Brilio.net - Orang beli buku kalau nggak ke toko buku, bazar buku, ya online shop buku. Tapi sekarang ada mesin penjual (vending machine) buku, lho. Walaupun vending machine ini ada di Singapura, kamu bisa cobain sesekali kalau pas main ke sana.

Sebagaimana dikutip brilio.net dari laman Mashable, Minggu (12/6), vending machine ini diluncurkan oleh BooksActually, toko buku independen lokal yang terkenal dengan kurasi karya fiksi dan sastra di Singapura. Vending machine buku ini sudah ada dua, diletakkan di National Museum of Singapore dan Singapore Visitor Centre, Orchard Road.

Vending machine ketiga bakal dipasang akhir bulan Juni 2016 ini di Goodman Arts Centre, yang juga merupakan markas National Arts Council atau Dewan Kesenian Nasional Singapura.

Isi dari vending machine ini terdiri sampai 150 buku dari penerbit dan penulis lokal. Pemilik BooksActually, Kenny Leck menyatakan kepada media Channel News Asia bahwa dia terinspirasi oleh vending machine penerbit Penguin Books (Inggris), Penguincubator.

Sebetulnya, Singapura bukan negara pertama yang memiliki vending machine ini. Sebut saja seperti Jepang, Spanyol, Jerman, dan Swedia juga punya vending machine buku.

Loading...

Bagi Leck, tujuan vending machine ini bukan untuk mencari keuntungan, melainkan ingin mempromosikan literatur Singapura dan mendorong warga Singapura lebih rajin membaca dengan membeli dari vending machine ini. Sejauh ini, pembelian buku dilakukan dengan cara uang kontan, tapi pilihan pembayaran nggak kontan bisa aja terjadi di masa depan.

Mau tahu seperti apa vending machine buku ini? Yuk, cek foto-fotonya yang dikutip dari akun Facebook BooksActually:

1. Ini penampakan luar vending machine buku, lho.

vending machine buku © 2016 brilio.net

2. Mirip vending machine minuman, ya?

vending machine buku © 2016 brilio.net

3. Vending machine ini jadi alternatif kamu yang pengen buku bagus di Singapura.

vending machine buku © 2016 brilio.net

4. Di dalamnya sudah tertera harga bukunya juga, lho.

vending machine buku © 2016 brilio.net

5. Selesai membayar kontan kayak beli minuman di vending machine, langsung deh dapat bukunya.

vending machine buku © 2016 brilio.net

Gimana, mau mencobanya? Kira-kira Indonesia bakalan punya nggak, ya? Kan enak kalau ditaruh di daerah-daerah yang jauh dari toko buku atau jauh dari jangkauan kurir pengantar buku dari online shop. Tentu saja dengan harga yang terjangkau ya, maunya. Biar kita semua semakin semangat membaca.