Brilio.net - Sobat Brilio yang gemar dengerin musik lewat HP pasti sudah nggak asing dengan Spotify. Ya, aplikasi yang kerap digunakan sebagai platform mendengarkan musik hingga podcast ini merupakan aplikasi musik terpopuler di dunia.

Pastinya sebagai aplikasi musik yang andal, Spotify mengusung jutaan fitur yang canggih dan ter-update. Salah satu fitur yang baru-baru ini muncul bernama Spotify Wrapped 2021, di mana pengguna bisa mengetahui rangkuman pengalaman audio mereka selamat satu tahun di 2021.

Selain banyak fitur canggih yang sudah terungkap, Spotify juga memiliki banyak fitur-fitur tersembunyi lho. Tentunya beberapa fitur tersembunyi ini akan semakin mempermudah pengguna dalam menikmati layanan platform streaming musik ini.

Dihimpun brilio.net dari beragam sumber pada Sabtu (4/11), berikut fitur-fitur terselubung Spotify yang jarang diketahui pengguna.

1. Bisa membuat playlist bersama teman

11 Fitur tersembunyi Spotify © 2021 brilio.net

foto: Spotify

Untuk membuat playlist bersama teman, kamu bisa memakai fitur Collaborative Playlist. Untuk mengaksesnya cukup mudah, pilih Create Playlist > pilih Collaborative Playlist.

Teman-teman yang diberikan akses untuk masuk di fitur ini akan bisa mengubah, menambahkan, hingga menghapus lagu. Selebihnya, kamu juga dapat nonaktifkan fitur ini bila lagu yang ditambahkan kurang cocok.

2. Bisa mengembalikan playlist yang terhapus

11 Fitur tersembunyi Spotify © 2021 brilio.net

foto: Spotify

Kangen sama playlist yang sudah kamu hapus atau tidak sengaja terhapus? Spotify punya fitur untuk mengembalikannya lho. Caranya pun mudah, cukup pergi ke laman profil > pilih opsi Recover Playlist.

3. Bisa menghindari penyanyi yang tak mau didengar

11 Fitur tersembunyi Spotify © 2021 brilio.net

foto: Engadget

Kamu bisa menghindari penyanyi yang tak ingin kamu dengar lho. Pada Spotify versi smartphone, pergi ke laman artis yang kamu hindari > pilih 3 garis vertikal untuk opsi lebih lanjut > pilih Don't play this artist.

4. Bisa dengerin musik bareng teman

Yang berlangganan Spotify Premium, bisa merasakan pengalaman memainkan musik bareng teman lho. Fitur ini bernama Group Session. Namun sayangnya, fitur ini masih dalam tahap pengembangan alias beta. Jadi mungkin kamu akan menemukan beberapa kendala di saat mendengarkan lagu bareng teman-teman.

5. Bisa dengarkan lagu di tahun tertentu

Yup, kamu juga bisa mendengarkan lagu di tahun tertentu. Cara mencarinya pun sangatlah mudah, misal ingin mencari lagu tahun 2012-2014, kamu cukup mengetik "year:2012-2014" di kolom pencarian.

6. Bisa mengontrol playback dari berbagai perangkat

11 Fitur tersembunyi Spotify © 2021 brilio.net

foto: Google

Spotify cukup pintar untuk sinkronisasi playback musik dari berbagai perangkat. Dengan ini, kamu bisa mengontrol musik dari mana saja. Sebagai contoh, bila kamu memulai musik di Android dan ingin ganti ke versi laptop, cukup buka Spotify web dan kontrol playback dari perangkat laptop kamu. Dengan itu, kamu bisa mengentikam, memutar, ataupun mengganti lagu dari beragam device.

7. Bisa bagikan musik dengan Spotify Codes

11 Fitur tersembunyi Spotify © 2021 brilio.net

foto: Spotify

Lagu apapun dari berbagai artis, kamu bisa membagikannya dengan teman hanya dengan Spotify Codes. Untuk mengaksesnya, tekan tiga titik di sebelah album, trek, artis, hingga playlist untuk menampilkan kode. Untuk membaca kode tersebut, ketuk Search pada kolom pencarian dan pilih tombol kamera. Gunakan kamera untuk scan sebuah kode.

8. Bisa tambah lagu sebanyak mungkin

Dulu, Spotify library membatasi pengguna untuk mengoleksi lagu hingga 10.000 trek. Pembatasan tersebut telah dihapus yang berarti pengguna kini dapat menambahkan trek dan album pada library mereka tanpa kendala apapun.

9. Bisa menyuruh Spotify selesaikan playlist

11 Fitur tersembunyi Spotify © 2021 brilio.net

foto: Spotify

Jika kamu hendak mendengarkan lagu lebih pada sebuah Playlist, Spotify bisa membantumu dengan fitur Recommended Songs. Pada sebuah playlist, cukup scroll ke bawah untuk melihat lagu-lagu yang direkomendasikan berdasarkan playlist yang kamu dengarkan.

10. Bisa menambahkan pengalaman mendengarkan musik

Untuk menambahkan pengalaman mendengarkan musik, kamu bisa mengandalkan Spotify HiFi. Fitur ini akan memberikan kualitas CD sempurna dengan lossless audio ke beberapa perangkat yang mendukung.

11. Bisa unduh playlist ke desktop

11 Fitur tersembunyi Spotify © 2021 brilio.net

foto: HowToGeek

Bila kamu berlangganan premium Spotify, kamu bisa mengunduh trek ke dalam smartphone meskipun dengan koneksi internet yang nggak stabil. Namun, rasanya juga patut untuk mengunduh playlist favorit kamu ke storage lokal pada desktop. Geser toggle Download pada playlist favorit untuk mengurangi kendala internet yang tidak stabil dan kamu tetap bisa mendengarkan lagu favortmu.

(brl/pep)

(brl/pep)