Brilio.net - Desain, bentuk, dan warna seringkali menjadi salah satu pertimbangan bagi anak muda saat memilih smartphone selain spesifikasi dan performa tentunya. Desain yang eye catching nan mewah dengan warna glossy yang menawan kerap menjadi pilihan. Maklum, desain dan warna kerap menunjukkan gaya dan kepribadian konsumen. 

Hal ini juga yang menjadi alasan Oppo bakal melansir produk anyar, Oppo Reno5. Rencananya Oppo Reno5 bakal meluncur di Indonesia dalam dua varian warna, Fantasy Silver dan Starry Black. Hanya saja, pihak Oppo Indonesia belum mau membeberkan berbagai fitur dan teknologi yang dibenamkan dalam Reno5 secara spesifik.   

Oppo Reno5 © 2020 brilio.netPR Manager Oppo Indonesia for Oppo Reno & A Series Aryo Meidianto 

“Saat ini kita belum membicarakan dari sisi berbagai fitur. Kita bicara soal desain dan bentuknya dulu. Ini elemen yang biasanya menciptakan kesan pertama pengguna terhadap suatu produk dalam beberapa detik pertama yang sangat krusial. Oleh karena itu, desain menjadi salah satu faktor terpenting,” ujar PR Manager Oppo Indonesia for Oppo Reno & A Series Aryo Meidianto dalam acara Oppo Reno5 1st Appearance Event di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Oppo sengaja memasukan konsep estetika artistik yang mengintegrasikan antara fesyen dan teknologi ke dalam dua varian ini untuk menyasar kelompok milenial dan generasi Z. Yang jelas perangkat ini sangat tepat untuk mengekspresikan gaya konsumen muda.

Loading...

Nah bagaimana penampilan dan teknologi desain yang disematkan pada Oppo Reno5 yang akan segera meluncur di Indonesia? Berikut bocorannya.   

1. Smartphone ‘bunglon’

Oppo Reno5 © 2020 brilio.net

Dari dua varian warna yang ditawarkan, Fantasy Silver merupakan desain yang perlu mendapat perhatian. Sebab, varian ini memiliki tampilan yang unik karena bisa tampil dengan ribuan warna layaknya ‘bunglon’. Bisa berubah warna tergantung dari sudut pandang dalam melihatnya. Uniknya lagi, masing-masing warna yang ditampilkan bersinar dan berkilau dengan cara yang khas. “Kurang lebih ada tujuh warna utama yang dipantulkan di bawah pencahayaan dan sudut berbeda,” jelas Aryo.    

2. Kecanggihan teknologi pewarnaan

Oppo Reno5 © 2020 brilio.net

Kemampuan Fantasy Silver memunculkan berbagai warna tersebut tak lepas dari kombinasi dua teknologi antara Diamond Spectrum dan Reno Glow. Di mana Oppo mengklaim yang pertama menggunakan Diamond Spectrum di industri smartphone.

Diamond Spectrum terdiri dari tiga lapisan berbeda yang masing-masing memiliki perang penting. Lapisan pertama terdapat Picasus Film yang memberikan efek reflektif warna-warni saat cahaya menembus dan membias di dalam film nano. Di lapisan kedua ada Fresnel Lens Texture yang dapat memantulkan warna menjadi lebih kaya sekaligus memberikan efek perubahan warna yang halus di setiap sudut penglihatan. Pada lapisan ketiga terdapat Reflective Indium Coating yang membuat warna yang ditampilkan cukup cerah.

Sebagai sentuhan akhir, Reno5 menggunakan efek Reno Glow yang telah disempurnakan disbanding pendahulunya, Reno4. Reno Glow menciptakan efek visual berkilau dengan sentuhan gradasi yang lebih halus pada penutup belakang perangkat, membawa kilauan warna selalu berubah secara dinamis, dan lebih berwarna jika dibandingkan dengan Reno4.

Rangkaian lapisan inilah yang membuat bodi Reno5 Fantasy Silver lebih tebal dibanding Starry Black. Fantasy Silver memiliki ketebalan 7,8 mm sedangkan Starry Black, 7,7 mm.

3. Nyaman digenggam

Oppo Reno5 © 2020 brilio.net

Bukan sekadar memperhatikan dari sisi warna, Oppo juga mengedepankan kenyamanan pengguna saat smartphone digenggam. Untuk mencapai bodi yang kompak dan ringan, Oppo mengoptimalkan tata letak komponen pada ruang internal. Selain itu, Oppo Reno5 menggunakan desain 2.5 D di bagian depan dan desain 3D di bagian belakang ditambah lagi bingkai panel depan direkayasa secara khusus untuk menciptakan transisi yang mulus dan alami. Vegitu juga dengan lengkungan pada tepi bingkai yang diperhalus sehingga membuat genggaman Oppo Reno5 terasa lebih nyaman.

4. Tampilan layar

Oppo Reno5 © 2020 brilio.net

Dok.Oppo

Selain desain dan warna, Oppo Reno5 juga mengunggulkan tampilan layar. Menggunakan layar AMOLED 6,4 inci, perangkat ini menawarkan pengalaman visual yang lebih memukau dengan mendukung kecepatan refresh rate 90Hz dengan tampilan edge-to-edge, rasio layar-ke-bodi sebesar 91,7%.

5. Fitur videografi

Oppo Reno5 © 2020 brilio.netDok.Oppo

Salah satu fitur yang digadang-gadang bakal menjadi keunggulan Oppo Reno5 adalah AI Live HDR video. Ini merupakan fitur baru untuk mendukung aktivitas para kreator konten. Lewat fitur yang memanfaatkan kecerdasan buatan pada kamera ini, Oppo tampaknya ingin melanjutkan ‘tradisi’ dalam menyempurnakan kemampuan kamera yang disematkan.

Maklum, beberapa seri Reno hadir dengan mengedepankan fitur video sebagai nilai jual utama. Sebut saja Reno 10x Zoom yang menghadirkan fitur dengan dukungan teknologi OZO dari Nokia yakni Audio 3D dan Audio Zoom. Kedua teknologi ini berfungsi meningkatkan kualitas perekaman suara.

Lalu dilanjutkan dengan perangkat Reno2 yang membawa sistem penstabil gambar Ultra Steady Video dan Reno4 yang hadir dengan membawa fitur yang disukai anak muda yaitu AI Color Portrait Video dan AI Monochrome Video. Nah pada Reno5 beberapa fitur populer yang ada di Reno4 seperti AI Color Portrait dan AI Monochrome Video akan tetap dipertahankan dan akan disempurnakan dengan kehadiran AI Live HDR video.