Brilio.net - Bagi para pengguna internet, Yahoo Messenger atau biasa disebut YM pasti cukup familier. Ya, aplikasi besutan Yahoo itu sudah menemani pengguna internet selama 18 tahun. Tapi mulai 5 Agustus 2016, pengguna internet tak akan bisa menggunakan YM versi lama lagi.

Yahoo memutuskan untuk menghentikan operasional YM versi lama per tanggal 5 Agustus 2016 mendatang. Keputusan itu dilakukan sebagai bentuk perampingan bisnis Yahoo dan upaya mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Tapi pengguna YM tak perlu khawatir. Pengguna diminta bermigrasi dari platform YM lama ke versi baru.

"Kami mendorong semua pengguna menyelesaikan transisi ke Yahoo Messenger baru secepatnya karena kami tak akan lagi mendukung platform lama pada tanggal 5 Agustus 2016," kata chief architect Yahoo Amtoz Maimon seperti dikutip brilio.net dari The Inquirer, Selasa (14/6).

Seperti yang diketahui, pada Desember 2015, Yahoo telah mengeluarkan aplikasi Yahoo Messenger versi baru untuk versi mobile maupun desktop. Mengikuti perkembangan dunia internet, Yahoo Messenger versi baru akan memberikan beragam fitur baru seperti tampilan yang lebih baik, fitur resolusi tinggi, menarik pesan yang sudah terkirim, hingga mode likes dan gambar GIF.

Loading...

Sebelum ramainya media sosial dan aplikasi pesan instan, YM menjadi primadona para pengguna internet. YM mulai hadir pada Maret 1998 sebagai Yahoo Pager. Kehadiran YM saat itu merupakan respons atas popularitas pesan instan ICQ dan AOL.