Brilio.net - Dewasa ini, untuk mendengarkan musik tak perlu repot-repot mencari situs pengunduh MP3. Pasalnya, sudah banyak tersedia aplikasi-aplikasi musik di smartphone.

Dahulu mendengarkan musik harus sampai membeli kaset maupun CD dan beli alat untuk menyetel audio. Namun seiring teknologi yang berjalan maju, kini mendengarkan lagu bisa semudah menginstal aplikasi yang terdapat di smartphone kamu lho.

Platform streaming musik yang tersedia untuk perangkat Android sangat beragam, mulai dari Spotify, SoundCloud, Joox, hingga Apple Music. Musik-musik yang tersedia di aplikasi ini sangat banyak dan tentunya aman untuk disetel. Alasannya, aplikasi-aplikasi ini hanya menyediakan musik yang legal.

Selebihnya aplikasi musik ini tak hanya mempermudah pengguna dalam menikmati musik legal dan aman, namun kamu juga dapat mengunduhnya sewaktu-waktu jika hendak mendengarkan musik di saat offline. Cukup menggoda, bukan?

Tanpa berbasa-basi lagi, dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Rabu (5/1), inilah 11 Aplikasi musik untuk mendengarkan lagu legal di perangkat Android kamu.

1. Spotify.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Pilihan pertama, kamu bisa memilih aplikasi musik Spotify. Aplikasi musik yang sangat populer ini menyediakan koleksi lagu terlengkap, mulai dari lagu jadul hingga terkini dengan berbagai genre maupun artis. Terlebih bila berlangganan versi premium, kamu bisa menikmati banyak fitur seperti download lagu sepuasnya hingga dapat memutar lagu tanpa harus shuffle.

2. YouTube Music.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Kedua, aplikasi musik yang dikhususkan untuk pengguna Android adalah YouTube Music. Yup, YouTube mengembangkan cabangnya teruntuk mereka yang gemar menikmati musik. Aplikasi ini menggantikan Google Play Music untuk aplikasi musik default Android. Database lagunya pun sangat lengkap. Selain itu, bila tidak ada musik yang kamu cari, kamu tetap bisa menyetel lagu favoritmu melalui fitur video asal YouTube Music.

3. Apple Music.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi musik untuk iPhone namun bisa dinikmati di perangkat Android? Cobalah mengunduh Apple Music di Play Store. Dalam aplikasi musik ini, terdapat lebih dari 75 juta musik yang bisa kamu nikmati. Meski kamu pengguna Android, Apple mempersilakan pengguna non-iOS untuk dapat menikmati konten eksklusif mereka dan juga dapat berlangganan. Cukup menggoda, kan?

4. Joox.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi musik selanjutnya yang terkenal di Indonesia adalah Joox. Fiturnya pun tak kalah lengkap, kamu bisa mengakses berbagai playlist dari pengguna lain. Selain itu, ada fitur karaoke sehingga kamu tak perlu kerepotan membayar karaoke di luar.

5. SoundCloud.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Sebelum ada YouTube Music, rasanya SoundCloud tak asing didengar oleh warganet pada masa itu. Pasalnya, aplikasi musik ini menyajikan koleksi lagu yang sangat lengkap. Dengan SoundCloud, kamu dapat mendengarkan berbagai jenis lagu, mulai dari yang ngetren, komedi, hingga podcast terkini.

6. Langit Musik.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Dari namanya sudah kelihatan bahwa Langit Musik merupakan aplikasi musik dari Tanah Air. Terlebih, database lagunya nggak kalah lengkap dari aplikasi musik lain, mulai dari lagu-lagu yang sedang ngetop di Indonesia maupun luar negeri. Fiturnya pun juga bisa dibilang lengkap. Lewat aplikasi musik ini, kamu bisa mengakses fitur lirik secara otomatis hingga terdapat personalisasi rekomendasi lagu dan artis favoritmu.

7. Shazam.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Berikutnya, kamu bisa memanfaatkan Shazam untuk keperluan mendengarkan musik. Berasal dari Apple, Shazam merupakan aplikasi musik yang kaya akan fitur untuk mempermudah kamu mendengarkan musik. Salah satu fitur serbaguna aplikasi musik ini adalah dapat mengidentifikasi lagu hanya dengan mengarahkan ponsel ke sumber suara.

8. Resso.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Setelah lama rilis di mode beta, akhirnya Resso dirilis versi sepenuhnya. Hal ini berarti kamu akan dapat mengakses full fitur dalam aplikasi ini tanpa harus khawatir ada bug ataupun eror yang mengganggu. Resso dapat memudahkan kamu menikmati lagu sambil melihat lirik hingga download lagu sepuasnya.

9. Musicxmatch.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Daftar kesembilan, Musicxmatch juga bisa kamu jadikan pilihan aplikasi musik selanjutnya. Fiturnya pun cukup banyak, mulai dari fitur tampilan lirik sembari mendengarkan musik hingga floating lyrics yang berguna untuk menampilkan lirik sambil kamu mengakses aplikasi lain.

10. Deezer.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Selain itu, Deezer merupakan aplikasi musik yang cukup ampuh. Bagaimana tidak? Fitur-fiturnya pun sangat memudahkan pengguna dalam mendengarkan lagu favorit seperti fitur untuk mengedit musik, membuat playlist, hingga dapat menikmati musik secara offline.

11. Jango Radio.

 Aplikasi musik © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Yang terakhir, kamu bisa memilih Jango Radio sebagai aplikasi musik pilihan. Beragam musik telah tertanam pada database aplikasi ini sehingga kamu tak perlu khawatir lagu dari artis-artis populer tak ada. Selebihnya, Jango Radio merupakan aplikasi musik yang dapat diakses secara gratis dan tanpa iklan yang mengganggu. Cukup menggoda, kan?

(brl/red)

(brl/red)