Brilio.net - Bermain game online kini sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Permainan yang satu ini sudah menjadi hiburan semua kalangan di sela-sela aktivitas. Tidak hanya terbatas pada anak muda, kegiatan yang satu ini disukai anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Disatu sisi, game online bisa menjadi media untuk melepas penat dari rutinitas. Tapi jika tidak dikontrol dengan baik, game online juga bisa menjadi ancaman. Artinya, kamu harus bisa mengatur waktu dan membatasi diri agar tidak kecanduan game online.  

Seperti dilansir sesuaiaplikasi.com, ketika kamu sudah kecanduan game online, maka sebaiknya harus menjadi perhatian serius. Sebab, kecanduan permainan ini bisa sangat berdampak pada kesehatan lho.

Apalagi jika durasi bermain sudah tidak terkontrol hingga berjam-jam dalam sehari. Sebab, beberapa kasus saat ini, banyak orang yang kecanduan game sehingga membutuhkan perawatan khusus. Ada banyak hal yang menyebabkan kecanduan game online.

1. Selalu berkembang dan tidak pernah berakhir

4 Alasan kecanduan games dan cara mengatasinya © 2021 brilio.net gameaboo.com

Jika belasan tahun lalu game diprogram menggunakan level tertentu yang akan habis jika pemain menyelesaikan permainannya, namun saat ini berbeda. Sebagian besar permainan memiliki perkembangan dan memiliki banyak fitur di dalamnya, sehingga tidak pernah selesai. Biasanya setiap permainan yang diselesaikan pihak pengembang akan memberikan beberapa reward kepada pemain sehingga hal ini bisa membuat rasa penasaran para pemain.

2. Gamer dapat dengan bebas berinteraksi

4 Alasan kecanduan games dan cara mengatasinya © 2021 brilio.net gameaboo.com

Tidak hanya sekedar bermain game dan menaklukan berbagai game mobile, kini para gamers juga bisa saling berinteraksi, sama seperti saat kita menggunakan media sosial. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang menyukai interaksi komunitas yang sama.

3. Beragam kompetisi dengan hadiah yang menjanjikan

4 Alasan kecanduan games dan cara mengatasinya © 2021 brilio.net harrisbricken.com

Tingginya minat terhadap game membuat berbagai komunitas termasuk developer begitu antusias untuk mengadakan berbagai kompetisi. Tidak hanya dalam skala kecil, kompetisi ini sering hadir dalam skala luas dan global. Tak hanya itu, sejumlah hadiah besar juga biasanya akan dihadirkan untuk memeriahkan kompetisi tersebut.

4. Tantangan dan skill yang selalu meningkat

4 Alasan kecanduan games dan cara mengatasinya © 2021 brilio.net psychlopaedia.org

Game bukan hanya hiburan yang membosankan, game ini bahkan bisa menjadi tempat yang sangat menantang bagi para penggemarnya. Di dalam game, gamer akan menemukan berbagai level dengan level skill yang berbeda-beda. Inilah yang menjadi daya tarik terbesar dalam game.

Setiap orang akan membutuhkan keterampilan tertentu untuk dapat menaklukkan level dalam permainan, dan akan mendapatkan kepuasan segera setelah menaklukkan level tersebut. Namun tidak berhenti sampai di situ, sejumlah rasa penasaran juga akan hadir setelahnya, pemain akan merasa tertantang untuk mengalahkan pemain selanjutnya.

Cara mengatasi dengan langkah tepat sejak awal

Jika melihat berbagai keseruan yang bisa didapatkan dari game online, kebanyakan orang tidak akan menyangka bagaimana game yang satu ini bisa berdampak adiktif bagi para pemainnya. Dalam tahap normal, ini mungkin bukan gangguan serius. Namun jika hal ini terus berlanjut, maka bisa membawa dampak negatif bagi kehidupan penderita.

1. Memiliki niat untuk berubah

4 Alasan kecanduan games dan cara mengatasinya © 2021 brilio.net gameaboo.com

Durasi bermain game yang tinggi dapat mengganggu berbagai aktivitas sehari-hari. Sejak awal hal seperti ini patut disadari, agar kamu tidak menjadi pecandu game. Kamu harus punya niat yang besar untuk berubah, dan mulai menata kembali berbagai aktivitas sehari-hari yang sempat terganggu akibat kecanduan game. Tanamkan beberapa kegiatan sehari-hari yang menyenangkan dan bermanfaat, sehingga rutinitas tidak akan terasa membosankan, terutama di tahap awal.

2. Lakukan lebih banyak hobi bermanfaat lain

4 Alasan kecanduan games dan cara mengatasinya © 2021 brilio.net topsocialite.com

Bermain game mungkin menjadi hobi utama, namun bukan tidak mungkin aktivitas lain juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Lihat kembali hobi-hobi lain yang sudah terlupakan atau bahkan hobi-hobi baru yang memiliki manfaat.  Kamu bisa menjadikan hobi baru untuk mengalihkan perhatian dari berbagai game online sehingga waktu menjadi lebih menyenangkan dan tidak hanya fokus pada permainan.

3. Batasi penggunaan smartphone, terutama saat istirahat

4 Alasan kecanduan games dan cara mengatasinya © 2021 brilio.net gizmostimes.com

Smartphone merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan untuk mengakses bermain game, jadi mulailah mengurangi aktivitas dengan perangkat yang satu ini. Batasi penggunaan smartphone dalam aktivitas sehari-hari.

4. Mainkan dalam batas wajar dan terkendali

4 Alasan kecanduan games dan cara mengatasinya © 2021 brilio.net gameaboo.com

Bermain game merupakan salah satu aktivitas yang paling menantang dan banyak diminati, dan pada akhirnya banyak orang yang malah menjadi pecandu game. Hindari kondisi ini dengan baik, yaitu dengan bermain game dalam batas wajar dan terkendali. Namun jika kamu sudah mulai mengalami kecanduan, segera lakukan langkah pencegahan yang tepat. Jika perlu, mengunjungi ahli kesehatan juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan.