lama dipakai maka perlu diganti di gerai provider terdekat.

Namun tahukah Sobat Brilio bahwasannya ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kendala SIM card tak terdeteksi? Langsung saja dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/12), berikut trik-trik yang bisa kamu lakukan pada saat kartu SIM tidak terdeteksi di ponsel pintar kamu:

1. Coba kartu SIM lain pada ponsel yang kamu gunakan.

5 Cara atasi SIM Card tak terbaca © 2021 brilio.net

foto: Pixabay.com

Ada beberapa cara nih untuk Sobat Brilio yang mungkin kartu SIM-nya tidak terbaca. Salah satunya adalah cobalah SIM card lain pada smartphone yang kamu pakai.

Jika ternyata kartu yang baru bisa terbaca, maka kartu SIM lama kamu sedang mengalami kendala. Karenanya, cobalah menghubungi layanan provider SIM kamu untuk konsultasi penggantian kartu baru.

2. Atur ulang penggunaan jaringan.

5 Cara atasi SIM Card tak terbaca © 2021 brilio.net

foto: Unsplash.com

SIM card masih saja belum terbaca? Cobalah mengatur ulang jaringan. Metode ini bisa diaplikasikan dalam smartphone kamu, jadi cukup akses lewat HP saja tanpa mematikannya.

Cara untuk mengatur ulang jaringan, ikuti panduan sebagai berikut:

1. Pergi ke menu Settings.

2. Pilih Network & Internet.

3. Ketuk Mobile Network.

4. Access Point Name.

5. Aturlah setting-an APN sesuai dengan provider kartu yang kamu gunakan.

3. Jangan lupa bersihkan kartu SIM.

5 Cara atasi SIM Card tak terbaca © 2021 brilio.net

foto: Pixabay.com

Bila cara pertama dan kedua kurang ampuh, jangan panik dulu. Cobalah untuk membersihkan SIM card yang kamu gunakan. Cara ini berpotensi membersihkan debu-debu yang ada di dalam kartu, khususnya di daerah chip atau bagian kuning kartu SIM.

Cara membersihkannya pun cukup mudah, matikan HP dan lepas kartu dari ponsel. Bersihkan SIM card dengan tisu. Bila sudah bersih, pasang kembali kartu SIM dan tunggu hingga jaringan tersedia.

4. Hubungi Customer Service provider kamu.

5 Cara atasi SIM Card tak terbaca © 2021 brilio.net

foto: Pixabay.com

Yang keempat, kamu bisa melakukan perbaikan SIM card cukup dengan menghubungi Customer Service provider kartu yang kamu gunakan. Kamu bisa mengunjungi gerai terdekat. Kemungkinan yang akan ditawarkan oleh pihak provider adalah dengan mengganti kartu SIM dengan yang baru. Tenang saja, cara ini tidak akan mengganti nomor kamu, hanya kartu saja yang diganti baru.

5. Lakukan reset data HP (Factory data reset).

5 Cara atasi SIM Card tak terbaca © 2021 brilio.net

foto: apkpure.com

Cara yang kelima ini cukup ekstrem. Bila sinyal tak kunjung keluar, maka kamu dianjurkan untuk melakukan hard restart alias me-refresh ulang ponsel kamu secara kasar.

Cara ini berpotensi menghapus semua data-data pada ponsel kamu. Karena itu, ada baiknya kamu melakukan back up data sebelum melakukan cara ini. Selain itu, cara ini membantu untuk mengembalikan smartphone kamu ke semula, seperti kamu membeli pertama kali sehingga pengaturan jaringan pada HP kamu akan dikondisikan layaknya semula.

(brl/lea)

(brl/lea)