Brilio.net - Siapa yang nggak suka main game? Kamu salah satunya? Perkembangan teknologi game nggak main-main. Dari game yang membutuhkan piranti besar yang sulit dibawa ke mana-mana sampai era digital sekarang yang memanfaatkan smartphone sehingga bisa dibawa ke mana pun kamu pergi. Dari game yang tampilannya kaku dan warna monoton, sampai yang tampilan karakternya mirip manusia dan warna yang terasa riil.

Nah, beberapa waktu belakangan muncul teknologi virtual reality (VR). VR adalah sebuah teknologi yang menghadirkan dunia nyata ke dunia maya sehingga penggunanya merasakannya seakan benar-benar nyata. Bentuk paling sederhana VR adalah gambar 3D, tapi sensasinya melebihi 3D dengan bantuan sejumlah alat tertentu. Teknologi VR sudah dimanfaatkan dalam banyak bidang, misalnya militer, medis, bahkan game.

Bicara VR game, kira-kira apa saja keseruan yang dialami para gamer VR? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (14/4), berikut penjelasannya buat kamu:

1. Berasa berinteraksi dengan lingkungan nyata.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

VR game memungkinkan kamu merasakan sensasi yang begitu nyata dengan lingkungan di dalamnya. Semua inderamu merasakan sensasi seperti di dunia nyata. Kamu melihat musuh di dalamnya, maka otakmu akan sontak menyuruh semua inderamu waspada dan melakukan penyerangan. Persis saat kamu melakukan game di dunia nyata. Bedanya kalau pakai VR, kamu cukup pakai headset khusus yang dipasang di matamu dan beberapa piranti game lain.

2. Fokus nggak mudah terganggu.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

Dengan headset VR khusus, maka fokusmu nggak akan terganggu dengan yang lain. Matamu akan fokus ke layar yang tepat ada di depan mata, dan seluruh anggota badanmu tertuju dan terlibat dalam game tersebut. Beda kalau main game biasa tanpa headset VR, ada pergerakan dikit di sekitarmu, matamu geser. Benar nggak?

3. Bisa belajar mengeksplorasi diri.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

VR game melatihmu belajar merasakan beragam sensasi di sana, sesuai gamenya. Kalau game perang, berarti melatih kemampuanmu untuk cekatan, waspada, dan bijak dalam mengambil keputusan dalam menyerang dan bertahan menghadapi musuh. Nggak heran juga, secara global, teknologi VR juga diterapkan dalam dunia militer guna melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun payung, dan sebagainya.

4. Jadi hiburan pas penat.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

Kamu pecinta game, kalau penat pasti main game. Nah, nggak cuma main game, VR game bikin kamu semakin terhibur karena mengajak semua indera fisik dan psikologismu terlibat. Ada kesenangan tersendiri saat kamu bisa memenangkan game. Penat jadi teratasi, bukan?

5. Jadi orang kekinian.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

Gimana nggak kekinian coba, kalau kamu bisa main VR game? Sekarang bukan lagi zamannya game kuno yang warnanya monoton dan karakter tokohnya kaku, melainkan game yang mengajak kamu ikutan terlibat secara fisik dan emosional. Dengan begitu, kamu akan terlatih lebih 'cerdas' secara fisik dan emosional.

Misalnya game peperangan, maka fisikmu terlatih tangkas, otakmu terlatih waspada, dan emosionalmu terlatih untuk terkendali dan bijak. Bukankah ciri kekinian itu selain tahu segala hal yang canggih, juga disertai kecerdasan dan kebijaksanaan dalam memanajemen kecanggihan tersebut?

6. Emosi lebih terkocok abis.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

Seperti disinggung sebelumnya, emosi kala main VR game benar-benar terkocok. Misalnya kamu main game zombie, selain rasa sedikit horor, ada perasaan agresif ingin menghancurkannya, bukan? Begitulah VR game memberikan stimulasi pada otak dan seluruh inderamu.

7. Bisa jadi simulasi kerjaan.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

Bagi kamu yang bercita-cita jadi pilot atau prajurit, bisa banget menjajal VR game yang melatih kemampuanmu dalam menerbangkan pesawat, menghindari serangan musuh, sampai cara menembak jitu musuh. Dalam dunia nyata, teknologi VR memang sudah digunakan dalam beberapa bidang kehidupan. Selain di dunia militer dan penerbangan, dunia otomotif, hiburan, dan pariwisata juga ada yang memakai teknologi ini.
 
Di dunia otomotif, VR digunakan untuk memberikan gambaran dan simulasi bagi calon pembeli mobil merasakan seperti apa jika naik mobil yang hendak dibeli, beserta 'tata cara' pemanfaatan teknologi di dalam mobil tersebut. Di dunia hiburan, VR dimanfaatkan dalam dunia game. Selanjutnya, dalam bidang pariwisata, VR membantu mempromosikan objek wisata sebelum benar-benar berkunjung ke lokasi sebenarnya. Sepertinya, ke depannya VR banyak diaplikasikan di banyak bidang.

8. Fleksibel waktu dan lokasi nge-game.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

Kalau kamu punya VR game, kamu bisa main kapan saja dan di mana saja. Nggak musti harus ke pusat VR game. Cukup di rumah dan langsung setelah penat menyapa, kamu bisa menikmatinya. Apalagi kalau kecanggihannya VR game menggunakan smartphone dan stick game portable yang bisa kamu gunakan sambil tiduran, tambah enak, bukan?

9. Minim risiko bahaya.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

VR game terbilang minim risiko bahaya karena kamu hanya menjalani simulasi, sehingga nggak mengancam keselamatanmu. Misalnya kamu pengen tahu sensasi dan risiko naik mobil baru, kamu hanya perlu waspada di dunia maya saja, bukan yang sebenarnya. Nanti kalau benar-benar mengemudikan mobil nyata, kamu sudah memetakan kewaspadaan di otakmu untuk menghindari bahaya.

10. Kualitas tampilan kece badai.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

VR game hadir untuk memanjakan para gamer. Suaranya jernih dan tampilan layar yang oke. Kemudian ditambah fitur-fitur pendukung yang makin bikin para gamer semakin puas nge-game.

11. Sekalian belajar teknologi canggih.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

Kalau kamu memang gamer sejati, pasti mengikuti perkembangan game favoritmu. Nah, dengan adanya VR game yang canggih, kamu belajar tentang elemen-elemennya plus cara mengoperasikannya.

12. Olah fisik dan pembakaran kalori.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

Untuk beberapa game, selain mengocok emosi, juga menguras tenaga fisikmu. Misalnya saja game peperangan. Semua anggota badan diajak bergerak. Semakin lama kamu bergerak, maka kalorimu bisa terbakar. Keluarlah keringat. Dapat dikatakan main VR game yang melibatkan keseluruhan badanmu, bisa bikin sehat secara fun. Setuju, nggak?

13. Melatih imajinasi.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

VR game melatih imajinasimu untuk membayangkan bagaimana dunia nyata sebenarnya. Memang, teknologi VR menghadirkan dunia nyata ke dunia maya, artinya yang sebenarnya ada kemudian dimayakan. Namun begitu, kamu yang belum pernah berkunjung ke suatu tempat atau merasakan sensasi tertentu, kamu akan dilatih untuk merasakannya. Kamu diajak untuk membayangkan situasi riilnya.

14. Seseruan bareng temen deket.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

Keseruan main VR game adalah saat kamu mengajak temanmu. Temanmu bisa jadi belum pernah merasakan sensasi VR game. Sekalinya merasakan, bakal ber-euforia banget. Sudah sama-sama pecinta game, bisa diajak tandem, sama-sama mencoba hal baru VR game, wah… bisa bikin persahabatan kalian makin erat, dong.

15. Jadi ladang bisnis.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

foto: dok. Lenovo

Percaya atau nggak, VR game juga bisa jadi ladang bisnis. Misalnya kamu mendirikan pusat VR game. Kamu bisa memperkenalkan kecanggihan main game ini kepada khalayak Indonesia yang belum tahu. Lebih jauh, kalau kamu memang ingin menghadirkan kecanggihan VR di banyak tempat di Indonesia, kamu juga bisa melakukannya. Jadi, teknologi VR ini bukan hanya bikin kamu hepi, tapi memberi peluang kamu menyediakan hal bermanfaat bagi orang lain.

Penasaran bagaimana serunya virtual reality? Kamu bisa memakai Lenovo K4 Note untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan. Untuk lebih jelas kamu bisa klik di sini.