Brilio.net - Aktor Chicco Jerikho merayakan ulang tahun ke-33 pada Senin (3/7). Tahun ini, Chicco yang berperan sebagai Ben pada Filosofi Kopi 2: Ben & Jody merayakan ulang tahun tahunnya 10 hari jelang rilis film yang Ia bintangi bersama Rio Dewanto tersebut.

Sebagai bentuk ucapan syukur atas pertambahan usianya, Chicco mengajak publik untuk memberikan kado dalam bentuk donasi melalui Kitabisa.com.

Filosofi Kopi 2 © 2017 brilio.net

Chicco melakukan penggalangan dana untuk membelikan mesin sangrai manual bagi petani kopi Merapi, Yogyakarta. Chicco ingin membantu memberikan modal bagi Sukiman Mochtar Pratomo atau yang biasa dipanggil Kang Sukiman dan kelompok petani kopi Gunung Merapi untuk membeli alat sangrai kopi demi meningkatkan kesejahteraan warga Desa Sidorejo.

“Kebetulan gue denger cerita tentang Kopi Tanah Air Kita yang lagi mau ngebantu Kang Sukiman untuk memberdayakan Petani Kopi Merapi. Gue ngerasa terpanggil buat ikutan take action barengan sama kalian. Karenanya gue minta dikasih kado donasi buat petani kopi Indonesia. Lo semua pasti tau, kalo gue nggak pernah bercanda soal kopi,” ujar Chicco.

Filosofi Kopi 2 © 2017 brilio.net

Nah dalam donasi ini Chicco mengajak kamu, khususnya para pecinta kopi buat menyisihkan 1 gelas kopi yang biasa kalian beli untuk inisiatif pemberdayaan petani dan produk kopi lokal ini.

“Donasi kalian akan disalurkan dalam bentuk alat sangrai manual ‘Mami-Kotak’ dan pelatihan penggunaan alat tersebut kepada para petani,” tutur Chicco.

Filosofi Kopi 2 © 2017 brilio.net

Oh ya, Kang Sukiman adalah seorang petani kopi dan sayur yang juga merangkap sebagai koordinator komunitas Lintas Merapi Desa Sidorejo. Komunitas sukarelawan mereka berada di kawasan Puncak Gunung Merapi.

Mereka sedang berupaya membangkitkan kembali kejayaan kopi Merapi seperti era 1980-an. Salah satu kegiatan nyata mereka adalah dengan memproduksi kopi kemasan Cap Petruk.