Brilio.net - Mungkin FaceTime sudah dikenal oleh semua pengguna perangkat Apple. FaceTime adalah fasilitas khusus yang diberikan Apple untuk pengguna iDevice, seperti iPhone, iPad. Mac, hingga iPod Touch, untuk melakukan panggilan audio hingga video.

Selain bisa mengakses audio dan video secara gratis, pengguna iDevice hanya cukup mengakses FaceTime hanya dengan koneksi internet saja. Selanjutnya, FaceTime juga sudah dipakai semenjak perilisan sistem operasi iOS 7+ lalu.

Makin canggih, kini FaceTime hadir dengan sederet fitur baru yang menarik. Dengan rilisnya iOS 15 yang terbaru, FaceTime mengusung fitur terbaru untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Dirangkum brilio.net pada Senin (8/11), berikut 3 fitur baru FaceTime untuk pengguna iOS terbaru.

1. Portrait Mode.

3 Fitur terbaru FaceTime © 2021 brilio.net

foto: iPhone Life

Sobat Brilio tentunya sudah mengenal fitur Portrait Mode atau blur background pada aplikasi Zoom, kan? Kini pengguna perangkat Apple bisa menikmati fitur serupa pada FaceTime di saat mengakses video chat, lho! Berikut langkah yang diperlukan:

1. Di saat melakukan panggilan video, ketuk bubble

2. Pengguna akan melihat ikon-ikon

3. Pilih ikon pada bagian kiri atas untuk mengaktifkan Portrait Mode

4. Sebagai bahan alternatif, pengguna juga bisa menurunkan Control Center di mana mereka dapat akses "Video Effects". Dengan ini, pengguna dapat mengaktifkan maupun menon-aktifkan mode portrait.

2. Mic Modes.

3 Fitur terbaru FaceTime © 2021 brilio.net

foto: Cult of Mac

FaceTime kini dipercanggih dengan menambahkan pengaturan suara. Dengan Mic Modes atau mode mikrofon, pengguna akan mendapatkan pengalaman menelepon lebih optimal. Berikut step-step untuk mengakses Mic Modes:

1. Pergi ke Control Center

2. Pilih Mic Modes pada bagian sisi kanan atas.

3. Ada dua pilihan opsi yang diberikan, yakni Voice Isolation untuk memfilter suara background agar suara pengguna saja yang bisa didengar dan Wide Spectrum untuk menggunakan AI pada perangkat Apple untuk memilih suara bising sekitar dan bahkan suara penggunanya.

3. SharePlay.

3 Fitur terbaru FaceTime © 2021 brilio.net

foto: Apple

SharePlay adalah fitur terbaru dari iOS 15.1. Oleh karena itu, pastikan perangkat iPhone Sobat Brilio sudah ter-upgrade ke versi iOS terbaru ini agar bisa menikmati SharePlay.

Fitur SharePlay pun juga memiliki beberapa keunggulan, seperti dapat membagikan layar screen pengguna ke orang lain hingga membagikan video dan lagu. Untuk dapat menggunakan fitur ini pada FaceTime, ikuti langkah berikut:

1. Pada saat menggunakan FaceTime, cari cari toolbar yang berada paling kanan

2. Cari opsi bernama "Share My Screen"

3. Setelah itu, swipe atau cari tontonan yang ingin dilihat dengan lawan bicara. Fitur ini sangat berguna untuk Sobri yang ingin nonton film bareng dengan teman tanpa harus mengetik di kolom chat.

(brl/tin)

(brl/tin)