Brilio.net - Hadirnya aplikasi penyedia layanan video saat ini masih dalam trafik yang tinggi. Banyak orang memanfaatkan aplikasi tersebut untuk sebuah hiburan. Tidak hanya itu, aplikasi seperti YouTube, TikTok, Instagram menjadi ajang untuk menunjukkan sebuah karya seni video terbaik.

Sebuah videografi tentu mengalami proses pembuatan yang cukup panjang. Dari mulai take video, edit video, rendering, hingga video tersebut dapat diupload. Namun dengan kecanggihan teknologi yang semakin maju, mengedit sebuah video dapat dilakukan dengan mudah. Terlebih saat ini terdapat banyak aplikasi penyedia fitur untuk edit video.

Salah satu aplikasi editing video favorit pengguna smartphone adalah InShot. Aplikasi bentukan InShot Video Editor ini sering dipakai oleh video maker pemula maupun profesional.

Ada berbagai keunggulan dari aplikasi InShot daripada aplikasi serupa lainnya. Yuk, simak 11 keunggulan InShot yang dirangkum oleh brilio.net pada Jumat (11/3) beserta cara menggunakannya.

Keunggulan InShot.

11 Keunggulan dan cara menggunakan aplikasi InShot, bebas watermark © berbagai sumber

foto: play.google.com

1. Memiliki berbagai font dan stiker.

Aplikasi InShot mempunyai keunggulan di segi banyaknya stiker yang dapat digunakan. Tentu stiker tersebut membuat video tampak lebih lucu. Bahkan sebuah stiker juga dapat mendefinisikan isi lengkap video. Tidak hanya itu, banyak opsi font tulisan yang dapat digunakan untuk menambah estetika video.

2. Musik yang lengkap.

Saat ini video menggunakan musik ala DJ klub malam sangat digemari. Pada aplikasi InShot pengguna dapat menemukan berbagai kategori musik yang dapat diterapkan. Sebuah lagu akan membuat video tampak lebih hidup dan dapat dinikmati.

3. Tidak ada watermark di hasil video.

Hasil sebuah video dengan watermark aplikasi tentu bagi sebagian orang akan sangat mengganggu. Namun aplikasi InShot tidak memberikan watermark untuk hasil video yang telah diedit. Hal ini akan menambah kepercayaan video maker saat akan mengunggah hasil karyanya ke media sosial.

4. Mengedit jauh lebih mudah.

InShot mempunyai sistem interface yang sederhana. Hal ini sangat membantu untuk para pemula belajar mengedit sebuah video agar tampak lebih menarik. Bahkan fitur yang ada pada aplikasi InShot tidak membingungkan penggunanya.

5. Bisa dipakai untuk banyak format file.

Hasil take video memiliki format file berbeda-beda. Mulai dari 3GP, FLV. AVI, MOV, MP4, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi InShot, jenis file video apapun dapat diedit dengan mudah. Selain itu juga format hasil video dapat pengguna sesuaikan dengan kebutuhan.

6. Gratis.

Aplikasi InShot dapat digunakan secara gratis. Pengguna hanya cukup mengunduh file melalui toko aplikasi smartphone yang ada. Namun InShot juga menyediakan edisi berbayar bernama InShot Pro. Tentu para video maker akan diberi kelengkapan fitur yang lebih banyak jika sudah berlangganan.

7. Dapat digunakan untuk membuat Meme.

Sebuah Video Meme kerap mengundang gelak tawa penontonnya. Namun di balik itu, ada para kreator video yang sangat keras memikirkan ide untuk meme terbaiknya. InShot membantu para editor video untuk membuat sebuah meme dengan mudah Karena platform ini menyediakan fitur untuk mengubah background, menambahkan foto, dan masih banyak lagi.

8. Menyediakan filter dan efek video lengkap.

Demi menambah estetika video yang sedang diedit, InShot memberikan filter yang dapat dipilih bebas oleh para kreator. Tidak hanya itu, sebuah efek video juga dapat dengan mudah didapatkan pada aplikasi ini.

9. Hasil video berkualitas tinggi.

Hasil video yang telah diedit dapat disimpan dengan kualitas High Definition atau HD. Hal ini membuat para kreator video dapat menyajikan karya yang nyaman untuk dinikmati karena dukungan aplikasi InShot. Terlebih dengan kualitas grafis yang baik membuat mata akan lebih cermat dalam melihat detail gambar.

10. Dapat edit foto.

Keunggulan lain dari aplikasi InShot adalah dapat digunakan untuk mengedit sebuah foto. Hal ini sangat jarang dimiliki oleh aplikasi lain. Bahkan fitur di dalam menu edit foto juga termasuk lengkap.

11. Terintegrasi dengan aplikasi media sosial (medsos).

Hasil editing video InShot dapat langsung dibagikan ke akun media sosial yang dimiliki seperti Instagram, TikTok, Facebook, maupun YouTube. Bahkan pengguna tidak perlu repot-repot untuk membuka dan menutup banyak aplikasi. Cukup koneksikan InShot dengan akun medsos yang didaftarkan, maka secara otomatis InShot akan mengupload video.

Cara menggunakan aplikasi InShot.

11 Keunggulan dan cara menggunakan aplikasi InShot, bebas watermark © berbagai sumber

foto: play.google.com

Setelah mengetahui deretan keunggulan InShot, giliran mengetahui cara menggunakannya. Nggak rumit, yuk simak detailnya di bawah ini.

1. Buka aplikasi InShot apabila telah terinstal di dalam perangkat. Apabila belum, silakan unduh melalui toko Play Store maupun App Store.

2. Pilih opsi Video pada menu create new.

3. Pilih bentuk video yang ingin dibuat, seperti bentuk landscape atau portrait, apakah ingin memakai background atau tidak.

4. Import video melalui file di galeri perangkat.

6. Untuk menambah audio cukup pilih menu "Music", cari dan pilih musik yang akan digunakan.

7. Jika ingin menambahkan teks, ketuk opsi "Text", kemudian ketikan tulisan. Kamu juga bisa mengubah untuk posisi tulisan, baik rata kanan, rat kiri, maupun tengah.

8. Apabila telah selesai mengedit video, klik ikon "SAVE" di bagian atas layar.

9. Pilih kualitas video yang akan diterapkan.

10. Tunggu hingga video selesai di render oleh aplikasi.

(brl/tin)

(brl/tin)