Brilio.net - Setelah awalnya tersedia hanya untuk versi beta, Spotify kini telah menghadirkan fitur baru yang bernama polling dan kolom tanya jawab bagi pengguna Android dan iOS. Kedua fitur baru ini resmi diluncurkan pada Jumat (1/10) lalu. Pihak layanan streaming musik dan audio ini mengatakan bahwa fitur ini telah tersedia untuk seluruh pengguna lewat aplikasi Anchor.

Tanya jawab dan polling ini memungkinkan pendengar untuk menanggapi pertanyaan singkat yang diajukan oleh pembuat acara di halaman episode podcast di aplikasi Spotify. Walaupun Spotify tidak merinci daftar negara-negaranya, fitur-fitur ini tersedia untuk semua pembuat Anchor dan pendengar Spotify di 160 pasar di seluruh dunia.

Fitur ini telah menjadi bahan perbincangan pihak Spotify sejak Februari 2021 dan diuji coba pada sekelompok pembuat konten tertentu. Sejak itu, ribuan pembuat konten telah menyatakan minatnya untuk mendapatkan akses ke fitur-fitur ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut, ini 5 cara kerja fitur-fitur baru Spotify ini yang dilansir oleh brilio.net dari laman resmi Spotify dan beberapa sumber lainnya pada Rabu (6/10).

Spotify luncurkan polling podcast dan tanya jawab, ini 5 cara kerjanya Spotify

foto: Spotify

1. Ketika kreator sudah memilih untuk memposting pertanyaan atau polling untuk episode tertentu, pendengar akan bisa menemukan pertanyaan tersebut di bagian bawah halaman episode dari aplikasi seluler Spotify mereka (ini bekerja baik di Android atau iOS).

2. Bergantung pada apakah pembuatnya memilih tanya jawab terbuka atau polling, pendengar dapat mengikuti perintah untuk merespons dalam aplikasi.

3. Setelah menanggapi polling, pendengar akan melihat bagaimana seluruh audiens dari responden memberikan suara dan bagaimana jawaban mereka ditumpuk.

4. Untuk tanya jawab, tanggapan pendengar akan disampaikan secara pribadi kepada pembuatnya.

5. Kreator kemudian dapat memilih dan menyematkan respons unggulan tertentu yang akan muncul secara publik di bawah pertanyaan (nama pengguna Spotify responden akan tampil).

Spotify juga meyakini bahwa masa depan podcasting bersifat interaktif, sehingga fitur-fitur membangun seperti ini diadakan dan siap menjadi bagian dari keseharian para pengguna. Dengan membangun fungsionalitas interaktif ke dalam platform kreasi Anchor, pihak Spotify bisa memecahkan cetakan ini dan memperkuat penggunaan audio yang lebih unik.

Michael Tucker, pembawa acara Beyond The Screenplay, juga menyampaikan bahwa kedekatan dengan audiens sangatlah penting, "Semua fitur Spotify benar-benar luar biasa untuk membawa kami lebih dekat dengan audiens kami. Fitur Polls, khususnya, sangat membantu kami untuk membentuk episode acara mendatang."

(brl/pep)

(brl/pep)