Brilio.net - Memanfaatkan aplikasi kencan online untuk mencari pasangan hidup sudah menjadi kelaziman di era digital ini. Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi kencan online, selain akses dan kesempatan bertemu orang baru terbuka lebar, kegiatan ini pun dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa dibatasi waktu dan ruang. 

Namun berkenalan secara online bukan tanpa risiko ya. Kita sering mendengar cerita kalau banyak juga yang akhirnya kecewa setelah menggunakan aplikas kencan online karena informasi dan foto yang tidak sesuai, kasus penipuan, menghilang (ghosting) dan masih banyak lagi. 

Nah karena berbagai peristiwa tersebut, banyak wanita yang lantas merasa takut untuk memulai sesuatu yang baru, terutama bertemu dengan orang baru yang tidak mereka kenal sama sekali.  Sebenarnya, dalam mendapatkan pasangan kencan online, ada dua hal yang harus dimiliki, yakni, keberanian dan perencanaan bijaksana.

Selain itu kamu juga harus pandai-pandai memilih aplikasi kencan online yang kredibel dan aman seperti Dating.com. Selain aman, aplikasi kencan online yang telah ada sejak tahun 2013 ini tidak melulu menawarkan seseorang mencari pasangan hidup, tetapi juga bisa mendapatkan teman baru atau rekan bisnis.

Berikut tips aman dan nyaman saat kamu menggunakan aplikasi kencan online.

1. Tidak ada yang sempurna

7 Tips ngobrol lewat kencan online © 2021 brilio.net

Memang menggiurkan membalas chatting dari pria yang foto profilnya terlihat tampan bagaikan selebritis. Nah dengan profil sekelas sultan minyak dari Arab, sempurna sekali untuk dijadikan pasangan hidup. Tapi di dunia ini tidak ada yang semuanya sempurna, bisa saja fotonya diambil dari Google atau mengarang bebas profil diri agar yang melihat langsung merasa tertarik.

Jadi, cobalah memilih dan memilah aplikasi kencan online yang mempunyai fitur dan sistem yang baik dan aman seperti Dating.com.  Di aplikasi ini, semua profil pengguna, harus terverifikasi dan dengan fitur live yang terdapat di dalamnya, kamu bisa dengan aman video call an dan memastikan bahwa photo yang ditampilkan adalah photo asli.

2. Hindari chat di luar aplikasi

4 Tips aman kencan online  © 2021 brilio.net

Dengan alasan sibuk dan jarang buka aplikasi kencan, biasanya seseorang akan langsung kasih nomor telepon dan pindah ke aplikasi lain (whatsapp). Usahakan jangan terlalu cepat pindah dan tetap melanjutkan chat di dalam aplikasi saja. Karena apabila kamu ketemu sang penipu atau predator (sesuatu hal yang tidak kita harapkan tentu saja!), aplikasi kencan akan membantumu menelusuri dan kamu bisa langsung melaporkannya.

Sekarang ini, aplikasi kencan sudah memiliki fitur-fitur yang lengkap dengan sistem keamanan yang baik. Apabila seseorang serius denganmu, Ia akan menggunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi kencan tersebut dan selalu menunggu balasan darimu, tanpa buru-buru pindah ke aplikasi message lainnya.

3. Ngomong tentang materi? tinggalkan saja

7 Tips ngobrol lewat kencan online © 2021 brilio.net

Walaupun kamu sudah berpendidikan tinggi sampai kuliah di luar negeri, emotional connection tidak akan berpengaruh dengan seberapa cerdas dirimu menjadi sasaran penipu di aplikasi kencan.

Para penipu tersebut menjerat korbannya dengan menjalin koneksi emosi sebelum melancarkan aksi mereka. Biasanya para penipu akan bercerita soal buruk sehingga kita kasihan dan membantu dalam bentuk uang atau memainkan perasaan kamu dengan berkata akan mengirimkan sesuatu  namun membutuhkan uang untuk biaya pengirimannya, dan lain sebagainya. Tetap waspada ya, apabila dia peduli dengan kamu, seharusnya dia yang berkorban bukan kamu.

4. Cari aplikasi yang mempunyai sistem verifikasi dengan baik

7 Tips ngobrol lewat kencan online © 2021 brilio.net

Walaupun tersedia puluhan aplikasi kencan online di apps store, belum tentu semuanya aman dan memiliki sistem yang sangat baik. Penting buat kamu untuk memastikan bahwa aplikasi yang kamu pilih mampu dan terpercaya serta memverifikasi data-data penggunanya. Hal tersebut tentu saja untuk meminimalisir potensi kejahatan cyber.

Berbeda dengan aplikasi kencan lainnya, di Dating.com, tidak hanya menyediakan fitur chat saja, tetapi memiliki sistem verifikasi yang lengkap dan tentunya aman untuk digunakan. Semua pengguna yang ingin menggunakan aplikasi Dating.com, harus diverifikasi dengan ID resmi dan foto profil asli, di mana hal ini tidak terdapat di aplikasi kencan lainnya.  

Kerja moderator Dating.com yang unik bisa membuat kamu aman chatting dengan orang baru. Apabila ada gelagat yang tidak beres dan lawan bicara kamu mengeluarkan kata yang tidak pantas, moderator Dating.com akan bekerja dan memblokir teman chatting yang mempunyai maksud jahat tersebut.

Semoga tips ini berguna buat kamu dan tidak menjadi khawatir atau takut menggunakan aplikasi kencan online. Jangan lupa untuk selalu mendengarkan intuisi kamu tentang orang yang kamu ajak chatting. Lalu kalau kamu sudah mulai merasa ada ciri-ciri yang nggak beres, sebaiknya langsung dilaporkan saja dan tutup pembicaraan.