Brilio.net - Baterai smartphone yang cepat habis tentu dapat membuat jengkel para pengguna. Apalagi bagi mereka yang memiliki kapasitas baterai HP sekitar 2000 mAh. Rasanya, membuka aplikasi dalam jangka waktu pendek sudah menguras banyak persentase baterai. Untuk itu, perlu diketahui penyebab-penyebabnya.

Faktor yang memicu baterai ponsel pintar kamu cepat habis ada beragam. Mulai dari penggunaan aplikasi yang terlalu banyak hingga tingkat kecerahan layar yang berlebihan. Akibatnya, baterai HP yang cepat habis akan mengharuskan pengguna untuk segera mengganti baterai.

Sebelum ganti baterai baru, ada baiknya kamu mengetahui penyebab-penyebab mengapa baterai HP kamu cepat habis. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mencari solusi yang tepat.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (18/12), berikut penyebab-penyebab baterai smartphone kamu cepat habis beserta cara mengatasinya:

1. Aplikasi tetap berjalan di background

Melakukan multitasking membuka banyak aplikasi pada HP akan mempengaruhi daya baterai kamu lho. Pasalnya, aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter menghabiskan daya yang besar sekalipun tidak digunakan secara aktif. Hal ini dikarenakan aplikasi-aplikasi tersebut tetap beroperasi di background.

Untuk itu, pastikan kamu menutup aplikasi tersebut. Dengan ini, kamu akan memiliki baterai yang lebih awet.

2. Penggunaan GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth berlebihan

Banyak aplikasi saat ini tanpa disadari selalu menggunakan fitur GPS untuk dapat mengaksesnya seperti Google Maps, Go-Food, hingga Grab. Hal kecil seperti ini berpotensi menguras daya baterai HP kamu dengan cepat.

Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mematikan GPS, Wi-Fi, ataupun Bluetooth bila pemakaian dirasa sudah usai memakai.

3. Software belum di-update

Software atau sistem operasi pada smartphone yang belum diperbarui juga dapat menimbulkan daya baterai cepat habis lho. Pasalnya, sistem operasi masih menggunakan sistem yang lawas. Sehingga, sistem tersebut masih belum mengenali beberapa bug yang terjadi di aplikasi yang baru.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu selalu mengecek dan menginstal software terbaru pada smartphone kamu. Dengan melakukan pembaruan, HP kamu jadi tidak mudah panas sehingga dapat menghemat daya baterai.

4. Terlalu sering membuka aplikasi berat

Aplikasi yang berbobot berat seperti Instagram, Twitter, dan Facebook memanglah saat asyik digunakan untuk scrolling melihat berita terkini. Sayangnya, aplikasi-aplikasi berat seperti ini malah bisa membuat baterai HP kamu cepat habis. Hal ini dikarenakan banyaknya fitur yang diusung dari aplikasi tersebut meskipun kamu tidak mengaksesnya. Untuk itu, gunakan aplikasi-aplikasi medsos terkenal tersebut seperlunya saja agar dapat menghemat baterai.

5. Terlalu banyak menggunakan widget

Widget di HP memanglah memudahkan kamu untuk mengakses aplikasi tanpa kesusahan mencari. Selain itu, kamu bisa membuat tampilan background lebih menarik.

Sayangnya, terlalu banyak menggunakan widget dapat membuat baterai kamu cepat habis. Untuk itu, ada baiknya mengurangi penggunaan widget yang berlebihan untuk menghemat daya baterai kamu.

6. Tingkat kecerahan layar yang berlebihan

Kecerahan pada layar HP yang berlebihan juga berdampak ke baterai smartphone. Oleh karena itu, pastikan kamu memakai tingkat kecerahan HP yang disesuaikan dengan kondisi kamu berada.

Selain dapat menghemat baterai, kamu juga dapat menjaga kesehatan mata. Untuk itu, mulailah mengatur cahaya HP sesuai keperluan kamu saja ya.

7. Berada di daerah kurang sinyal

Bila kamu berada di daerah yang lemah atau kurang sinyal, HP kamu akan terus mencari sinyal. Akhirnya, ponsel kamu akan cepat memanas. Hal inilah yang malah mengonsumsi daya baterai kamu. Oleh karena itu, kamu dapat mengelabuhi kendala ini dengan mematikan sinyal. Bila tidak, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat untuk menghentikan HP dalam mencari sinyal.

8. Pengaturan layar HP tidak optimal

Pengaturan layar HP yang kurang optimal dapat men-trigger baterai kamu cepat habis. Pasalnya, semakin cerah layar HP akan lebih cepat dalam mengonsumsi daya baterai, Untuk itu kamu perlu mengetahui cara mengecek penggunaan baterai melalui Settings. Caranya cukup mudah, ikuti langkahnya sebagai berikut:

1. Pergi ke pengaturan atau settings.
2. Pilih Baterai.
3. Klik tiga garis horizontal di pojok kanan atas > penggunaan baterai.
4. Klik tiga garis horizontal di sudut kanan atas.
5. Ketuk tulisan "Show Full Device Usage."

9. Screen Timeout berdurasi lama

Tidak hanya tingkat kecerahan layar HP, screen timeout yang terlalu lama juga menimbulkan daya baterai kamu cepat habis lho. Karenanya, kamu bisa menghindari kendala ini dengan mengatur screen timeout dengan efektif atau sesuai keperluan.

10. Wallpaper background yang terlalu berwarna

Selain itu, wallpaper background yang memiliki banyak warna juga memicu habisnya daya baterai kamu lho. Pasalnya, kamu selalu kembali ke backgorund untuk mengawali pencarian aplikasi. Untuk itu, kamu bisa mengelabuhi ini dengan mengganti wallpaper dengan gambar blank hitam polos.

11. Data cache banyak terkumpul

Tenyata, bila kamu malas membersihkan data file sampah (cache) di HP juga menimbulkan baterai HP cepat habis. File sampah yang tersimpan akan membuat HP kamu bekerja lebih keras sehingga baterai HP akan berdampak. Oleh karena itu, pastikan kamu rajin-rajin untuk membersihkan data cache HP kamu ya.

Terlebih, kini telah banyak aplikasi pembersih cache yang bisa kamu temukan di Play Store. Salah satu contoh aplikasinya adalah Clean Master.